Logo
Hidup Minimalis
lifestyle
Plus Minus Gaya Hidup Minimalis dan Cara untuk Memulainya
Photo: pexels.com

ZIGI – Gaya hidup minimalis dewasa ini tengah menjadi tren di berbagai negara di belahan dunia tak terkecuali Indonesia. Banyak orang yang mulai mendambakan hidup nyaman tanpa terbebani berbagai macam barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Disadur dari situs Go Banking Rates, Rabu, 7 Juli 2021, hampir separuh orang yang disurvei YouGov America menganggap diri mereka minimalis atau menginginkan gaya hidup yang lebih minimalis. Jadi, sepertinya tidak ada salahnya buat kamu generasi milenial dan Gen Z untuk mempertimbangkan gaya hidup minimalis.

Tapi sebelum mempraktikkan opsi gaya hidup tersebut, yuk pahami dulu apa itu gaya hidup minimalis, plus dan minusnya, serta bagaimana cara memulainya.

Apa itu Hidup Minimalis?

Photo : pexels.com

Minimalisme adalah gaya hidup di mana seseorang memilih untuk memiliki barang-barang tertentu sesuai kebutuhannya dan melepaskan banyak kemewahan dunia, terutama kemewahan materi. Menurut The Minimalist, gaya hidup ini lebih mengutamakan pada pengalaman hidup, daripada kepemilikan, berfokus pada apa yang menambah nilai dalam hidup seseorang.

Meski hanya membeli barang-barang sesuai kebutuhan, gaya hidup minimalis bukan berarti memilih jalan kemiskinan. Sederhananya, minimalis berarti melepaskan hal-hal dalam hidup yang tidak terlalu berguna.

Keuntungan Gaya Hidup Minimalis

Photo : pexels.com

Sebagai sebuah gaya hidup, seseorang yang memilih untuk menjadi minimalis juga akan menghadapi plus-minusnya alias keuntungan dan kerugiannya. Nah kali ini, kita akan membahas keuntungan hidup minimalis terlebih dahulu sebelum mebahas kerugiannya.

1. Bisa Lebih Menghemat Uang

Manfaat yang satu ini adalah yang paling jelas karena jika kamu tidak membeli barang, tentu kamu akan memiliki lebih banyak uang yang bisa kamu tabung.

2. Lebih Banyak Waktu

Keuntungan berikutnya adalah ketika kamu hanya memiliki sedikit barang, maka kamu akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk merawatnya. Dengan cara ini, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk hal-hal lain yang lebih produktif.

3. Lebih Baik untuk Lingkungan

Lebih sedikit kamu membeli suatu kebutuhan maka akan sedikit limbah yang akan kamu buang. Oleh sebab itulah, seseorang yang menerapkan gaya hidup minimalis pasti dampaknya akan sampai pada lingkungan.

Cara sederhana untuk menerapkannya adalah belilah barang-barang berkualitas yang bisa tahan lama. Hal ini tentu akan berbeda apabila kamu beli barang sekali pakai yang bakal menimbulkan banyak sampah.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Ketika kamu memiliki lebih sedikit barang, maka tanggung jawab untuk merawatnya juga akan berkurang. Itu artinya, potensi kamu untuk mengalami stres akan berkurang sehingga kesehatan mental dapat terjaga.

Kekurangan Hidup Minimalis

Photo : pexels.com

Setelah mengetahui manfaat baiknya, kamu juga perlu mengetahui kekurangannya apabila kamu menerapkan gaya hidup minimalis. Apa saja? Simak terus ya.

1. Lebih Banyak Perencanaan

Memiliki hanya apa yang kamu butuhkan berarti menyadari apa yang akan kamu butuhkan di masa depan. Maka dari itu, buatlah perencanaan sematang mungkin ketika ingin membeli suatu barang terutama dengan mempertimbangkan kualitasnya.

2. Biaya Lebih Mahal

Hidup minimalis tapi lebih mahal? Eits jangan salah paham dulu ya guys. Sebab, maksud dari biaya lebih mahal di sini adalah ketika kamu membeli barang-barang yang berkualitas.

Semakin kamu ingin membeli barang yang berkualitas, tentu kamu harus siap merogoh kocek yang lebih dalam dong. Tapi tenang, karena umumnya barang berkualitas meskipun mahal akan lebih tahan lama sehingga kamu tidak perlu repot untuk membelinya berulang kali.

3. Siap-siap Menahan Emosi

Emosi dalam hidup minimalis adalah ketika kamu masih merasakan kecemburuan atau kerinduan saat melihat orang lain berbelanja. Ya, hidup minimalis memang menuntut seseorang yang mempraktikkannya agar mengerem nafsu untuk memiliki beragam barang sehingga kamu harus siap akan hal itu.

Bagaimana Memulai Gaya Hidup Minimalis

Photo : pexels.com

Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan gaya hidup minimalis dan ingin menerapkannya, bagaimana sih cara memulai gaya hidup minimalis?

Pertama kurangilah jumlah barang yang kamu miliki. Kamu, dapat membuang barang-barang yang kurang berguna dengan cara menyumbangkannya, atau bahkan menjualnya.

Kedua, berlatih untuk tidak membeli barang. Pelan-pelan saja kalau kamu ingin mengaplikasikan gaya hidup minimalis. Cobalah untuk satu minggu, satu bulan, atau bahkan satu tahun tanpa membeli suatu barang.

Jika kamu sudah terlatih, maka bisa dipastikan kamu akan terbiasa dengan gaya hidup minimalis. Tertarik untuk memulai?

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Ilustrasi menabung keuangan

8 Cara Menghemat Uang Bagi Milenial dan Gen Z

  • 06 Juli 2021, 06:34 WIB
Di bawah ini adalah sejumlah tips menghemat uang yang bisa kamu lakukan supaya kamu lebih bijak mengatur keuangan pribadimu.
Ilustrasi

Arti Generasi Sandwich Serta Cara Memutus Rantainya

  • 20 Juni 2021, 10:00 WIB
Generasi sandwich adalah orang dewasa yang harus bertanggungjawab membiayai dua generasi. Berikut cara memutus rantainya.
Ilustrasi Millenial

7 Ciri Milenial Gagal Mengelola Keuangan, Kamu Termasuk?

  • 08 Mei 2021, 18:12 WIB
Ciri-ciri kaum milenial gagal mengelola keuangan, mulai dari terjebak pada zona nyaman hingga memiliki gaya hidup dinamis.
Dhruv

Fakta Lirik Lagu Double Take - Dhruv dan Terjemahan, Viral di TikTok

  • 30 Juli 2021, 21:31 WIB
Fakta lirik lagu Double Take yang dinyanyikan Dhruv, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kini, viral di TikTok.
LiSa dan suzuki tatsuhisa

Suzuki Tatsuhisa Dikabarkan Selingkuhi LiSA, Penyanyi Demon Slayer

  • 30 Juli 2021, 21:30 WIB
Suami LiSA penyanyi lagu Gurenge OST Demon Slayer bernama Suzuki Tatsuhisa dikabarkan berselingkuh.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
Link nonton streaming drama Voice 4 episode 13 lengkap subtitle Indonesia lewat situs legal. Tayang Jumat, 30 Juli 2021.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS