Logo
Vaksin
  • Oleh Indriane

  • Jum'at, 18 Juni 2021 | 18:34 WIB
lifestyle
Penjelasan Vaksin AstraZeneca Aman untuk Gen Z dan Milenial
Photo: Katadata.co.id

ZIGI – Saat ini, vaksin AstraZeneca sudah digunakan di sejumlah wilayah Indonesia. Namun, banyak masyarakat yang khawatir apakah vaksin AstraZeneca aman digunakan untuk orang di bawah usia 30 tahun.

Secara eksklusif dr. Siti Nadia Tarmizi, juru bicara Vaksinasi Covid-19 mengungkapkan bahwa vaksin AZ aman untuk digunakan dan memenuhi syarat dari WHO. Ia juga menambahkan efektivitas vaksin dalam menangkal Covid-19. Seperti apa? Yuk simak artikelnya!

Amankah AstraZeneca Digunakan Orang di Bawah Usia 30 Tahun?

Photo : Katadata.co.id

Vaksin AstraZeneca aman digunakan bagi masyarakat yang telah berusia 18 tahun ke atas. Hal itu diungkap oleh dr. Siti Nada Tarmizi selaku juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI dalam wawancara bersama Katadata.co.id pada Jumat, 12 Juni 2021. Vaksin AstraZeneca telah digunakan hingga 171 negara di dunia dan telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUL) oleh WHO.

“Semua vaksin ini telah melewati berbagai uji klinis dan sudah dinyatakan aman. Jadi kita tidak perlu khawatir,” kata dr. Siti Nada Tarmizi dalam siaran langsung bertajuk ‘Amankah Vaksin AstraZeneca untuk Gen-Z dan Milenial?’.

Dr. Siti Nada Tarmizi juga menjelaskan bahwa efikasi vaksin AstraZeneca sebesar 62 persen. Artinya, vaksin tersebut memberikan proteksi terhadap penularan sampai dengan 62 persen dan disebut sudah cukup untuk memberikan perlindungan dari Covid-19.

“Perlindungan inilah yang umumnya kita dapatkan dari vaksin. Tapi, di masa pandemi terhadap penularan karena vaksin tidak bisa bekerja secara total jangan sampai virus itu bisa masuk ke tubuh kita atau tertular. Yang bisa mencegah untuk virus itu tidak masuk atau menular adalah 3M. Karena kan virus di luar nih, untuk masuk makanya kita halangi pakai masker. ” tutur dr. Siti Nada Tarmizi.

“Tapi antibodi dalam vaksin kan ada dalam tubuh kita, gak mungkin antibodi itu keluar melawan virus. Jadi dia baru akan bekerja optimal jika virus masuk ke kita, kita sudah punya antibodi yang bisa melawan virus tadi. Makanya seseorang masih sangat mungkin menjadi positif tapi gejalanya sangat ringan bahkan cenderung gak bergejala,” sambungnya.

Vaksin AstraZeneca Digunakan di 171 Negara

Photo : Instagram/@katadatacoid

Vaksin AstraZeneca telah digunakan hingga 171 negara sedangkan vaksin Sinovac digunakan di 30 negara. Mengenai efek samping atau batasan umur, rekomendasi dari WHO semua vaksin yang digunakan baik Sinovac, AstraZeneca atau Sinopharm semuanya sudah Emergency Use Listing (EUL). Dalam standar WHO untuk vaksin AstraZeneca digunakan di atas usia 18 tahun.

“Di atas usia 18 tahun tetap bisa menggunakan vaksin AstraZeneca. Tapi memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya kalau ada penyakit yang berhubungan dengan kekentalan darah, kelainan darah. Nah itu harus segera disampaikan pada saat screening, karena kemungkinan mereka akan ditunda pemberian vaksin dengan menggunakan AstraZeneca karena ada faktor risiko. Tapi secara umum usia di atas 18 tahun itu aman menggunakan vaksin AstraZeneca,” kata dr. Siti Nada Tarmizi.

Efek Samping Lebih Berasa untuk Gen-Z dan Milenial?

Photo : Katadata.co.id

Diketahui bahwa vaksin AstraZeneca efektif untuk orang lanjut usia (lansia). Namun, dr. Siti Nada mengatakan bahwa efektivitas vaksin AstraZeneca juga sama untuk usia di bawah 30 tahun. 

“Memang ada satu jurnal yang mengatakan bahwa usia di bawah 30 tahun efek samping AstraZeneca itu jauh lebih besar dibandingkan dengan di atas 30 tahun. Tetapi sampai saat ini, rekomendasi dari ITAGI dan BPOM itu masih kita gunakan untuk memberikan vaksinasi di atas 18 tahun,” tutur dr. Siti Nada Tarmizi.

“Saya ingin menyampaikan bahwa pemerintah itu sudah mengkaji. Kita mengkaji itu bersama BPOM yang merupakan institusi yang memastikan dan organisasi yang memang ahlinya. Jadi tidak perlu takut walaupun ada informasi seperti itu. Nah kita tunggu saja pemerintah memutuskan. Bukan pemerintah tidak ada dasarnya ya, coba lihat indikasi penggunaan untuk AstraZeneca yang dikeluarkan WHO itu tetap di atas 18 tahun,” sambungnya.

Penggunaan Vaksin AstraZeneca tetap terus berjalan dikarenakan vaksinasi Covid-19 membawa manfaat lebih besar. dr. Siti Nada Tarmizi menegaskan bahwa vaksin AstraZeneca aman digunakan oleh Gen Z dan milenial.

  • Editor: Indriane
Recommended
Indra Rudiansyah

Indra Rudiansyah, Mahasiswa Indonesia di Balik Vaksin AstraZeneca

  • 21 Juli 2021, 21:29 WIB
Mengenal sosok Indra Rudiansyah, mahasiswa peraih beasiswa LPDP ikut andil dalam penelitian vaksin AstraZeneca di Inggris.
Hani EXID

Kronologi Hani EXID Positif Covid-19, Tengah Syuting Drama Baru

  • 20 Juli 2021, 11:23 WIB
Hani EXID positif Covid-19. Diketahui tertular dari seorang staf terdekat dan tengah menjalani syuting drama Idol: The Coup.
Minhyuk BTOB

Kronologi Minhyuk BTOB Positif Covid-19, Tertular dari Guru Vokal

  • 17 Juli 2021, 14:48 WIB
Minhyuk BTOB dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya negatif. Minhyuk diduga tertular dari guru vokalnya.
So junghwan dan doyoung treasure

So Junghwan TREASURE Positif Covid-19 Setelah Doyoung

  • 16 Juli 2021, 15:42 WIB
So Junghwan TREASURE positif Covid-19. Sang maknae yang dijuluki Super King Cow Baby dinyatakan positif setelah Kim Doyoung.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
TikTok

TikTok Sound Disalahgunakan untuk Disinformasi Vaksin Covid-19

  • 15 Juli 2021, 10:32 WIB
TikTok Sound, fitur ini disalahgunakan oleh sejumlah oknum untuk mencegah banyak orang untuk vaksin Covid-19.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS