Logo
Twitter
lifestyle
Twitter Rilis Ticketed Spaces dan Super Follows untuk Monetisasi
Photo: Capital

ZIGI – Siapa bilang Twitter tidak bisa dimonetisasi? Saat ini Twitter telah melakukan uji coba fitur yang bernama Super Follows dan Ticketed Spaces yang memungkinkan pengguna mengumpulkan pendapatan tambahan.

Wah, kesempatan banget nih buat kalian para selebtwit yang memiliki banyak pengikut. Tapi, seperti apa sih ketentuan fitur baru untuk teknologi aplikasi berlogo burung biru tersebut? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Tentang Super Follows dan Ticketed Spaces


Source: The Verge

Pada intinya fitur Super Follows dan Ticketed Spaces merupakan inovasi terbaru dari Twitter yang memungkinkan pengguna dengan pengikut besar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Melansir dari laman The Verge, Rabu, 23 Juni 2021, Super Follows masih terbatas hanya untuk pengguna iOS, sedangkan Ticketed Spaces tersedia di iOS dan Android.

Fitur Super Follows dan Ticketed Spaces memberi kesempatan kepada beberapa pengguna untuk mengenakan biaya kepada pengikutnya agar bisa mengakses konten tambahan eksklusif seperti tweet tambahan, bergabung dengan grup komunitas, atau menerima buletin.

Saat ini, pengguna yang berbasis di Amerika Serikat dapat mendaftar secara terpisah untuk setiap program Super Follows dan Ticketed Spaces melalui aplikasi seluler Twitter. Layanan berlangganan ini akan diluncurkan secara bertahap ke negara lain termasuk India dan Indonesia dalam waktu dekat.

Syarat Monetisasi


Source: The Verge

Masih bersumber dari The Verge, pengamat aplikasi Jane Manchun Wong menyebutkan beberapa syarat agar pengguna Twitter dapat memonetisasi konten-kontennya. Wong menjabarkan bahwa syarat monetisasi Twitter minimal telah memiliki 10 ribu pengikut, telah memposting setidaknya 25 tweet dalam 30 hari terakhir, dan berusia minimal 18 tahun.

Buat yang penasaran apakah Twittermu bisa dimonetisasi, kamu bisa melihat apakah memenuhi syarat atau tidak dengan mencentang opsi "Monetisasi" baru di bilah sisi aplikasi seluler.

Wong menambahkan, pelanggan juga bisa mengelompokkan daftar kategori konten yang akan dipilih oleh pengguna Super Follows untuk mendeskripsikan konten mereka (seperti 'olahraga' atau 'podcasting'). Selain itu, imbuh Wong, kategori 'konten dewasa' dan 'OnlyFans' terdaftar sebagai 'platform konten' bersama dengan Facebook, Substack, Patreon, Twitch, dan YouTube.

Biaya Super Follows dan Ticketed Spaces


Source: The Verge

Fitur Super Follows memungkinkan pengguna yang telah memenuhi syarat mengenakan biaya sebesar $2,99, $4,99, atau $9,99 per bulan untuk akses ke konten eksklusif. Sementara fitur Ticketed Spaces memungkinkan mereka mengenakan biaya antara $1 dan $999 untuk akses ke salah satu ruang audio sosial Twitter, dan menawarkan fitur tambahan seperti mengatur batas ukuran ruangan.

Nantinya, Twitter akan memotong 20 persen pendapatan dari pengguna jika mampu menghasilkan total $50.000 pada kedua sistem.

"Kami ingin memastikan bahwa suara-suara yang muncul dapat menghasilkan uang, itulah sebabnya mereka akan memenuhi syarat untuk mendapatkan bagian yang lebih besar di awal. Menghasilkan $50K+ dari Super Follows dan Ticketed Spaces menunjukkan bahwa Anda mendapatkan nilai dari fitur-fitur ini dan mereka membantu Anda mewujudkannya," ungkap Manajer Produk Senior, Esther Crawford.

Meski potongan pendapatan lumayan, namun faktanya komisi 20 persen Twitter lebih rendah daripada beberapa platform berlangganan lainnya. Misalnya layanan video milik Amazon, Twitch, mengambil potongan 50 persen dari langganan, sedangkan YouTube membebankan 30 persen dari biaya keanggotaan. 

Akan tetapi, jumlah itu tetap jauh lebih tinggi daripada komisi 10 persen dari platform buletin Substack atau tarif dasar 5 persen dari platform keanggotaan Patreon. Sebelumnya, Twitter diketahui telah meluncurkan penawaran berlangganan pertamanya yang disebut Twitter Blue di Australia dan Kanada. Fitur berlangganan ini memberi pengguna opsi untuk "Urungkan Tweet" selama 30 detik untuk kemudian menghapus kesalahan ketik apa pun.

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Kantor Twitter

13 Potret Kantor Twitter di New York yang Ditutup Imbas Covid-19

  • 30 Juli 2021, 16:34 WIB
Berikut ini potret kantor Twitter di New York tema industrial yang diumumkan tutup sementara menyusul lonjakan kasus Covid-19.
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Masalah Snapchat yang terjadi secara global ini sudah langsung ditanggapi perusahaan dan langsung diperbaiki.
Twitter

Twitter Uji Coba Tombol Upvote dan Downvote, Apa Fungsinya?

  • 22 Juli 2021, 19:47 WIB
Usai menghentikan fitur Fleets, kini Twitter hadir dengan uji coba tombol terbaru yang diberi nama upvote dan downvote.
Twitter fleets

Twitter Hapus Fitur Fleets yang Mirip Instagram Stories

  • 15 Juli 2021, 09:24 WIB
Karena sepinya peminat, pihak Twitter bakal menghentikan fitur Fleets mulai tanggal 3 Agustus 2021 mendatang.
Gettr

Mengenal GETTR, Media Sosial Pro Donald Trump yang Diretas

  • 06 Juli 2021, 14:00 WIB
Media sosial GETTR yang dibuat oleh pendukung Donald Trump diretas pada Minggu, 4 Juli 2021 dan bertuliskan 'Free Palestine'.
WhatsApp

5 Fitur WhatsApp yang Berguna dan Tak Banyak Orang Tahu

  • 05 Juli 2021, 18:49 WIB
Berikut sejumlah fitur WhatsApp yang tidak diketahui banyak orang. Bermanfaat untuk sejumlah kepentingan.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS