Logo
Twitter fleets
lifestyle
Twitter Hapus Fitur Fleets yang Mirip Instagram Stories
Photo: twitter

ZIGI – Media sosial Twitter menjelang akhir 2020 lalu, merilis fitur Fleets yang dianggap oleh banyak penggunanya mirip fitur Instagram Stories. Namun, baru seumur jagung fitur tersebut ada, kini Twitter mengumumkan secara resmi akan menghapus Fleets karena sepi peminat.

Lantas, langkah apa yang disiapkan Twitter selanjutnya setelah mereka menghapus Fleets? Akankah ada fitur-fitur baru yang memberi pengalaman lebih seru bagi para penggunanya? Simak ulasan berikut ini ya.

Twitter Fleets Sepi Peminat

Photo : Twitter.com

Melansir dari laman resmi Twitter, VP Product Twitter Ilya Brown mengatakan bahwa antusiasme publik terhadap fitur Fleets tidak sesuai yang diharapkan. Maka dari itu, pihak Twitter bakal menghentikan fitur Fleets mulai tanggal 3 Agustus 2021 mendatang.

“Kami berharap Fleets akan membantu lebih banyak orang merasa nyaman bergabung dalam percakapan di Twitter. Namun, sejak kami memperkenalkan Fleets kepada semua orang, kami belum melihat peningkatan jumlah pengguna baru yang bergabung dalam percakapan dengan Fleets seperti yang kami harapkan. Oleh karena itu, mulai 3 Agustus, Fleets tidak akan lagi tersedia di Twitter,” ungkap Ilya dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis, 15 Juli 2021.

Belajar dari pengalaman tersebut, Ilya menambahkan bahwa Twitter akan berinovasi lebih lanjut untuk lebih fokus dalam menciptakan cara lain bagi penggunanya untuk bergabung dalam percakapan dan berbicara tentang apa yang terjadi di dunia mereka.

Rencana Fitur Baru Twitter

Photo : Twitter.com

Setelah mempelajari masalah apa yang dihadapi fitur Fleets, Ilya membeberkan rencana Twitter ke depan untuk lebih memanjakan penggunanya. Beberapa Langkah yang akan dilakukan Twitter antara lain:

  1. Twitter akan mengeksplorasi lebih banyak cara untuk mengatasi berbagai kendala menghalangi orang untuk berpartisipasi di Twitter. Dan untuk orang-orang yang sudah bergabung, Twitter akan lebih fokus untuk membuat proses nge-tweet jadi lebih baik untuk penggunanya.
  2. Twitter akan segera menguji pembaruan pada Tweet composer dan kamera untuk menggabungkan fitur dari Fleet composer seperti kamera layar penuh, opsi pemformatan teks, dan stiker GIF.
  3. Bagian atas home timeline akan terus menjadi tempat yang pas untuk menyoroti apa yang terjadi saat ini, sehingga pengguna masih tetap bisa melihat update saat seseorang yang diikuti menjadi tuan rumah saat berbicara di Twitter Spaces.
  4. Pengujian iklan Fleets yang berakhir seperti yang direncanakan bulan lalu, merupakan salah satu eksplorasi pertama Twitter terhadap iklan dengan format vertikal layar penuh. Oleh sebab itu, Twitter tengah mempelajari dengan lebih seksama kinerja iklan dengan format seperti ini di Twitter.

Fleets Baru Seumur Jagung

Photo : Twitter.com

Sebelumnya, media sosial milik Jack Dorsey ini memang belum lama merilis fitur Fleets. Twitter baru saja meluncurkan fitur tersebut pada bulan November 2020 kemarin.

“Hal yang tidak ingin anda cuitkan tetapi ingin diungkapkan saat ini, namun tidak selamanya. Kami memiliki tempat untuk itu sekarang— Fleets! Diluncurkan ke semua orang mulai hari ini,” ujar Twitter tanggal 17 November 2020 di akun resminya.

Saat itu, Twitter mengungkapkan siapa pun yang bisa melihat profil lengkap pengguna lain, bisa melihat Fleets mereka juga. Lewat Fleets pengguna juga bisa mengirimkan Direct Message (DM) ke pengguna lainnya.

Kemudian apabila kamu ingin menghapus Fleets, kamu cukup memilih opsi Hapus Fleet dan hal itu akan menghapus posting tersebut. Selanjutnya, kamu juga bisa memilih Bisukan Fleets atau Fleets dan Tweet dengan menekan terus ikon Fleet pada orang yang ingin kamu bisukan di bilah Fleets. Sayangnya, fitur Twitter Fleets akan dihapus pada 3 Agustus 2021.

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Kantor Twitter

13 Potret Kantor Twitter di New York yang Ditutup Imbas Covid-19

  • 30 Juli 2021, 16:34 WIB
Berikut ini potret kantor Twitter di New York tema industrial yang diumumkan tutup sementara menyusul lonjakan kasus Covid-19.
Twitter

Twitter Uji Coba Tombol Upvote dan Downvote, Apa Fungsinya?

  • 22 Juli 2021, 19:47 WIB
Usai menghentikan fitur Fleets, kini Twitter hadir dengan uji coba tombol terbaru yang diberi nama upvote dan downvote.
Twitter

Cara Aktifkan Fitur Kunci Keamanan Twitter, Sebagai Bentuk 2FA

  • 02 Juli 2021, 16:17 WIB
Berikut cara menggunakan fitur keamanan Twitter, sebagai metode bentuk autentikasi dua faktor untuk menjaga keamanan akun.
Twitter

Fitur Baru, Berikut Cara Posting Cuitan Twitter ke Instagram Story

  • 25 Juni 2021, 12:30 WIB
Twitter menghadirkan fitur terbaru yang memberikan kemudahan pengguna membagikan cuitan ke Instagram Story.
Twitter

Twitter Rilis Ticketed Spaces dan Super Follows untuk Monetisasi

  • 23 Juni 2021, 12:33 WIB
Twitter telah menguji coba fitur yang bernama Super Follows dan Ticketed Spaces yang memungkinkan pengguna mendapat uang.
Twitter

Twitter Blue Resmi Dirilis di Australia dan Kanada Tapi Bayar

  • 05 Juni 2021, 13:28 WIB
Berikut fitur yang tersedia pada layanan berbayar Twitter Blue, yang secara resmi telah dirilis di Australia dan Kanada.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS