Tips Sukses Wawancara Bagi yang Pemalu ala Vina A Muliana - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Vina A Muliana
  • Oleh Indriane

  • Jum'at, 08 Juli 2022 | 11:13 WIB
lifestyle
Vina A Muliana
Photo: Instagram/@vinamuliana
Vina A Muliana

ZIGI – Sebagai pencari kerja, tentu akan melewati tahapan wawancara. Tahapan ini merupakan hal yang krusial untuk para pelamar dan bahkan sering menjadi penentu agar kamu dapat diterima di sebuah perusahaan.

Namun, gimana jadinya kalau kamu ternyata memiliki sifat pemalu dan sering terkendala saat berkomunikasi? Tenang saja, Vina A Muliana sebagai Senior Associate Culture Measurement and Program Development MIND ID & Content Creator punya tips wawancara bagi kamu yang pemalu. Yuk simak artikel ini sampai habis!

Baca Juga: 6 Tips Wawancara Kerja untuk Gen Z yang Baru Lulus Kuliah

Rumus Wawancara ala Vina A Muliana

Vina A Muliana
Photo : Instagram/@vinamuliana
Vina A Muliana

Salah satu soft skill yang cukup penting untuk melewati tahapan wawancara adalah kemampuan dari public speaking kamu. Skill ini cukup ampuh untuk membekali kamu ketika masuk tahapan wawancara. Ditambah persiapan yang cukup, dengan public speaking yang baik dapat memudahkan kamu untuk melewati tahapan wawancara.

Vina A Muliana menjelaskan dalam sesi wawancara, sebaiknya kamu menerapkan rumus ‘Tanya Puji Reaksi’. Ada tiga hal yang harus kamu perhatikan, yakni:

  1. Tanya
    Ketika HRD bertanya ke kamu, coba bertanya kembali, sehingga membuat percakapan open-ended dengan pewawancara. Hal ini bisa meningkatkan interaksi saat sesi wawancara

  2. Puji
    Terapkan hal dengan sesekali menyebutkan nama pewawancara saat memberikan jawaban sehingga dapat tercipta unsur pujian dan kedekatan dengan pewawancara. Alhasil chemistry antara kedua belah pihak bisa terbangun dengan baik.

  3. Reaksi
    Rumus yang terakhir wajib kamu gunakan, apalagi pada kesempatan si pewawancara melempar balik ke si pelamar untuk bertanya. Pastikan gunakan kesempatan setelah wawancara untuk bertanya dan memberikan reaksi atas apa yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Tips Asah Public Speaking ala Vina A Muliana

YOTNC 2022
Photo : Istimewa
YOTNC 2022

Setelah mengetahui rumus tadi, kamu juga perlu mengasah public speaking agar lancar ketika berbicara di depan orang lain. Trik ini juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran wawancara kamu. Berikut tipsnya:

  1. Tarik napas dalam dan berikan afirmasi positif terhadap diri sendiri kalau kamu bisa dan mampu untuk berbicara. Berikan vibes positif agar apa yang kamu pelajari tidak terbuang sia-sia. Ini juga berlaku dalam tahapan wawancara. Sebelum memasuki ruang wawancara, kamu bisa tarik napas dalam, tenangkan diri dan berikan afirmasi positif ke diri sendiri.
  2. Hindari tatapan mata secara langsung. Trik ini bisa diterapkan ketika kamu berhadapan dengan orang/audience yang banyak. Solusinya adalah tatap ke arah pelipis atau dahi audience. Dengan ini kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. Tapi, tips ini jangan diterapkan saat kamu wawancara karena dalam wawancara kamu harus terus menatap mata pewawancara. Dengan itu kamu memberikan sinyal bahwa kamu dalam keadaan yang percaya diri dan menghargai lawan bicara.
  3. Perbanyak baca buku agar koleksi kata-kata kamu semakin beragam dan bisa lancar saat berbicara didepan banyak orang atau pada saat tahapan wawancara.

Itulah beberapa tips wawancara bagi kamu yang pemalu. Vina A Muliana akan hadir sebagai salah satu dari 16 pembicara di event terbesarnya Young On Top National Conference (YOTNC) 2022. Kamu bisa langsung ketemu Vina A Muliana dan dapetkan sejuta inspirasi, tips and trik, manfaat dan networking saat menghadiri acara YOTNC 2022.

Bukan cuman Vina, ada pula Grace Tahir, Ernanda Putra, Ricky Silaen dan speakers hebat lainnya. YOTNC 2022 akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juli 2022 di Kota Kasablanka, Kasablanka Hall lt 3, Jakarta Selatan.

Untuk mengikuti event tersebut, kamu juga perlu mendaftar di www.youngontop.com/yotnc. Semoga bermanfaat tips wawancara untuk kamu yang pemalu ala Vina A Muliana!

Baca Juga: Mengenal Gaya Hidup Frugal Living dan Tips Menjalankannya

  • Editor: Indriane
Recommended

6 Tips Wawancara Kerja untuk Gen Z yang Baru Lulus Kuliah

  • 17 Februari 2022, 08:08 WIB
Beberapa tips wawancara kerja untuk gen Z yang baru lulus kuliah agar lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan yang diharapkan.

Tips Sukses Wawancara Bagi Kamu yang Memiliki Sifat Pemalu

  • 06 Juni 2021, 12:00 WIB
Berikut tips sukses wawancara bagi kamu yang memiliki sifat pemalu atau introvert, janganlah minder namun berikan yang terbaik.

Hadiri Sidang Perdana Medina Zein, Marissya Icha Merasa Tersudutkan

  • 08 Agustus 2022, 18:23 WIB
Marissya Icha jadi saksi di persidangan Medina Zein terkait kasus dugaan pencemaran nama baik, akui merasa disudutkan.

Liburan Bareng, Selena Gomez dan Andrea Iervolino Dikabarkan Pacaran

  • 08 Agustus 2022, 16:50 WIB
Selena Gomez dan Andrea Iervolino tertangkap berada di kapal pesiar dan menghabiskan banyak waktu bersama.

Polisi Jawab Kemungkinan BCL Diperiksa Kasus Narkoba karena Manajernya

  • 08 Agustus 2022, 16:02 WIB
Manajer BCL terancam hukuman 5 tahun penjara karena kasus narkoba, polisi jawab kemungkinan sang artis ikut diperiksa.

Sejarah, Makna dan Cara Merayakan Hari Kucing Sedunia 2022

  • 08 Agustus 2022, 15:27 WIB
Sejarah, tema dan cara merayakan Hari Kucing Sedunia 2022, untuk melindungi kucing dari kejahatan dan pelecehan.
The Latest
Ilustrasi Kucing

Sejarah, Makna dan Cara Merayakan Hari Kucing Sedunia 2022

  • 08 Agustus 2022, 15:27 WIB
Bangunan Observatorium Bosscha

6 Fakta Observatorium Bosscha, Jadi Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2

  • 08 Agustus 2022, 14:08 WIB
Ilustrasi Facebook

Facebook Bakal Hapus Fitur Live Shopping dan Alihkan ke Reels

  • 05 Agustus 2022, 15:09 WIB
Taylor Swift, BTS, Beyonce

13 Artis Jadi Bahan Mata Kuliah di Universitas, BTS sampai Beyonce

  • 05 Agustus 2022, 08:00 WIB
Mantan CEO Tinder Renate Nyborg

Saham Anjlok 20 Persen, CEO Tinder Renate Nyborg Undur Diri

  • 04 Agustus 2022, 17:28 WIB
INDEKS