Ramai NFT Selfie KTP Setelah Ghozali Everyday, Data Sulit Dihapus - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
NFT Selfie KTP
lifestyle
NFT Selfie KTP
Photo: Berbagai sumber
NFT Selfie KTP

ZIGI – Netizen menemukan NFT selfie KTP di OpenSea yang diunggah oleh akun Indonesia-Ktp setelah ramai berita Ghozali Everyday. Saat ini akun tersebut sudah ilang karena dilaporkan secara massal. 

Kasus NFT KTP tersebut menyadarkan banyak orang soal kerawanan bisnis NFT yang hingga kini belum memiliki regulasi jelas. Apalagi NFT yang diunggah kabarnya tidak bisa dihapus bersih. Simak berita lengkapnya di bawah ini. 

Foto Selfie KTP Dijual Sebagai NFT di OpenSea

NFT Selfie KTP
Photo : Berbagai sumber
NFT Selfie KTP

Indonesia sempat dikejutkan dengan Ghozali Everyday yang berhasil meraup pendapatan miliaran setelah menjual foto selfie yang diambil 2017-2021. Sepertinya kesuksesaan Ghozali telah menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama, tapi dengan cara yang lebih ekstrim. 

Pada Sabtu, 15 Januari 2021 akun @mazzini_gsp mencuitkan komentar tentang rencana Metaverse di Indonesia. Namun yang menarik justru komentar dari followers Mazzini. 

"Metaverse metaverse, nih rakyatnya aja sendiri kek gini. Boro boro ngerti metaverse," tulis akun @mercurynureyes. Komentar tersebut disertai dengan tangkapan layar akun OpenSea bernama Indonesia-ktp.

Terlihat foto selfie beberapa pemilik KTP terpampang jelas. Nomor identitas juga terbaca dengan baik. Hal ini membuat banyak netizen terkejut. Pasalnya data yang bersifat rahasia bisa dilihat oleh seluruh pemilik akun OpenSea. 

Kuat dugaan NFT selfie KTP tersebut diunggah tanpa izin pemilik. Beberapa akun telegram bahkan mencari siapa sesungguhnya yang mengunggah dan membuat NFT dari KTP tersebut. Akun telegram bernama Airdrop Finder meminta netizen untuk melaporkan pemilik akun Indonesia-ktp. 

Bahkan admin grup tersebut membuka imbalan hingga Rp10 juta jika bisa menemukan pemilik akun dan membawanya ke kantor polisi. Saat ini akun Indonseia-ktp sudah hilang setelah direport massal. Netizen berspekulasi foto tersebut berasal dari data pinjol (pinjaman online) ilegal. 

Waspada, NFT yang Diunggah Tidak Bisa Dihapus

NFT
Photo : Berbagai sumber
NFT

NFT hanya bisa dijual dengan menggunakan mata uang digital yang dinamakan Ethereum (ETH). Saat ini 0,0010 ETH setara dengan Rp47.700. Jadi satu ETH dapat dihargai hingga Rp47,7 juta. Harga bisa naik tergantung dengan kondisi pasar digital. 

Sekilas bisnis di atas bisa dibilang menguntungkan. Namun jual beli NFT juga memiliki kelemahan. Saat ini bisnis NFT belum memiliki standar aturan. Artinya, seberapa jauh data pemilik akun terjaga hingga tingkat keamanan aset digital belum terjawab. 

Dalam beberapa kasus, banyak aset digital yang menghilang setelah diunggah. Kasus pencurian ini belum bisa ditindak karena regulasi yang tidak jelas.  

Ditambah fakta bahwa NFT yang diunggah tidak bisa dihapus sampai akarnya. Ketika NFT diposting di platform, maka seluruh data digital sudah tercatat di blokchain atau buku besar bagi NFT. 

NFT memang bisa dihapus manual, tapi informasi di blokchain akan tetap tersedia. Hingga kini begitu masih ada perdebataan terkait cara terbaik untuk menghapus seluruh unggahan NFT yang sudah masuk dalam daftar jual.  Penghapusan NFT juga memiliki konsekuensi, pemilik akun harus membayar sejumlah biaya tambahan yang cukup mahal, sekitar $300 hingga $400. 

Ghozali Everyday telah membuat tren NFT muncul di Indonesia. Namun setelah muncul NFT selfie KTP, banyak netizen yang memahami risiko besar dari aset digital. Hati-hati dengan identitas pribadi saat menggunakan platform digital ya gaes!

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

  • 15 Mei 2022, 19:26 WIB
Fitur NFT yang diberi nama Digital Collectibles resmi dirilis Instagram untuk memberi kesempatan kreator menambah penghasilan.

David NOAH Rilis Single dalam Bentuk NFT

  • 25 April 2022, 15:41 WIB
Musisi David NOAH merilis single berjudul When I'm With You dalam bentuk NFT mengikuti jejak Ifan Seventeen.

3 Tips Jitu Jualan NFT, Maksimalkan Pemasaran Digital

  • 05 April 2022, 20:14 WIB
Chief Marketing Officer (CMO) Tokocrypto, Nanda Ivens berbagi tips jualan NFT di IDE Katadata, Selasa, 5 April 2022.

Reza Arap Siap Luncurkan NFT Kolaborasi dengan Seniman 3D Terkenal

  • 15 Februari 2022, 10:30 WIB
Musisi multitalenta Reza Arap mengaku sedang mempersiapkan proyek NFT dengan matang untuk menaklukkan dunia.

Profil Irene Zhao, Influencer Singapura Ajak Ghozali Everyday Bertemu

  • 15 Februari 2022, 09:47 WIB
Profil dan biodata Irene Zhao, seorang influencer kripto asal Singapura yang baru-baru ingin ajak Ghozali Everyday bertemu.

Dilarang Diperdagangkan, Harga Token ASIX Anang Hermansyah Anjlok

  • 10 Februari 2022, 19:37 WIB
Bappebti umumkan bahwa token ASIX dari Anang Hermansyah dilarang diperdagangkan karena tidak termasuk dalam 229 aset kripto.
The Latest
WhatsApp

Fitur Baru WA dan Cara Keluar dari Grup Tanpa Diketahui Orang Lain

  • 18 Mei 2022, 16:47 WIB
Gucci Challenge

5 Fakta Gucci Challenge Viral di TikTok, Awal Mula hingga Cara Buat

  • 17 Mei 2022, 16:52 WIB
Bahasa Kasih Sayang

5 Macam Bahasa Kasih Sayang Saat Menjalin Hubungan

  • 17 Mei 2022, 16:06 WIB
Instagram

Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

  • 15 Mei 2022, 19:26 WIB
Kkaenip Kimchi

Resep Kkaennip Kimchi, Side Dish Daun Perilla yang Populer di Korea

  • 14 Mei 2022, 15:51 WIB
INDEKS