Siap Sidang Kasus Twitter, Elon Musk Minta Berkas ke Jack Dorsey - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ekon Musk dan Jack Dorsey
lifestyle
Ekon Musk dan Jack Dorsey
Photo: Berbagai Sumber
Ekon Musk dan Jack Dorsey

ZIGI – Drama Elon Musk dan Twitter masih berlanjut hingga sekarang. Pasalnya CEO Tesla ini memanggil salah satu pendiri perusahaan tersebut, Jack Dorsey untuk memberikan informasi dokumen perusahaan di persidangan yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

Selain Jack Dorsey, mantan karyawan Twitter belum lama ini telah menuding perusahaan telah berbohong mengenai bot dan sistem keamanan. Lantas bagaimana perkembangan kasus Elon Musk dan Twitter? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Elon Musk Bakal Digugat karena Batalkan Pembelian Twitter

Elon Musk Minta Dokumen Twitter ke Jack Dorsey

Berkas Persidangan Elon Musk ke Jack Dorsey
Photo : Theverge.com
Berkas Persidangan Elon Musk ke Jack Dorsey

Elon Musk meminta sejumlah dokumen dari salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey sebagai langkah untuk membatalkan akuisisi perusahaan tersebut di persidangan pada 17 Oktober mendatang.

Melansir dari The Verge, Elon Musk meminta Jack Dorsey terkait akun sampah dan bot sekaligus dokumen rencana pembelian perusahaan Twitter pada April lalu. Sementara Dorsey diketahui telah mundur dari jabatannya sebagai CEO Twitter pada November 2021 dan digantikan oleh Parag Agrawal.

Terdapat beberapa poin penting dalam berkas pengadilan yang diajukan oleh tim hukum Elon Musk kepada Jack Dorsey, diantaranya pengaruh maupun dampak akun palsu, spam pada bisnis dan operasi Twitter hingga penggunaan mDAU (Monetizable Daily Active Users) oleh Twitter.

Pihak Twitter belum memberikan komentar terkait munculnya salinan berkas pengadilan tim kuasa hukum Elon Musk untuk meminta sejumlah informasi terkait akun palsu dan bot ke Jack Dorsey.

Mantan Kepala Keamanan Siber Tuding Twitter Bohong Terkait Akun Palsu

Twitter
Photo : GCC Business
Twitter

Di samping itu, Mantan Kepala Keamanan Siber Twitter, Peiter Mudge Zatko memberikan keluhannya terkait keamanan perusahaan. Ia baru saja dipecat dari Twitter pada Januari 2022 karena menolak untuk diam terkait keamanan perusahaan yang rawan diretas.

Zatko bahkan mengeluhkan terkait keamanan Twitter ke Securitise and Exchange Commission (SEC) Amerika pada bulan lalu dan menuding perusahaan telah menipu pemegang saham dan melanggar beberapa perjanjian yang sudah dibuat dengan Federal Trade Commission (FTC) untuk masalah standar keamanan.

Keluhan ini Zatko ungkapkan ketika diwawancara CNN dan The Washington Post terkait hubungannya dengan Twitter. Mantan kepala keamanan siber Twitter ini juga menyatakan alasannya bergabung dengan perusahaan karena platform tersebut menjadi sumber daya penting di dunia namun CEO Parag Agrawal menolak untuk mengatasi kegagalan dalam sistem keamanan.

“Ïni tidak akan pernah menjadi langkah pertama saya, tetapi saya yakin saya masih memenuhi kewajiban saya kepada Jack (Dorsey) dan pengguna platform. Saya ingin menyelesaikan pekerjaan yang Jack bawakan untuk saya yaitu memperbaiki tempat,” ujar Peiter Mudge Zatko saat wawancara dengen The Washington Post.

Adapun beberapa yang dikeluhkan Zatko ke SEC yakni akses sembarangan, menyesatkan FTC, mengabaikan bot, sewa agen pemerintah hingga kegagalan untuk menghapus data pengguna saat diminta.

Terkait keluhan Zatko terhadap sistem keamanan Twitter, juru bicara perusahaan angkat bicara. Mantan karyawannya tersebut dipecat karena kinerjanya yang buruk selama enam bulan terakhir.

“Tuan Zatko dipecat dari Twitter karena kinerja yang buruk dan kepemimpinannya tidak efektif selama enam bulan lalu,” ujar Juru bicara Twitter kepada CNN.

Lebih lanjut, juru bicara Twitter menyebut keluhan Zatko di media hanya sekedar mencari sensasi setelah dipecat pada Januari lalu.

“Tuduhan Tuan Zatko tampaknya dirancang untuk menarik perhatian dan menimbulkan kerugian di Twitter, pelanggan dan pemegang saham,” lanjutnya.

Tuduhan yang diungkapkan oleh Zatko tentu berdampak kepada perusahaan. Hingga saat ini, pihak FTC tengah meninjau keluhan tersebut dan memungkinkan Twitter didenda apabila tuduhan Zatko benar. 

Selain berdampak bagi Twitter, keluhan Zatko akan mempengaruhi perjuangan Elon Musk yang kini sedang bersitegang dengan perusahaan tersebut. Bahkan tim kuasa hukum Elon Musk telah berencana memanggil Zatko untuk melawan Twitter.

Sementara belum lama ini tim kuasa hukum Elon Musk juga meminta informasi kepada salah satu pendiri sekaligus mantan CEO Twitter, Jack Dorsey terkait akun palsu dan bot.

Baca Juga: Elon Musk Usulkan Kantor Twitter Jadi Rumah Tunawisma

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Mark Zuckerberg Tanggapi Rencana Elon Musk Tanam Chip di Otak Manusia

  • 30 Agustus 2022, 17:22 WIB
Mark Zuckerberg ragu dengan rencana Elon Musk menanam chip di otak Manusia yang dikembangkan lewat perusahaan Neuralink.

Usai Batal Beli Twitter, Elon Musk Diisukan Mau Bangun Bandara Pribadi

  • 02 Agustus 2022, 15:28 WIB
Rumor Elon Musk akan membangun bandara pribadi di Texas untuk dirinya dan karyawan Tesla, Space X dan Boring Company.

Elon Musk Minta Istri Pendiri Google Tuntut Penyebar Rumor Selingkuh

  • 30 Juli 2022, 11:02 WIB
Elon Musk berharap istri pendiri Google, Nicole Shanahan dapat menuntut penyebar fitnah atas rumor perselingkuhan mereka.

Isu Istri Mendua, Sergey Brin Tarik Investasi di Perusahaan Elon Musk

  • 26 Juli 2022, 13:59 WIB
Pendiri Google, Sergey Brin menarik sejumlah investasinya dari perusahaan Elon Musk usai rumor perselingkuhan sang istri.

5,4 Juta Data Pengguna Twitter Diduga Bocor dan Dijual Hacker

  • 25 Juli 2022, 18:11 WIB
5,4 juta data Twitter berupa nomor telepon dan e-mail diduga dicuri dan dijual di forum peretas sebesar Rp449,5 juta.

Elon Musk Bantah Pacaran dengan Istri Pendiri Google, Nicole Shanahan

  • 25 Juli 2022, 11:19 WIB
Elon Musk klarifikasi rumor dirinya menjalin hubungan dengan istri Co Founder Google (Sergey Brin), Nicole Shanahan.
The Latest
Westlife konser di Sentul Internation Convention Centre

Viral Video Fans Gagal Dapat Selfie Westlife karena Memori HP Penuh

  • 26 September 2022, 16:14 WIB
Buku Nostradamus

5 Fakta Buku Nostradamus, Berisi Soal Ramalan yang Viral di TikTok

  • 24 September 2022, 12:00 WIB
ilustrasi pemakaian sunscreen

5 Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat dengan Tepat

  • 23 September 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi perjalanan wisata ke Segitiga Bermuda

Viral Wisata ke Segitiga Bermuda, Bisa Refund Jika Kapal Hilang

  • 22 September 2022, 19:54 WIB
Ilustrasi hidung mancung

3 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami, Tidak Butuh Alat

  • 22 September 2022, 07:00 WIB
INDEKS