Logo
Instagram
lifestyle
Instagram Umumkan Berubah Jadi Aplikasi Berbagi Video dan Belanja
Photo: CNET

ZIGI – Aplikasi Instagram baru-baru ini memberikan kabar mengejutkan karena sebentar lagi tidak akan berfokus pada foto melainkan video. Pernyataan tersebut belum lama ini disampaikan Bos Instagram Adam Mosseri yang menjelaskan melalui akun Twitter miliknya.

Beralihnya Instagram ke konten video dikatakannya sebagai sebuah inovasi agar tetap bisa bersaing dengan TikTok dan YouTube. Lalu seperti apa penjelasan Adam Mosseri tersebut? Akankah para fotografer yang selama ini menjadikan Instagram akan mulai terancam eksistensinya? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini sampai habis.

Mengikuti Tren

Photo : Istimewa

Adam Mosseri mengungkapkan bahwa Instagram akan berubah fokus pada video. Hal itu lantaran Instagram tak ingin kalah saing dengan TikTok dan YouTube namun tetap bisa memuaskan para penggunanya.

Perubahan akan datang ke video di Instagram. Di Instagram, kami selalu berusaha membuat fitur baru yang membantu kalian (pengguna) memperoleh hasil maksimal dari pengalaman kalian. Saat ini kami fokus pada empat bidang utama: Kreator, Video, Belanja, dan Perpesanan,” tulis Mosseri di akun Twitternya dikutip Zigi.id, Senin, 5 Juli 2021.

Diketahui, Instagram akan mulai menguji fitur video baru selama beberapa bulan mendatang di mana pengujian kemungkinan akan memakan waktu antara enam dan 12 bulan. Mosseri menegaskan, pihaknya akan tetap transparan mengenai apa saja tentang proses pengujian tersebut.

"Kami bukan lagi aplikasi berbagi foto. Aplikasi berbagi video kini berkembang pesat dan Instagram akan menyesuaikan pada tren itu," tegas Mosseri dalam penjabarannya.

Instagram Reels yang Menyerupai TikTok

Photo : CNET

Salah satu langkah yang diambil Instagram dalam peralihannya menjadi media sosial berbasis video adalah dengan meluncurkan fitur Reels. Fitur ini pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Instagram pada 5 Agustus 2020 lalu dan secara bertahap bisa digunakan oleh penggunanya di seluruh dunia.

Di Indonesia, pengguna Instagram sudah bisa berkarya dengan fitur Reels terhitung sejak akhir Juni 2021 kemarin. Reels memungkinkan pengguna untuk merekam video hingga 15 detik dan menambahkan musik yang populer, berbagi filter dan sejumlah efek di atasnya.

Nah, buat kamu pengguna TikTok, mungkin akan sedikit terkejut melihat fitur Reels dari Instagram yang belum lama ini bisa digunakan. Pasalnya, fitur Reels yang berbasis video di Instagram benar-benar sangat mirip dengan TikTok.

Nantinya, pengguna Instagram bisa menggunakan fitur ini untuk meningkatkan jumlah pengikut karena Instagram memberikan tempat tersendiri khusus Reels di aplikasinya. Bagaimana menurutmu, apakah masih setia berbagi foto di Instagram?

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Twice what is love

Arti Lirik Lagu What is Love - TWICE yang Viral di TikTok

  • 24 Juli 2021, 14:18 WIB
'I wanna know, know, know, know, what is love?' lirik lagu What is Love milik TWICE yang dirilis pada 9 April 2018 kini viral.
Tim schaecker

Profil dan Biodata Tim Schaecker, TikTokers Jerman Viral di Indonesia

  • 23 Juli 2021, 17:02 WIB
Biodata lengkap Tim Schaecker, artis TikTok tampan yang buat konten bareng temannya viral di Indonesia.
Billy martono

6 Aksi 'Sultan' Billy Martono, Viral Bersepeda di Dalam Rumah

  • 23 Juli 2021, 13:33 WIB
Deretan aksi 'Sultan' Billy Martono, bagi-bagi beras di jalanan hingga bersepeda di dalam rumah yang mewah.
Doja cat need to know

Fakta dan Lirik Lagu I Need to Know - Doja Cat, Viral di TikTok

  • 19 Juli 2021, 19:05 WIB
Lagu baru Doja Cat berjudul I Need to Know viral di TikTok, ini fakta-faktanya lengkap dengan lirik lagu.
The ash Lad in the hall of the mountain king

Link Nonton Film The Ash Lad: In the Hall of the Mountain King

  • 18 Juli 2021, 11:15 WIB
Sinopsis dan link nonton film The Ash Lad: In the Hall of the Mountain King yang kini viral di TikTok. Raup box office Rp61 miliar
TikTok

TikTok Sound Disalahgunakan untuk Disinformasi Vaksin Covid-19

  • 15 Juli 2021, 10:32 WIB
TikTok Sound, fitur ini disalahgunakan oleh sejumlah oknum untuk mencegah banyak orang untuk vaksin Covid-19.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS