Twitter Blue Kembali Rilis, Biaya Langganan Pengguna Apple Lebih Mahal - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Twitter Blue
lifestyle
Twitter Blue
Photo: Twitter/@TwitterBlue
Twitter Blue

ZIGI – Twitter meluncurkan kembali fitur Twitter Blue pada Senin, 12 Desember 2022. Fitur aplikasi ini ditujukan kepada mereka yang sudah diverifikasi alias centang biru. Bukan hanya itu saja, Elon Musk rupanya juga mengenakan biaya kepada para pengguna terverifikasi.

Beruntung bagi pengguna Android, pasalnya pengguna Twitter dari aplikasi Apple justru dikenakan biaya lebih mahal. Lantas berapa biaya yang dikenakan kepada pengguna? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Twitter Blue Resmi Dirilis di Australia dan Kanada Tapi Bayar

Twitter Luncurkan Fitur Centang Biru

Twitter Rilis Fitur Centang Biru
Photo : Twitter/@TwitterBlue
Twitter Rilis Fitur Centang Biru

Sempat eror pada Minggu, 11 Desember 2022 rupanya Elon Musk tengah mempersiapkan kembali rilisnya Twitter Blue alias centang biru. Hal ini diketahui dari pengumuman akun resmi Twitter baru-baru ini.

Kami me-launching kembali @TwitterBlue pada Senin (12 Desember 2022),” tulis pernyataan Twitter dalam akun resminya dikutip dari The Verge pada Senin, 12 Desember 2022.

Dalam pengumumannya, Elon Musk juga mengenakan biaya bagi pengguna centang biru. Beruntung bagi yang mengakses melalui web atau Android, biaya yang dikenakan jauh lebih murah US$ 3 (Rp 46,9 ribu).

Untuk pengguna yang ingin berlangganan setiap bulannya melalui web atau Android akan dikenakan biaya senlai US$ 8 (Rp 125,1 ribu) sementara untuk pengguna Apple akan dikenakan biaya US$ 11 (Rp 172,1 ribu).

Bagi pengguna yang ingin menampilkan akun terverifikasi maka harus mendaftarkan terlebih dahulu nomor telepon mereka. Selain itu, pengguna juga harus mengubah handle, nama tampilan atau foto profil mereka.

Manajer produk Twitter, Esther Crawford mengatakan perusahaan menambahkan persyaratan verfiikasi telepon sebelum pengguna diberi centang biru untuk memerangi peniruan identitas.

Setelah pengguna memasukkan nomor telepon mereka, pihak Twitter akan menghapus label pengguna dan akun akan ditinjau kembali. Alasan biaya yang dikenakan pada Apple lebih mahal bertujuan untuk menutupi komisi hingga 30 persen yang diambil Apple dari pembelian melalui aplikasi.

Twitter Akan Ganti Label Akun Resmi Pengguna

Twitter Blue
Photo : Twitter/@TwitterBlue
Twitter Blue

Twitter bukan hanya merilis kembali Twitter Blue serta biaya yang harus ditanggung oleh pengguna untuk mendapatkan akun terverifikasi, melainkan juga mengganti label resmi. Di sini, untuk label resmi bisnis maka Elon Musk akan menggantinya menjadi centang emas.

Sementara untuk label akun resmi pemerintah atau multiteral akan berubah menjadi centang abu-abu di mana label ini akan rilis pada akhir pekan ini. 

Bagi yang mendapatkan label centang biru, Twitter akan memberikan fasilitas tambahan. Mereka dapat mengakses sejumlah fitur termasuk mengedit Twitter. Seperti yang diketahui, banyak permintaan pengguna untuk mengeluarkan fitur tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah video dengan kualitas Full HD 1080p serta mengakses mode pembaca. Twitter juga akan segera merilis sedikit iklan serta prioritas pencarian khusus untuk akun yang sudah terverifikasi.

Sebelumnya, Elon Musk telah meluncurkan Twitter Blue pada bulan Oktober 2022. Namun, pria kelahiran Afrika Selatan ini segera menghapusnya dua hari setelah rilis ketika mengetahui banyaknya akun terverifikasi palsu membanjiri platform.

Akibatnya, Elon Musk mendapatkan saran dari Senator ed Markey (D-MA) untuk memperbaiki Twitter dan tidak terburu-buru untuk melakukannya.

Pada 12 Desember 2022, Elon Musk akhirnya merilis fitur akun terverifikasi setelah Twitter sempat down beberapa saat pada Minggu, 11 Desember 2022. Selain itu, pengguna Apple akan dikenakan biaya yang lebih mahal dibanding Android.  

Baca Juga: Kebijakan Elon Musk, Akun Twitter Centang Biru Bakal Bayar Rp312 Ribu

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Sedang Cari Pengganti, Elon Musk Setuju Ide BTS Jadi CEO Twitter

  • 24 Desember 2022, 09:15 WIB
Usai mengumumkan pengunduran diri, Elon Musk setujui ide BTS jadi CEO Twitter hingga bikin pro kontra di antara penggemar.

3 Fakta Elon Musk Mundur dari Posisi CEO Twitter, Punya Syarat Khusus

  • 21 Desember 2022, 11:06 WIB
Elon Musk umumkan pengunduran diri dari posisi CEO Twitter pada 21 Desember 2022, sesuai hasil polling netizen.

Twitter Larang Pengguna Bagikan Link dari Media Sosial Lain

  • 19 Desember 2022, 16:52 WIB
Twitter larang tautan link dari media sosial lain seperti Facebook, Instagram hingga Mastodon, terancam kena blokir.

T.O.P BIGBANG Dikabarkan Ikut Perjalanan ke Bulan Pada 2023

  • 06 Desember 2022, 11:01 WIB
Isu T.O.P BIGBANG bergabung dalam perjalanan ke bulan yang diadakan miliarder Yusaku Maezawa bermitra dengan Elon Musk.

Siap Bentuk Tim Teknik, Elon Musk Singgung Indonesia di Rapat Twitter

  • 23 November 2022, 17:30 WIB
Rapat bersama karyawan, Elon Musk sebut Indonesia menjadi salah satu negara untuk penempatan tim teknik Twitter.

5 Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter

  • 19 November 2022, 15:00 WIB
Elon Musk keluarkan kebijakan baru membuat pengguna beralih ke aplikasi lain, Mastodon hingga Bluesky ramai diperbincangkan.
The Latest
Tyo Nugros

5 Tips Awet Muda Ala Tyo Nugros, Selalu Jaga Asupan Makan

  • 08 Februari 2023, 07:00 WIB
Pocari Sweat Run Indonesia 2023

Pocari Sweat Run Indonesia 2023 Digelar Juli, Didukung Daniel Mananta

  • 06 Februari 2023, 18:40 WIB
Makanan pencegah penuaan dini

8 Rekomendasi Makanan Pencegah Penuaan Dini

  • 05 Februari 2023, 19:00 WIB
BragMen, gym di Tokyo bertema One Piece

4 Fakta BragMen, Gym Bertema One Piece dengan Pelatih Bajak Laut

  • 03 Februari 2023, 17:22 WIB
Ilustrasi Skin Flooding

Mengenal Perawatan Skin Flooding Viral di TikTok, Bikin Wajah Lembap

  • 02 Februari 2023, 18:34 WIB
INDEKS