Logo
Windows 11
lifestyle
Windows 11 Bocor di Internet, Gini Tampilan dan Fitur Barunya
Photo: The Verge

ZIGI – Sistem operasi Windows 11 Microsoft bocor di internet sejak Selasa, 15 Juni 2021. Setelah foto tangkapan layar pertama kali dipublikasikan di situs China Baidu, kini sistem operasi atau OS Windows 11 pun mulai terungkap.

Diketahui bahwa beberapa hari lalu Microsoft resmi mengumumkan jadwal penghentian dukungan sistem operasi Windows 10. Penasaran dengan serba-serbi Windows 11? Yuk baca artikelnya sampai habis!

Lebih Sederhana dari Windows 10


Source: The Verge

Dilansir dari laman The Verge, Rabu, 16 Juni 2021, antarmuka pengguna Windows 11 baru dan menu ‘Start’ tampak sangat mirip dengan apa yang awalnya ditemukan di Windows 10X. Diketahui, Microsoft sebelumnya telah menyederhanakan Windows untuk perangkat layar ganda sebelum membatalkan proyek ini demi Windows 11. 

Secara visual, perubahan terbesar dapat ditemukan di sepanjang taskbar sistem. Di bagian tersebut, Windows 11 memiliki ikon aplikasi yang terletak di tengah dan menyertakan tombol dan menu ‘Start’ baru.

Menu Start yang diperbarui ini adalah versi sederhana dari apa yang saat ini ada di Windows 10, tanpa Live Tiles. Ini termasuk aplikasi yang disematkan, file terbaru dan kemampuan untuk mematikan atau memulai ulang perangkat Windows 11 dengan cepat.

Belum Semua Fitur Disertakan


Source: The Verge

Jika kamu tidak ingin ikon aplikasi dan menu Start berada di tengah, ada opsi untuk memindahkan semuanya kembali ke sisi kiri. Ditambah tersedianya mode gelap dan Windows 11 mulai terlihat seperti versi Windows 10 yang lebih halus daripada sesuatu yang baru secara dramatis.

Microsoft juga menggunakan sudut membulat di seluruh Windows 11. Ini terlihat di menu konteks dan di sekitar aplikasi dan File Explorer. Menu ‘Start’ itu sendiri juga mencakup sudut membulat. Ini masih versi awal dari Windows 11 yang bocor, jadi belum semuanya disertakan.

Diharapkan, pengguna bakal melihat lebih banyak perubahan pada aplikasi bawaan dalam Windows 11, tetapi sebagian besar tampaknya belum ada. Sebagian besar sistem operasi terasa selesai, jadi diharapkan versi beta segera tiba untuk diuji oleh Windows Insiders.

Rumor Widget Windows Akan Hadir Kembali


Source: The Verge

Sebagian dari kamu mungkin telah memperhatikan ikon baru di taskbar Windows 11 dan itu diberi label Widget di sistem operasi. Rumor menyebutkan Microsoft membawa kembali Widget Windows. Karena ini jelas merupakan versi awal Windows 11, widget tidak dimuat sepenuhnya di OS, tetapi dirancang untuk dirilis dan menyediakan akses cepat ke berita, cuaca dan konten web lainnya.

Fitur New Snap Controls

Source: The Verge

Sementara Microsoft membatalkan sistem operasi Windows 10X-nya, perusahaan tersebut menggunakan kembali sebagian besar yang bekerja dengan Windows 11. Windows 10X pada awalnya dirancang untuk perangkat layar ganda, sebelum beralih ke laptop tradisional dan kemudian dibatalkan. Windows 10X menyertakan sejumlah aspek yang disempurnakan dan disederhanakan ke Windows dan sebagian besar pekerjaan itu ada dalam versi Windows 11 yang bocor ini.

Windows 11 juga menyertakan new snap controls yang dapat diakses dari tombol “maksimalkan” di semua aplikasi. Mereka setara dengan fungsi jendela kaskade yang telah ada di sistem operasi selama bertahun-tahun. Kamu dapat dengan cepat menjepret windows secara berdampingan atau mengaturnya dalam beberapa bagian di desktopmu.

Belum Ada Sesuatu yang Baru di Windows Store


Source: The Verge

Sayangnya, sepertinya belum ada pembaruan besar untuk Windows Store. Karena ini adalah versi bocoran awal, kemungkinan pembaruan apa pun yang direncanakan Microsoft belum muncul.

Antarmuka Windows Store sebagian besar sama dengan apa yang ada di Windows 10 saat ini dengan akses ke semua aplikasi yang sama, yang tersedia saat ini. Microsoft dilaporkan telah mengerjakan toko aplikasi baru untuk Windows dalam beberapa bulan terakhir dan rumor menunjukkan itu akan menjadi perubahan besar dari apa yang ada saat ini. 

CEO Microsoft Satya Nadella telah berjanji untuk membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi pengembang dan pencipta dengan Windows dan itu kemungkinan akan datang dalam bentuk toko baru.

Selain itu, Microsoft juga dilaporkan akan segera merombak toko aplikasi Windows untuk memungkinkan pengembang mengirimkan aplikasi Windows apa pun, termasuk browser seperti Chrome atau Firefox. 

Microsoft juga akan mempertimbangkan untuk mengizinkan platform perdagangan pihak ketiga dalam aplikasi, yang memungkinkan pengembang untuk menghindari pemotongan yang biasanya diambil Microsoft dari sistem pembelian dalam aplikasi.

Di sisi lain, Microsoft juga menyertakan pengaturan baru di Windows 11. Pengaturan ini dinilai sangat mirip dengan Windows 10X, karena memandu pengguna perangkat keras baru atau mereka yang meningkatkan ke Windows 11 melalui serangkaian langkah untuk mengonfigurasi Windows. Pengalaman out of box ini juga mencakup suara startup Windows 11 baru, yang kemudian terpicu di setiap boot

Xbox di Windows 11


Source: The Verge

Lebih lanjut, Microsoft juga meningkatkan pengalaman Xbox di Windows 11. Aplikasi Xbox baru terintegrasi ke Windows 11, menawarkan akses cepat ke game Xbox Game Pass, bagian sosial jaringan Xboxdan toko Xbox. Xbox Game Bar dan Windows Game Mode semuanya tetap sama seperti Windows 10.

Microsoft telah memberikan petunjuk bahwa mereka siap untuk meluncurkan Windows 11. Raksasa perangkat lunak ini mengadakan acara khusus Windows untuk mengungkapkan OS berikutnya pada 24 Juni mendatang.

Saat peluncuran dimulai, undangan acara bakal menyertakan jendela yang membuat bayangan dengan garis besar yang terlihat seperti angka 11. Eksekutif Microsoft juga telah membuat pengumuman menggoda "Next Generation of Windows” selama berbulan-bulan. Dengan demikian, kebocoran ini sekarang mengonfirmasi bahwa Windows 11 akan secara resmi terungkap akhir bulan Juni.

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Masalah Snapchat yang terjadi secara global ini sudah langsung ditanggapi perusahaan dan langsung diperbaiki.
Daftar Isi

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

  • 15 Juli 2021, 06:58 WIB
Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word ternyata mudah untuk membantu mengerjakan skripsi.
Windows 11

Gamers Protes Windows 11 Bikin Akun PUBG dan COD Dicekal

  • 09 Juli 2021, 14:10 WIB
Gamers pengguna Windows 11 keluhkan masalah akun game dicekal, karena dianggap melakukan kecurangan.
Gettr

Mengenal GETTR, Media Sosial Pro Donald Trump yang Diretas

  • 06 Juli 2021, 14:00 WIB
Media sosial GETTR yang dibuat oleh pendukung Donald Trump diretas pada Minggu, 4 Juli 2021 dan bertuliskan 'Free Palestine'.
WhatsApp

5 Fitur WhatsApp yang Berguna dan Tak Banyak Orang Tahu

  • 05 Juli 2021, 18:49 WIB
Berikut sejumlah fitur WhatsApp yang tidak diketahui banyak orang. Bermanfaat untuk sejumlah kepentingan.
Instagram

Fitur Terjemahan Instagram Story Akan Rilis, Gini Cara Pakainya

  • 30 Juni 2021, 11:37 WIB
Cara menggunakan fitur terjemahan di Instagram Story yang akan segera dirilis, memudahkan pengguna menerjemahkan bahasa Asing.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS