Sejarah Reog Ponorogo, Budaya Indonesia yang Ingin Diklaim Malaysia - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Reog Ponorogo
lifestyle
Reog Ponorogo
Photo: @galeryreog_art/Instagram
Reog Ponorogo

ZIGI – Ratusan seniman reog se-Solo Raya sempat mengadakan demo di Jalan Ir. Haji Juanda pada Sabtu, 9 April 2022. Aksi ini terjadi lantaran Malaysia kembali mengklaim reog merupakan warisan budaya mereka.

Tak hanya itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi mengatakan bahwa Malaysia ingin mendaftarakan Reog ke UNESCO. Dalam aksi tersebut, setidaknya terdapat 25 barongan reog yang menggelar aksi massal di jalan. Lantas bagaimana sejarah reog yang sebenarnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ramai Diprotes, Adidas Sebut Wayang Kulit Warisan Budaya Malaysia

Sejarah Reog Ponorogo

Reog Ponorogo
Photo : @galeryreog_art/Instagram
Reog Ponorogo

Dilansir dari Antara, kesenian tari Reog Ponorogo tercatat dalam sebuah Prasasti dari Kerajaan Kanjuruhan dengan tanggal 760M dan Prasasti Kerajaan Kediri dengan tahun 1045 M.

Sementara sejarah Reog terdiri dari berbagai macam versi, hal ini merujuk pada kejadian serta legenda di daerah setempat. 

  • Berasal Dari Legenda Singo Barong

Dalam tarian Reog Ponorogo seringkali ditemukan Singo Barong. Sementara Singo Barong ini menurut legenda digunakan sebagai syarat ketika Raja Bantarangin yang bergelar Prabu Kelana Sewandana ingin melamar dari Putri Raja Kerajaan Kediri, Dewi Sanggalangit.

Saat itu, Dewi Sanggalangit menginginkan Prabu Kelana Sewandana mengalahkan Singo Barong yang berasal dari alas roba. Dengan sigap, Prabu Kelana Sewandana langsung membawa pasukannya menuju tempat singgasana singa barong.

Prabu Kelana Sendawa saat berjumpa dengan Singo Barong langsung memakai sumping di telingannya dan menjelma sebagai sosok merak untuk mengalihkan perhatian sang Singa. Cara tersebut sempat menarik perhatian Singo Barong dan akhirnya dikalahkan dengan pecut alias cambuk.

Sebab berhasil mengalahkan Singo Barong, Prabu Kelana Sewanda akhirnya meminang Dewi Sanggalangit dengan diiringi oleh dua ekor burung merak.

  • Kisah Ki Ageng Kutu

Saat mendengar sejarah Reog Ponorogo maka sudah tidak asing lagi dengan kisah Ki Ageng Kutu yang merupakan abdi kerajaan Brawijara, lebih tepatnya saat dipimpin oleh Raja Brawijaya V yang kala itu meninggalkan kerajaan Majapahit.

Meskipun di bawah kerajaan Brawijaya, Ki Ageng Kutu mendirikan sebuah padepokan Surukubeng. Padepokan tersebut mengajarkan ilmu kanuragan dengan menggunakan permainan barongan. 

Berdirinya padepokan tersebut justru membuat Raja Brawijaya V menganggap bahwa Ki Ageng Kutu telah memberontak dan berkhianat kepadanya. Sang Raja akhirnya mengutus Raden Katong untuk menyerang padepokan tersebut dan mengalahkan Ki Ageng Kutu.

Setelah mengalahkan Ki Ageng Kutu, Raden Katong diberikan tanah perdikan di Wengker oleh Raja Brawijaya V. Setelah itu, Raden Katong menggunakan barong sebagai media dakwah Islam.

Mengingat Raden Katong merupakan penyebar kesenian barongan pertama kali di Ponorogo, kesenian barongan milik Warok berubah menjadi milik warga Ponorogo dan berubah nama menjadi Reog Ponorogo. Dilansir dari Katadata, penggunaan kata reog berasal dari kata riyokun artinya khusnul khatimah.

Peragaan Dalam Reog Ponorogo

Reog Ponorogo
Photo : @galeryreog_art/Instagram
Reog Ponorogo
  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Drama Hunting Dogs Kemungkinan Bakal Tuntut Kim Sae Ron

  • 19 Mei 2022, 22:01 WIB
Rumah produksi drama yang mengalami kerugian dengan keluarnya Kim Sae Ron kemungkinan akan mengabil tuntutan hukum.

10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet Bagi Pelajar

  • 19 Mei 2022, 21:00 WIB
Cara ini sangat cocok bagi pelajar yang ingin menambah uang tambahan melalui internet tanpa harus bekerja di luar rumah.

Bintang Emon Sindir Fans K-pop yang Mau Nuntut Safa Space

  • 19 Mei 2022, 20:22 WIB
Komika Bintang Emon dan Tretan Muslim ikut menanggapi soal viralnya kasus Safa Space dan penggemar NCT.

Kronologi Lengkap Perseteruan Safa Space di Twitter dengan Fans NCT

  • 19 Mei 2022, 20:16 WIB
Kronologi lengkap Safa Space yang trending Twitter Indonesia pada Kamis, 19 April 2022. Perseteruan Safa dengan penggemar NCT.

9 Fakta DJ Marshmello, Wajah Asli Tanpa Topeng Viral

  • 19 Mei 2022, 19:47 WIB
Fakta-fakta menarik produser sekaligus DJ Marshmello yang identik dengan topeng, potret wajahnya tanpa topeng langsung viral.

Spoiler & Link Nonton Spy x Family Episode 7 Sub Indo, Anya Berulah

  • 19 Mei 2022, 19:17 WIB
Spoiler dan link nonton Spy x Family episode 7 sub Indo, Anya mulai dekati Damian demi misi Loid Forger.
The Latest
WhatsApp

Fitur Baru WA dan Cara Keluar dari Grup Tanpa Diketahui Orang Lain

  • 18 Mei 2022, 16:47 WIB
Gucci Challenge

5 Fakta Gucci Challenge Viral di TikTok, Awal Mula hingga Cara Buat

  • 17 Mei 2022, 16:52 WIB
Bahasa Kasih Sayang

5 Macam Bahasa Kasih Sayang Saat Menjalin Hubungan

  • 17 Mei 2022, 16:06 WIB
Instagram

Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

  • 15 Mei 2022, 19:26 WIB
Kkaenip Kimchi

Resep Kkaennip Kimchi, Side Dish Daun Perilla yang Populer di Korea

  • 14 Mei 2022, 15:51 WIB
INDEKS