Logo
Membaca Buku
lifestyle
Mengenal Book Shaming, Perilaku Berbahaya yang Patut Dihindari
Photo: pexels.com

ZIGI – Istilah book shaming semakin sering terdengar seiring bertambahnya penulis baru. Sama halnya dengan body shaming, book shaming juga memiliki dampak buruk bagi si penulis dan dapat membunuh literasi.

Salah satu contoh book shaming adalah memandang rendah buku dari genre yang menurutmu tidak layak untuk dibaca. Nah kali ini, kita akan belajar lebih jauh tentang apa itu book shaming dan mengapa harus dihindari. So, biar kamu terhindar dari praktik book shaming yang merugikan, yuk simak terus artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Book Shaming?

Photo : pexels.com

Book shaming adalah tindakan seseorang ketika mengomentari jenis buku yang dibaca orang lain dengan nada menghina, menyudutkan, atau merendahkan. Biasanya seseorang yang melakukan book shaming akan merasa buku bacaannya lebih berbobot ketimbang orang lain. Atau bisa juga seseorang mengejek buku bacaan orang lain hanya karena ia tidak suka secara pribadi dengan penulis buku tersebut.

Akibatnya, seseorang yang menjadi korban book shaming akan merasa tertekan dan merasa tidak merdeka lagi dalam membaca. Pembaca yang baik tentu akan mampu memahami bagus tidaknya sebuah buku, bukan malah menjelek-jelekkannya.

Contoh Perilaku Book Shaming

Photo : pexels.com

Terdapat berbagai macam perilaku yang tanpa kita sadari adalah suatu bentuk aktivitas book shaming. Berikut ini adalah contoh-contoh book shaming yang sering terjadi di masyarakat.

1.Merendahkan Genre Suatu Buku

Di dunia ini ada banyak sekali genre buku baik fiksi maupun non fiksi seperti buku bertema cinta, politik, sosial, sejarah, agama dan yang lainnya. Sayangnya, masih banyak di antara kita yang sering merendahkan genre buku tertentu bahkan sampai menilainya tidak layak untuk dibaca.

Misalnya, seseorang menganggap novel remaja tentang percintaan tidak ada gunanya karena dianggap hanya berisi hal-hal yang receh.

2.Merasa Buku Bacaannya Paling Keren

Tidak jarang seseorang yang membaca buku-buku berat seperti politik, hukum, sejarah dan lainnya merasa dirinya sudah paling keren hingga memandang remeh bacaah orang lain. Sebagai contoh, seseorang yang sering membaca buku berat enggan diajak berdiskusi dengan temannya hanya gara-gara temannya itu suka membaca komik. Jelas, hal yang satu ini sudah termasuk book shaming.

3.Menilai Buku dari Penulisnya

Kemudian ada pula golongan pembaca yang terlalu mengagungkan penulis favorit. Disadari atau tidak, justru hal seperti ini sudah termasuk book shaming. Biasanya, seseorang yang terlalu mendewakan penulis favorit akan memandang remeh buku-buku yang ditulis oleh penulis lainnya. Padahal sebagai seorang pembaca yang baik, seharusnya bersedia membuka pikiran dan wawasan seluas-luasnya dari sumber manapun.

Hakikat Membaca Buku

Photo : pexels.com

Mengutip dari laman Patjar Merah, Kamis, 8 Juli 2021, membaca buku jenis apa pun adalah sesuatu yang baik dan menghargai apa yang menjadi pilihan bacaan orang lain adalah bentuk keadilan dalam berpikir. 

Oleh sebab itu, bacalah buku yang kamu sukai, yang mampu membuatmu senang hingga kamu mendapatkan beragam ilmu pengetahuan dari buku. Janganlah minder dengan penilaian orang lain sebab pada dasarnya semua buku penting untuk dibaca. 

Dampak Buruk Book Shaming

Photo : pexels.com

Sebenarnya ada banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari perilaku book shaming. Namun, di bawah ini adalah dampak buruk book shaming secara umum.

1.Membunuh Literasi

Tentu saja dampak paling berbahaya dari book shaming adalah matinya literasi. Berdasarkan survei PISA (Programme for International Student Assessmen) yang dirilis OECD pada 2019, tingkat literasi Indonesia berada di peringkat 10 terbawah dari 70 negara di dunia. Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang saling mendukung terhadap bacaannya masing-masing sehingga iklim semangat membaca akan semakin meningkat.

2.Tidak Menghargai Penulis

Selanjutnya, book shaming dapat berdampak pada penulisnya. Bukan sesuatu yang mudah lho untuk menulis sebuah buku. Hargai para penulis buku dengan membacanya tanpa harus merendahkan hasil pemikirannya.

Sudah paham tentang book shaming? Jika kamu pernah melakukan tindakan seperti yang telah disebutkan tadi, yuk mulai berhenti menghina dan menyudutkan buku bacaan orang lain!

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Dhruv

Fakta Lirik Lagu Double Take - Dhruv dan Terjemahan, Viral di TikTok

  • 30 Juli 2021, 21:31 WIB
Fakta lirik lagu Double Take yang dinyanyikan Dhruv, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kini, viral di TikTok.
LiSa dan suzuki tatsuhisa

Suzuki Tatsuhisa Dikabarkan Selingkuhi LiSA, Penyanyi Demon Slayer

  • 30 Juli 2021, 21:30 WIB
Suami LiSA penyanyi lagu Gurenge OST Demon Slayer bernama Suzuki Tatsuhisa dikabarkan berselingkuh.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
Link nonton streaming drama Voice 4 episode 13 lengkap subtitle Indonesia lewat situs legal. Tayang Jumat, 30 Juli 2021.
Irzan Faiq

Profil dan Biodata Irzan Faiq: Agama, Tanggal Lahir Sampai Pacar

  • 30 Juli 2021, 20:05 WIB
Berikut ini profil dan biodata Irzan Faiq, cowok yang diduga pacar Prilly Latuconsina lengkap dengan agama dan pendidikan.
Antares

Spoiler Serial Antares Episode 2, Ares Mulai Suka Sama Zea?

  • 30 Juli 2021, 19:49 WIB
Review episode 1 dan spoiler Antares episode 2, Zea (Beby Tsabina) diam-diam menyelidiki Ares (Angga Yunanda).
Summerlane antares

Arti Lirik Lagu Move Along - Summerlane OST Antares dan Terjemahan

  • 30 Juli 2021, 18:53 WIB
Terjemahan Lirik lagu Move Along dari band Summerlane yang merupakan original soundtrack (OST) serial Antares di WeTV.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS