Logo
Spotify Greenroom
lifestyle
Jadi Kreator di Spotify Greenroom Bisa Dapat Uang
Photo: Situs resmi Spotify

ZIGI – Spotify secara resmi meluncurkan aplikasi live audio atau audio langsung, yaitu Spotify Greenroom. Aplikasi audio sosial ini seperti halnya Clubhouse dan Twitter Spaces, yang dirancang sebagai wadah berdiskusi lisan secara virtual.

Dimana penggunanya dapat mengadakan pecakapan untuk mendiskusikan beragam topik secara virtual dan langsung (live). Spotify Greenroom dapat digunakan siapa saja yang ingin mencobanya. 

Menariknya, jadi kreator di Spotify Greenroom bisa bisa dibayar melalui fitur Creator Fund lho. Namun sejauh ini hanya kreator di Amerika Serikat yang bisa digaji. Yuk simak selengkapnya!

Apa itu Spotify Greenroom?

Photo : Situs resmi Spotify

Dilansir dari situs resmi Spotify, Greenroom adalah aplikasi audio sosial yang diluncurkan oleh Spotify untuk penggunanya dapat berdiskusi secara langsung melalui ruang virtual. Penggunanya pun dapat mendengarkan dan berbicara tentang topik yang diminati. 

Greenroom juga mendukung para pembuat konten untuk komunitas yang mereka bangun. Untuk menghargai para konten kreator, Greenroom akan memberikan uang melalui fitur Creator Fund. Pembayaran yang didapatkan berdasarkan berapa banyak orang yang mendengarkan konten tersebut. Distribusi konten akan dihitung setiap minggunya. 

Sebelumnya, nama Greenroom adalah Locker Room yang dikembangkan oleh Betty Labs. Locker Room adalah platform sosial khusus undangan yang ditujukan untuk penggemar olahraga. Namun, Spotify mengakuisisi Locker Room, untuk tujuan memperluas akomodasi penggemar musik. Setelah diakuisisi, nama Locker Room berubah menjadi Greenroom. Aplikasi Greenroom telah dirilis ke lebih dari 135 pasar di seluruh dunia. 

Cara bergabung Spotify Greenroom

Photo : Situs resmi Spotify

Ingin bergabung Spotify Greenroom? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Greenroom melalui Apple Store atau Google Play Store. Jika penggunanya telah memiliki akun Spotify, penggunanya dapat langsung log in Greenroom menggunakan akun Spotify atau dengan klik tombol ‘continue with spotify.’

Jika kamu tak memiliki akun Spotify, penggunanya hanya mengunduh aplikasi kemudian klik tombol ‘sign up’. Selain itu, pengguna dapat bergabung melalui situs resmi dengan cara klik link di sini

Fitur Greenroom

Photo : Situs resmi Spotify

Setelah Locker Room diakuisisi oleh Spotify menjadi Greenroom, terdapat beberapa fitur baru bagi kenyamanan penggunanya. Penasaran apa saja fitur Greenroom? Berikut fiturnya:
1. Host dapat merekam obrolan di room
2. Pengguna dapat mempublikasikan live audio ke dalam podcast
3. Pengguna dapat bergabung Greenroom melalui akun Spotify yang telah dimiliki
4. Pengguna dapat menyimpan rekaman asli
5. Terdapat kontrol obrolan saat peluncuran
6. Bergabung dengan ruang dan membuat ruang

Creator Fund

Photo : Greenroomcreatorfund

Creator Fund adalah cara para kreator untuk mendapatkan imbalan atas karya yang telah dibuat di Greenroom. Pembayaran konten yang telah dibuat, akan dihitung setiap minggunya berdasarkan sejumlah faktor seperti jumlah konten yang dibuat dan orang yang mendengar konten tersebut.

Setiap minggunya, kreator akan memperoleh dana tanpa batasan. Namun, Spotify akan memilih siapa saja kreator yang memang pantas danberhak mendapatkan bayaran. Pihak Spotify akan menghubungi kreator yang akan menerima pembayaran. Sayangnya, sejauh ini creator fund hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang tinggal di Amerika Serikat. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
BTS - Kanye West

Lewati Kanye West, BTS Artis ke-11 Paling Banyak Diputar di Spotify

  • 07 Juni 2021, 09:53 WIB
BTS berhasil melewati Kanye West, sebagai artis yang lagunya paling banyak diputar di Spotify. Kini menduduki peringkat ke-11.
Stromae

5 Fakta Lagu Alors On Danse - Stromae, Lirik dan Terjemahan

  • 25 Juli 2021, 17:50 WIB
Lirik lagu Alors On Danse milik Stromae lengkap terjemahan bahasa Prancis dan Indonesia. Kini tengah viral di TikTok.
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Film Selesai dibintangi Gading Marten, Ariel Tatum, Anya Geraldine akan tayang di situs Bioskop Online. Sinopsis bahas percintaan.
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Drama Extraordinary You mulai tayang di NET TV per Minggu, 25 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. Daftar pemain hingga sinopsis cerita.
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Tinggi dan berat badan Jeon Somi jadi perbincangan di Twitter. Padahal Jeon Somi rajin olahraga dan sangat suka makan.
Emil Mario

Profil, Biodata, Agama, Emil Mario Lengkap Tanggal Lahir

  • 25 Juli 2021, 12:25 WIB
Profil, biodata, agama, tanggal lahir Emil Mario. TikTokers yang sering viral kini sudah miliki lebih dari 5,1 juta pengikut.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS