Logo
Poster UI
lifestyle
Kritik dan Saran untuk Poster Sambutan Maba SBMPTN UI 2021
Photo: Twitter/@univ_indonesia

ZIGI – Salah satu perguruan tinggi Negeri terbaik, UI (Universitas Indonesia), menjadi bahan tertawaan di Twitter akibat desain poster penyambutan mahasiswa baru (Maba) yang lolos SBMPTN 2021.

Buntut dari unggahan poster tersebut, kata ‘sekelas UI’ menjadi trending topik di Twitter hari ini, Selasa, 15 Juni 2021. Poster yang diunggah oleh akun Twitter resmi @univ_indonesia tersebut kini viral dan disamakan dengan poster sinetron.

Corporate Visual Director Katadata Media Networks, Lambok E. Martin Hutabarat ikut memberikan kritik dan saran bagi desainer poster penyambutan Maba UI tersebut. Yuk simak berita selengkapnya!

Diunggah Akun Resmi UI

Photo : Twitter/@univ_indonesia

Akun Twitter resmi Universitas Indonesia membuat sebuah postingan yang dimaksudkan untuk menyambut Maba setelah pengumuman SBMPTN 2021. Namun poster yang dipublikasikan di akun @univ_Indonesia dengan 1,2 juta followers malah jadi bahan olok-olok.

"Selamat bagi calon Mahasiswa Baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN. Bagi kamu yang belum berhasil, tidak perlu kecewa karena masih ada jalur SIMAK UI. Yuk, bisa yuk! Ikuti dan pantau akun Media Sosial Resmi UI untuk mendapatkan informasi resmi penerimaan mahasiswa baru," demikian dikutip dari akun Twitter @univ_indonesia, Selasa, 15 Juni 2021.

Saat artikel ini dibuat, unggahan tersebut telah mendapat lebih dari 2000 lebih komentar di mana mayoritas mengkritik desainnya. Kebanyakan warganet menyayangkan kampus sekelas UI membuat desain yang kurang menarik.

"Kenapa desainnya kayak orang mau masuk surga sih," celetuk warganet dengan nama akun @bayuadhytia.

"Saya yakin desain ini menyiratkan pesan agar selalu bermimpi setinggi langit, dan selalu berusaha menggapainya hingga nyawa kalian ikut naik ke langit," timpal warganet lainnya @eghiize.

"Maaf ya...sekelas UI yg kampus terbaik di negara ini ternyata masih belum profesional...makanya pendidikan di negara ini semakin merosot," sahut akun @bagusirawan.

Kritik dan Saran

Photo : Twitter

Lambok E. Martin Hutabarat selaku Corporate Visual Director Katadata Media Networks, memberikan kritik dan masukan. Yang pertama, pemilihan huruf yang digunakan lebih cocok untuk desain majalah dinding di SMA bukan publikasi eksternal.

“Untuk poster resmi dengan logo UI di atasnya, lebih baik pakai huruf resmi institusi (corporate font) dari UI. Seharusnya punya, ya. Kalau tidak punya, mending samakan saja dengan huruf “Kampus Merdeka” di pojok kanan atas,” ungkapnya pada Selasa, 15 Juni 2021.

Kedua, konsep poster kurang menarik karena tidak menjual ide cerita. Hanya kolase potongan foto mahasiswa dan mahasiswi yang kualitas fotonya pun berbeda-beda. Persis seperti mading SMA.

Padahal, di zaman sekarang dimana semua orang bisa jadi konten kreator, kamu seharusnya bisa menjual ide cerita yang menarik. Bakal lebih baik kalau gambar utama yang digunakan adalah sekelompok mahasiswa UI yang sedang bergerak, sebagaimana gaya hidup generasi Z dalam tatanan sosial yang cepat berubah.

“Jadi kata kunci ‘bergerak’ adalah sebuah keniscayaan. Jangan statis begini. Ingat, kamu sudah memproklamirkan kampusmu sebagai ‘kampus merdeka’. Mustinya bisa analogi kata ‘merdeka’ bisa terasa kental di sini,” lanjut pria yang sudah bergelut di bidang desain selama hampir 16 tahun ini.

Kalau ada hal yang patut diapresiasi dalam desain poster penyambutan Maba UI 2021, adalah tata letak (layout) yang lumayan rapih. Tidak spesial, hanya rapih saja. Info kontak dan sosial media di bagian bawah lebih baik ikut rata tengah agar lebih rapih lagi.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Maudy ayunda

4 Curhatan Maudy Ayunda, Sempat Minder Kuliah di Stanford University

  • 23 Juli 2021, 15:00 WIB
Maudy Ayunda mengungkapkan perjuangan kuliah S2 di Stanford University, sempat minder dan jadi lebih sibuk karena double degree.
Imam Nuryaman

Imam Nuryaman, Mahasiswa Berprestasi IPB University 2021

  • 22 Juli 2021, 14:01 WIB
Kenal lebih dekat Imam Nuryaman, mahasiswa berprestasi IPB University 2021 asal Tasikmalaya, Jawa Barat.
Kjp

Cara Mengecek KJP Plus Tahap 1 dan KJMU 2021

  • 09 Juli 2021, 15:48 WIB
Informasi lengkap mengenai KJP Plus dan KJMU 2021 untuk pelajar SD, SMP, SMA/Sederajat hingga mahasiswa.
Beasiswa Unggulan 2021

Cara Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021 Jenjang S1, S2, S3

  • 01 Juli 2021, 17:24 WIB
Syarat dan cara daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021. Pendaftaran mulai dibuka 1 Juli 2021 hingga 15 Agustus 2021.
Mahasiswa UGM

Survei KIC: Jurusan Teknik Paling Diminati Calon Mahasiswa

  • 21 Juni 2021, 15:11 WIB
Hasil survei Katadata Insight Center dan aplikasi Aku Pintar, jurusan Teknik paling diminati karena peluang kerja setelah lulus.
JFLS 2021

Syarat dan Cara Daftar Jabar Future Leaders Scholarship 2021

  • 21 Juni 2021, 09:46 WIB
Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship telah dibuka mulai 17 Juni sampai 17 Juli 2021, berikut syarat dan cara pendaftaran
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS