Kebijakan Elon Musk, Akun Twitter Centang Biru Bakal Bayar Rp312 Ribu - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Elon Musk
lifestyle
Elon Musk
Photo: Fox Business
Elon Musk

ZIGI – Usai memiliki Twitter secara resmi, Elon Musk berencana mengubah akun yang sudah terverifikasi alias centang biru akan dikenakan biaya tiap bulannya. Kabar ini disampaikan oleh CEO Tesla tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

Perombakan terkait akun terverifikasi bakal bayar bulannya ini menjadi langkah pertama Elon Musk memimpin Twitter. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Aksi Elon Musk Pecat Para Petinggi Twitter Usai Resmi Akuisisi

Elon Musk Berlakukan Twitter Bayar

Elon Musk
Photo : Reuters.com
Elon Musk

Pemilik baru Twitter, Elon Musk berencana untuk melakukan perubahan di perusahaan. Langkah pertama yang bakal diubah adalah akun-akun Twitter yang sudah terverifikasi atau centang biru. Akun tersebut nantinya akan masuk ke dalam Twitter Blue yang sudah diluncurkan 2021 lalu.

Melansir dari The Verge, Twitter Blue sebelumnya dikenakan biaya US$ 4,99 (Rp77 ribu) per bulan untuk fitur tambahan. Elon Musk kini merubah biaya langganan tersebut menjadi US$ 19,99 (Rp312 ribu) per bulan.

Saat ini, bagi pelanggan Twitter Blue diberikan tenggah waktu selama 90 hari dan apabila tidak membayar biaya langganan maka akan kehilangan centang biru.

Sementara pada hari Minggu, 30 Oktober 2022 waktu setempat, Elon Musk telah memberitahu kepada karyawannya terkait perubahan ini. Mereka diberikan deadline untuk menyelesaikan proyek terbaru ini sampai 7 November mendatang.

Apabila karyawan tidak menyelesaikan proyek pertamanya, Elon Musk menegaskan akan memecat mereka. Perubahan ini juga disampaikan ayah 10 anak ini melalui akun Twitternya baru-baru ini.

Seluruh proses verfiikasi sedang diubah sekarang,” tulis Elon Musk dikutip Zigi.id dari Twitter @elonmusk pada Senin, 31 Oktober 2022.

Twitter Blue sendiri menawarkan fitur ekslusif untuk memberikan pengalaman menarik bagi pengguna. Salah satu fitur yang bakal ada di Twitter Blue adalah opsi untuk mengedit tweet

Elon Musk Bentuk Dewan Khusus Twitter

Elon Musk
Photo : Reuters.com
Elon Musk

Perubahan benar-benar dilakukan oleh Elon Musk. Pria kelahiran Afrika Selatan ini berencana untuk membentuk dewan khusus perusahaan. Tugas mereka nantinya bakal melakukan moderasi konten di Twitter.

Saat ini, dewan khusus tersebut masih dalam tahap perancangan sehingga Twitter belum mengalami perubahan dalam segi moderasi konten. Namun pria berusia 51 tahun ini belum mengungkapkan secara detail terkait moderasi konten yang dimaksudkan.

Elon Musk menyebutkan moderasi konten Twitter yang sekarang ini kurang memuaskan sehingga ia berencana untuk membuat dewan khusus.

Terkait moderasi konten, salah satu media sosial yang mendirikan dewan khusus adalah Meta. Dewan khusus ini bekerja sebagai organisasi independen yang mengatur moderasi konten Facebook.

Perubahan pertama yang dilakukan Elon Musk saat ini adalah masalah akun terverifikasi yang nantinya bakal masuk ke Twitter Blue dan dibebankan biaya sekitar Rp312 ribu. 

Baca Juga: Elon Musk Tiba-tiba Bawa Wastafel Saat Kunjungi Kantor Twitter

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Siap Bentuk Tim Teknik, Elon Musk Singgung Indonesia di Rapat Twitter

  • 23 November 2022, 17:30 WIB
Rapat bersama karyawan, Elon Musk sebut Indonesia menjadi salah satu negara untuk penempatan tim teknik Twitter.

5 Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter

  • 19 November 2022, 15:00 WIB
Elon Musk keluarkan kebijakan baru membuat pengguna beralih ke aplikasi lain, Mastodon hingga Bluesky ramai diperbincangkan.

Ratusan Karyawan Resign Gara-gara Elon Musk, Kantor Twitter Tutup

  • 18 November 2022, 12:06 WIB
Elon Musk tuntut karyawan kerja lebih keras, banyak yang keluar hingga kantor Twitter ditutup sampai Senin, 21 November 2022.

Bicara di B20 Summit, Elon Musk Beri Pesan untuk Mahasiswa Indonesia

  • 14 November 2022, 17:09 WIB
Elon Musk isi B20 Summit yang digelar di Bali pada 14 November 2022, ingatkan mahasiswa untuk memiliki rasa keingintahuan.

Elon Musk Dituntut Mangaka Rp15 Triliun Gara-gara Meme

  • 11 November 2022, 13:33 WIB
Mangaka Kentaro Sato gugat Elon Musk senilai Rp 15,5 triliun karena menggunakan gambar tanpa izin yang diunggah pada Maret 2022.

4 Fakta Mastodon, Media Sosial yang Mirip dengan Twitter

  • 10 November 2022, 18:19 WIB
Aplikasi Mastodon merupakan karya programmer asal Jerman, media sosial ini punya beberapa fitur mirip Twitter.
The Latest
Balenciaga

4 Fakta Iklan Terbaru Balenciaga Tuai Kontroversi, Dikecam Bella Hadid

  • 29 November 2022, 11:18 WIB
Teknologi Canggih di Piala Dunia 2022

4 Teknologi Canggih Diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar

  • 28 November 2022, 19:04 WIB
Pertamina Eco RunFest 2022

Pertamina Eco RunFest 2022 Digelar Besok, Diikuti Baim Wong dan Andien

  • 26 November 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi kecantikan

8 Manfaat Pemakaian Sunscreen, Bisa Cegah Penuaan Dini pada Wajah

  • 25 November 2022, 07:00 WIB
Mark Zuckerberg

Meta Bantah Mark Zuckerberg Bakal Mengundurkan Diri dari CEO

  • 24 November 2022, 17:22 WIB
INDEKS