Ulang Tahun ke-23, Ini 7 Fakta Google yang Perlu Kamu Ketahui - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Google
lifestyle
Google
Photo: Instagram/google
Google

ZIGI – Hari ini, Senin, 27 September 2021, Google merayakan ulang tahun ke-23 dengan menampilkan Google Doodle berbentuk kue tar cokelat di halaman awal pencarian. Terlihat dalam Doodle tersebut tulisan kata "Google" yang diselimuti lapisan gula dan taburan meses berwarna-warni.

Adapun huruf "L" dari kata tersebut membentuk sebuah lilin kecil yang menyala di atas kue lengkap angka 23 sebagai penanda usia Google. Nah, kali ini Zigi.id telah mengumpulkan sejumlah fakta menarik tentang Google yang dirangkum dari berbagai sumber.

Apa saja fakta perusahaan yang dibangun oleh Sergey Brin dan Larry Page sejak tahun 1998 ini? Yuk simak ulasannya sampai habis!

Baca juga: Mengenal Go Tik Swan, Budayawan Batik Jadi Google Doodle Hari ini

1. Semula Bernama BackRub

Google
Photo : Google
Google

Sebelum bernama Google, raksasa perusahaan teknologi ini awalnya bernama BackRub. Dialah Sergey Brin dan Larry Page, mahasiswa Stanford University yang mengawali perusahaan mesin pencari informasi tersebut.

Sejak tahun 1998, keduanya berjibaku mengembangkan Google hingga akhirnya sukses besar seperti saat ini. Sejumlah gebrakan Google dilakukan mulai dari peluncuran Google News (2002), Gmail (2004), Google Maps (2005), Google Chrome (2008), dan jejaring sosial yang dikenal sebagai Google+ pada 2011, dan banyak produk lainnya. Kemudian pada tahun 2015, Google resmi menjadi anak perusahaan dari Alphabet Inc.

2. Dirintis dari Sebuah Garasi

Google
Photo : pexels.com
Google

Menjelma menjadi raksasa teknologi dunia, siapa sangka kalau dulunya Google mulai dikembangkan dari sebuah garasi milik temannya Sergey Brin dan Larry Page di California, Amerika Serikat. Diketahui, teman mereka yang menyewakan garasinya tersebut adalah Susan Wojcicki.

Setelah perusahaan tersebut semakin besar, Google akhirnya menetap di Mountain View, California sejak tahun 2003. Sementara itu, Susan Wojcicki yang sangat berjasa di balik kesuksesan Google kini menjadi CEO YouTube.

3. Meluncurkan Google Doodle

Google
Photo : Google
Google

Setiap ada hari spesial, Google biasanya akan memperbarui logo di halaman awal pencarian yang dikenal dengan sebutan Doodle. Google Doodle bermula saat Brin dan Page datang ke festival Burning Man pada tahun 1998 dan mereka mulai punya keinginan untuk memodifikasi logo Google. Hal tersebut dilakukan keduanya demi menunjukkan keberadaan mereka.

Awalnya, Page dan Brin menempatkan gambar tertentu di belakang kedua huruf O dalam kata Google yang diniatkan untuk merayakan acara Hari Bastile tahun 2000. Sejak saat itulah, Google Doodle lahir dan sering menandai adanya peristiwa penting seperti kehidupan para tokoh dunia, termasuk ulang tahun Google kali ini.

4. Punya 6 Tanggal Ulang Tahun

Google Headquarters
Photo : Google
Google Headquarters

Seperti yang kita tahu, ulang tahun Google selalu dirayakan setiap tanggal 27 September. Akan tetapi, terdapat beberapa tanggal lain yang ternyata juga dianggap sebagai hari kelahiran raksasa teknologi tersebut.

Melansir dari Independent, Senin, 27 September 2021, tanggal yang juga dianggap sebagai hari ulang tahun Google masih terjadi di bulan September yakni tanggal 4, 7, 8, 15 26, dan 27. Tanggal-tanggal tersebut tercatat sebagai hari yang penting karena berkaitan erat dengan peristiwa besar yang terjadi pada Google.

5. Ada Ratusan Kambing di Markas Besar Google

Google Headquarters
Photo : Google
Google Headquarters

Diberitakan The Telegraph, sebenarnya Google punya banyak uang untuk membeli alat teknologi pemotong rumput untuk merawat lahan di markas besarnya. Akan tetapi, Google malah menyewa ratusan kambing agar mereka memakan rumput-rumput di kantor tersebut sehingga tetap terlihat rapi dan tidak menjulang tinggi.

Cara unik tersebut sengaja dipilih untuk mengurangi tingginya polusi karbon yang berasal dari alat-alat modern yang tidak ramah lingkungan. Ratusan kambing tersebut didatangkan dari satu perusahaan bernama California Grazing yang kemudian digandeng Google.

6. Google Akuisisi YouTube

Ilustrasi YouTuber
Photo : Freepik.com
Ilustrasi YouTuber

Pada tahun 2006, Google resmi mengakuisisi YouTube setelah menggelontorkan dana tak kurang dari US$ 1,65 miliar (atau sekitar Rp25 triliun). Jelas proses akuisisi ini tidak begitu sulit karena CEO YouTube, Susan Wojcicki sebelumnya merupakan karyawan ke-16 Google yang dipekerjakan sejak tahun 1999. Seperti yang sudah disinggung di awal, Susan Wojcicki menyediakan garasinya saat masa-masa awal didirikannya Google.

7. Dinosaurus Jadi Filosofi Perusahaan

Google
Photo : Google
Google

Di kantor pusat Google, terpasang patung kerangka dinosaurus T-Rex yang saat ini sudah punah. Rupanya, pemilihan binatang purba tersebut bukan tanpa alasan lho guys.

Menurut CNBC, patung tersebut mempunyai makna filosofis yakni agar karyawan Google tetap menjadi relevan dengan perkembangan zaman, tidak ketinggalan zaman dan tidak punah seperti dinosaurus.

Demikian beberapa fakta menarik perusahaan Google yang saat ini berulang tahun ke-23. Selamat ulang tahun Google!

Baca juga: 7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Ada 400 Aplikasi Berbahaya, Data Pengguna Facebook Rentan Dicuri

  • 09 Oktober 2022, 17:02 WIB
Meta identifikasi 400 aplikasi di Play Store dan Apple Store, peringatkan hampir 1 juta data pengguna Facebook rentan dicuri.

Sejarah dan Makna Mangkuk Ayam Jago yang Jadi Google Doodle Hari Ini

  • 12 September 2022, 10:53 WIB
Makna dan sejarah Google Doodle Mangkuk Ayam Jago, sejarah kuliner Asia yang masih lestari hingga sekarang.

Media Sosial Besutan Donald Trump Dilarang di Google Play Store

  • 31 Agustus 2022, 13:31 WIB
Google melarang mendistribusikan media sosial milik Donald Trump, Truth Social karena melanggar kebijakan moderasi konten.

Pusat Data Meledak Jadi Penyebab Google Down Hari Ini

  • 09 Agustus 2022, 19:01 WIB
Bersamaan dengan Google down, mesin pencarian raksasa ini mengalami insiden arc flash yang menyebabkan tiga orang terluka.

Elon Musk Minta Istri Pendiri Google Tuntut Penyebar Rumor Selingkuh

  • 30 Juli 2022, 11:02 WIB
Elon Musk berharap istri pendiri Google, Nicole Shanahan dapat menuntut penyebar fitnah atas rumor perselingkuhan mereka.

Pihak Apple Buka Suara Usai Dituduh Beli Emas Ilegal untuk Produknya

  • 28 Juli 2022, 19:10 WIB
Microsoft, Apple, Google hingga Amazon dituding menggunakan emas ilegal dari Brasil untuk kepentingan produk mereka.
The Latest
Balenciaga

4 Fakta Iklan Terbaru Balenciaga Tuai Kontroversi, Dikecam Bella Hadid

  • 29 November 2022, 11:18 WIB
Teknologi Canggih di Piala Dunia 2022

4 Teknologi Canggih Diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar

  • 28 November 2022, 19:04 WIB
Pertamina Eco RunFest 2022

Pertamina Eco RunFest 2022 Digelar Besok, Diikuti Baim Wong dan Andien

  • 26 November 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi kecantikan

8 Manfaat Pemakaian Sunscreen, Bisa Cegah Penuaan Dini pada Wajah

  • 25 November 2022, 07:00 WIB
Mark Zuckerberg

Meta Bantah Mark Zuckerberg Bakal Mengundurkan Diri dari CEO

  • 24 November 2022, 17:22 WIB
INDEKS