Logo
Pepper
lifestyle
Robot Pepper Bantu Siswa Autis Berinteraksi Secara Sosial
Photo: BBC.com

ZIGI – Peneliti dari Universitas Inggris Barat (UWE Bristol) kembangkan robot khusus yang bernama Pepper, untuk membantu siswa berkebutuhan khusus di wilayah Somerset, Inggris.

Pepper robot yang berbasis di The Mendip School, telah dirancang untuk menjadi bagian dalam kegiatan sosial untuk membantu kesejahteraan siswa dengan spektrum autisme dalam berinteraksi secara sosial.

Para peneliti UWE Bristol sedang menyelidiki di mana, kapan, dan bagaimana robot dapat mendukung siswa autis dan guru di lingkungan sekolah. Penasaran dengan robot Pepper? Yuk ikuti informasi selanjutnya!

Robot Pepper bantu menemukan kepercayaan diri

Photo : bbc.com

Dilansir dari BBC, pihak The Mendip School mengatakan bahwa para siswa dengan spektrum autisme telah menemukan kepercayaan diri baru, untuk berinteraksi secara sosial dengan orang lain. 

"Sejak Pepper tiba di sekolah, ada banyak tarian dan anak-anak juga sangat menikmati lelucon robot. Anak-anak yang biasanya tidak berinteraksi secara sosial dengan orang lain sekarang memilih untuk berinteraksi dengan teman sebayanya," ungkap asisten kepala sekolah The Mendip School bernama Lian Colley, yang dikutip dari BBC

Fokus pada kesejahteraan dan interaksi

Photo : bbc.com

Diketahui bahwa penderita Autism Spectrum Disorder (ASD) atau gangguan spektrum autisme mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan memahami bagaimana perasaan orang lain. Tantangan terbesar bagi penderita gangguan spektrum autisme adalah mengalami kecemasan dalam situasi asing dan mudah stres.

Sebelumnya, robot telah diciptakan untuk mendukung anak-anak yang mengalami gangguan spektrum autisme, yang berfokus pada pengajaran keterampilan. 

"Pendekatan kami berfokus pada kesejahteraan dan interaksi yang dipimpin oleh anak. Robot kami tinggal di koridor sekolah; Pepper berinteraksi dengan anak-anak sesuai persyaratan mereka," ungkap Associate Professor Dr Severin Lemaignan, yang dikutip dari situs resmi UWE Bristol pada Senin, 28 Juni 2021. 

Setelah seorang anak memilih terlibat untuk berkomunikasi antarmuka dengan Pepper, robot tersebut dapat menanyakan bagaimana perasaan yang dialami mereka seperti sedih, bahagia, marah, dan lain-lain. Tak hanya itu, robot pun akan merespon cerita para siswa yang dirancang untuk mendukung suasana hati dan emosi para siswa. 

Dr Louis Rice dari Departemen Aritektur UWE Bristol mengatakan bahwa proyek pengembangan robot ini bukan untuk menggantikan pekerjaan manusia. Robot dirancang sebagai alat tambahan untuk membantu staf pengajar dalam kegiatan belajar mengajar. 

"Temuan kami akan membantu menginformasikan bagaimana merancang sekolah dan bangunan lain untuk memungkinkan integrasi robot sosial yang lebih baik, dan menciptakan lingkungan buatan yang lebih cocok untuk orang autis,” ungkap Dr Louis Rice. 

Harga Robot Pepper

Photo : Situs resmi UWE Bristol

Pepper sebagai robot yang cerdas secara sosial, dibanderol sekitar 20.000 pound sterling atau Rp401 juta. Para peneliti dan pimpinan sekolah percaya bahwa robot tersebut dapat menjadi investasi yang berharga di masa depan.

Proyek pada penelitian ini telah menunjukkan bahwa seorang yang mengalami gangguan spektrum autisme, dapat menikmati interaksi dengan mitra robot. Selain itu, robot efektif dalam membantu para siswa dengan gangguan spektrum autisme untuk mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi, dan mengasah motorik halus mereka. 

Tim di UWE Bristol berharap dapat mengumpulkan lebih banyak bukti tentang manfaat teknologi robot di lingkungan sekolah dengan harapan sekolah dapat mempertimbangkan untuk terlibat dengan teknologi di masa depan. Namun sekali lagi, robot Pepper bukan untuk menggantikan pekerjaan manusia.

  • Editor: Anabel Yevina

How does this article make you feel?

Recommended
Dhruv

Fakta Lirik Lagu Double Take - Dhruv dan Terjemahan, Viral di TikTok

  • 30 Juli 2021, 21:31 WIB
Fakta lirik lagu Double Take yang dinyanyikan Dhruv, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kini, viral di TikTok.
LiSa dan suzuki tatsuhisa

Suzuki Tatsuhisa Dikabarkan Selingkuhi LiSA, Penyanyi Demon Slayer

  • 30 Juli 2021, 21:30 WIB
Suami LiSA penyanyi lagu Gurenge OST Demon Slayer bernama Suzuki Tatsuhisa dikabarkan berselingkuh.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
Link nonton streaming drama Voice 4 episode 13 lengkap subtitle Indonesia lewat situs legal. Tayang Jumat, 30 Juli 2021.
Irzan Faiq

Profil dan Biodata Irzan Faiq: Agama, Tanggal Lahir Sampai Pacar

  • 30 Juli 2021, 20:05 WIB
Berikut ini profil dan biodata Irzan Faiq, cowok yang diduga pacar Prilly Latuconsina lengkap dengan agama dan pendidikan.
Antares

Spoiler Serial Antares Episode 2, Ares Mulai Suka Sama Zea?

  • 30 Juli 2021, 19:49 WIB
Review episode 1 dan spoiler Antares episode 2, Zea (Beby Tsabina) diam-diam menyelidiki Ares (Angga Yunanda).
Summerlane antares

Arti Lirik Lagu Move Along - Summerlane OST Antares dan Terjemahan

  • 30 Juli 2021, 18:53 WIB
Terjemahan Lirik lagu Move Along dari band Summerlane yang merupakan original soundtrack (OST) serial Antares di WeTV.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS