Ratu Elizabeth II Jadi Figur Boneka Barbie - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ratu Elizabeth II
lifestyle
Ratu Elizabeth II
Photo: People.com
Ratu Elizabeth II

ZIGI – Boneka Barbie yang terkenal dengan karakter ikonik dari perempuan berpengaruh di dunia kini memilih Ratu Elizabeth II sebagai inspirasinya. Penguasa Inggris tersebut dipilih dalam rangka merayakan ulang tahun ke-96 dan Platinum Jubilee yang menandai 70 tahun di atas takhta.

Seperti apa detail karakter Ratu Elizabeth II dalam bentuk boneka Barbie? Makna apa saja yang terkandung dari setiap pernak-pernik boneka Ratu Elizabeth II? Scroll sampai habis artikel berikut untuk menemukan penjelasannya.

Baca Juga: Aktivis Indonesia, Butet Manurung Diabadikan Jadi Boneka Barbie

Alasan Dipilihnya Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II
Photo : People.com
Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II merupakan salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia dan kini mendapat kehormatan dengan dibuatkan boneka Barbie. Bentuk boneka tersebut terinspirasi dari salah satu penampilannya yang paling ikonis.

Dilansir People, boneka Barbie Ratu Elizabeth II memakai gaun gading elegan dengan pita biru sebagai aksesoris selempang. Ansambel agungnya dilengkapi tiara indah yang merujuk Tiara Fringe Ratu Mary.

Penampilan mengagumkan itu dikenakan Ratu Elizabeth II untuk pernikahannya dengan Pangeran Philip. Sejarawan dan penulis Our Queen Elizabeth, Profesor Kate Williams menilai pemilihan Ratu Elizabeth II sebagai inspirasi ikon boneka Barbie cukup beralasan.

Pasalnya, Ratu telah menjadi salah satu wanita paling berdampak, memegang posisi yang hanya dimiliki sedikit wanita, menjadi pemimpin Inggris yang paling lama memerintah, dan yang pertama mencapai Platinum Jubilee.

"Ratu telah mendedikasikan dirinya untuk pelayanan dan tugas, serta melihat dunia berubah tidak terkira. Pada 1952, ketika naik takhta, wanita tidak didorong untuk bekerja dan politisi menyatakan keraguan tentang seorang penguasa wanita muda, tapi ia membuktikan mereka salah," kata Kate Williams dikutip dari People, Jumat, 22 April 2022.

Williams menambahkan, ibu dari Pangeran Charles telah membuktikan dirinya seorang pemimpin dan diplomat yang mahir. Boneka Barbie Elizabeth II akan tersedia mulai Kamis, 21 April 2022 di Amazon, Walmart, Target dan Mattel, dengan harga retail US$75 atau sekitar Rp1 juta-an.

Karakter Barbie Terinspirasi dari Wanita Indonesia

Butet Manurung
Photo : Instagram/@butet_manurung
Butet Manurung

Komitmen Barbie dalam mengangkat eksistensi perempuan pernah pula melirik figur-figur Indonesia. Aktivis Butet Manurung yang terkenal dengan gerakan Sokola Rimba bulan Maret 2022 lalu juga dijadikan ikon boneka Barbie.

"Saya merasa tersanjung karena terpilih jadi salah satu dari 12 Model Peran Global Barbie dan mewakili multikulturalisme Indonesia," tulis Butet Manurung dalam bahasa Inggris di Instagram.

Boneka Barbie Butet Manurung dibuat dengan menggunakan pakaian adat khas Indonesia. Boneka tersebut tampak anggun mengenakan kain batik warna merah dilengkapi dengan kalung dari biji asoka.

Sebelumnya, desainer Anne Avantie menjadi wanita Indonesia pertama yang menjadi inspirasi karakter boneka Barbie. Anne dibuat ikon boneka memakai kebaya dan selendang batik seperti yang selalu ia kenakan di kehidupannya sehari-hari.

Sama seperti Butet Manurung dan perempuan lain, Anne Avantie dianggap menjadi sosok inspiratif bagi anak perempuan di Indonesia. Desainer kondang ini telah mempunyai karya yang mampu terkenal hingga ke mancanegara.

Baca Juga: Harapan Sarah Gilbert, Penemu AstraZeneca Usai Dijadikan Boneka Barbie

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Aktivis Indonesia, Butet Manurung Diabadikan Jadi Boneka Barbie

  • 05 Maret 2022, 11:09 WIB
Antropolog lulusan Universitas Padjajaran Butet Manurung diabadikan jadi boneka barbie karena karya yang menginspirasi.

Ratu Elizabeth Positif Covid-19 Setelah Bertemu Pangeran Charles

  • 21 Februari 2022, 09:02 WIB
Ratu Elizabeth positif Covid-19 setelah bertemu Pangeran Charles, ia mengalami gejala ringan pada usia sekarang 95 tahun.

8 Tradisi Keluarga Ratu Elizabeth II di Kerajaan Inggris Rayakan Natal

  • 25 Desember 2021, 09:00 WIB
Tradisi unik keluarga Ratu Elizabeth II di Kerajaan Inggris rayakan Natal. Natal 2021 pertama tanpa kehadiran Pangeran Philip.

Dikecam Usai Copot Foto Ratu Elizabeth, Oxford University Buka Suara

  • 12 Juni 2021, 10:54 WIB
Oxford University memberikan penjelasan terkait pencopotan foto Ratu Elizabeth II di ruangan kampusnya.

Sejarah Nama Lilibet, Panggilan Ratu Elizabeth II

  • 11 Juni 2021, 15:32 WIB
Nama anak kedua Meghan Markle dan Pangeran Harry tuai pro kontra. Begini sejarah nama Lilibet yang lekat dengan Ratu Elizabeth II.

10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet Bagi Pelajar

  • 19 Mei 2022, 21:00 WIB
Cara ini sangat cocok bagi pelajar yang ingin menambah uang tambahan melalui internet tanpa harus bekerja di luar rumah.
The Latest
WhatsApp

Fitur Baru WA dan Cara Keluar dari Grup Tanpa Diketahui Orang Lain

  • 18 Mei 2022, 16:47 WIB
Gucci Challenge

5 Fakta Gucci Challenge Viral di TikTok, Awal Mula hingga Cara Buat

  • 17 Mei 2022, 16:52 WIB
Bahasa Kasih Sayang

5 Macam Bahasa Kasih Sayang Saat Menjalin Hubungan

  • 17 Mei 2022, 16:06 WIB
Instagram

Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

  • 15 Mei 2022, 19:26 WIB
Kkaenip Kimchi

Resep Kkaennip Kimchi, Side Dish Daun Perilla yang Populer di Korea

  • 14 Mei 2022, 15:51 WIB
INDEKS