Instagram Bantah Rumor Bagikan Lokasi Pengguna ke Followers Lain - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi Instagram
lifestyle
Ilustrasi Instagram
Photo: Berbagai Sumber
Ilustrasi Instagram

ZIGI – Belum lama ini beredar jika pembaruan iOS terbaru mengizinkan lokasi seseorang dapat diketahui melalui Instagram. Sebelum kabar tersebut meluas, CEO Instagram, Adam Mosseri mengklairifikasi melalui akun media sosialnya.

Dengan kemunculan kabar tersebut, banyak pengguna Instagram menonaktifkan lokasi mereka. Benarkah Instagram menyebarkan lokasi pengguna kepada pengikutnya? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Instagram Stories Punya Fitur Baru Caption Otomatis, Gini Caranya

Adam Mosseri Bantah Instagram Bagikan Lokasi Pengguna

Tanggapan Instagram
Photo : Twitter
Tanggapan Instagram

Media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan kabar Instagram membagikan lokasi pengguna kepada pengikutnya. Tentu saja ini membuat kekhawatiran pengguna karena menyangkut privasi mereka. Namun, Adam Mosseri selaku bos Instagram membantah tudingan tersebut.

Aku harus membagikan ini. Untuk klarifikasi, layanan lokasi adalah pengaturan layanan di ponsel kalian bukan sebuah fitur baru dari Instagram. Fungsinya hampir sama dengan tag lokasi. Kami tidak membagikan lokasi Anda kepada orang lain,” tulis Adam Mosseri dikutip dari akun Twitternya, @mosseri pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Bantahan Adam Mosseri ini juga dikuatkan dengan pernyataan resmi Instagram yang menjelaskan bahwa perangkat lokasi Instagram untuk fitur tag lokasi dan fitur tersebut tidak menyebarkan lokasi pengguna.

Untuk lebih jelasnya, kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain. Serupa dengan perusahaan media sosial lainnya, kami menggunakan lokasi untuk hal-hal seperti tag lokasi dan fitur peta," tulis Instagram.

Lebih lanjut, Instagram hanya akan menandai lokasi pengguna apabila pengguna tersebut membagikan informasi tersebut di media sosialnya.

Orang-orang dapat mengelola layanan lokasi melalui pengaturan perangkat mereka dan menandai lokasi di pos mereka jika mereka ingin membagikan informasi itu,” lanjutnya.

Awal Mula Rumor Instagram Bagikan Lokasi Pengguna

Rumor Instagram bagikan lokasi pengguna
Photo : Instagram/@myanichol
Rumor Instagram bagikan lokasi pengguna

Rumor mengenai Instagram membagikan lokasi pengguna pertama kali diunggah oleh akun @myanichol. Tidak butuh waktu yang lama, unggahan tersebut langsung viral dan ramai diperbicangkan di Instagram. 

Bahkan unggahan tersebut sudah menerima ratusan ribu suka dan komentar. Dalam unggahan tersebut, pengguna akun @myanichol mengklaim, “Jika Anda memiliki iPhone, Instagram untuk iOS membagikan lokasi persis kepada pengikut Anda saat Anda menandai lokasi di postingan atau cerita,”.

Bahkan unggahan tersebut juga mengatakan, “Diduga ada penguntit dan penjahat yang menggunakan fitur ini untuk menemukan orang dan membobol rumah dan mobil,”.

Setelah unggahan tersebut ramai menjadi perbincangan, pihak Instagram langsung berkomentar di unggahan pengguna @myanichol tersebut. Dalam komentar itu, Instagram menegaskan tidak membagikan informasi lokasi pengguna kepada pengikutnya.

Hingga saat ini, pengguna @myanichol masih mempertahankan unggahannya yang viral. Namun pemilik akun mengganti informasi di caption dan mengklarifikasi atas tudingan Instagram membagikan lokasi pengguna kepada pengikut.

Saya tidak mengklaim bahwa pelacakan lokasi adalah fitur baru tetapi ‘lokasi pasti’ adalah kemampuan untuk mengontrol pengaturan lokasi di ponsel Anda (sekali lagi, ini bukan fitur spesifik Instagram),” tulis pengguna akun @myanichol.

Pengguna Instagram tersebut kembali menegaskan bahwa pelacakan lokasi terjadi di ponsel bukan di media sosial Instagram. Bahkan pelacakan lokasi bukan hanya berlaku pada iPhone melainkan juga berbagai tipe ponsel.

1. Ini adalah pengaturan ponsel Anda bukan di Instagram. 2. Ini juga berlaku untuk Facebook, Snapchat, WhatsApp, Pinterest dan banyak lagi. 3. Ini juga berlaku untuk ponsel lain bukan hanya iPhone,” lanjutnya.

Kepala perusahaan Instagram Adam Mosseri langsung membantah tudaingan bahwa pihaknya membagikan lokasi pengguna kepada pengikutnya.

Baca Juga: Waspada! Challenge Instagram Add Yours Berujung Penipuan

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

6 Langkah Mudah Mencegah Akun Instagram Dihack

  • 27 Agustus 2022, 15:00 WIB
Langkah mudah mencegah akun Instagram dihack, supaya berselancar di media sosial lebih aman dan nyaman.

Jang Won Young IVE dan Lisa Blackpink Jadi Target Peretasan Instagram

  • 26 Agustus 2022, 12:13 WIB
Setelah Lee Do Hyun, sang hacker menjadikan Instagram Jang Won Young IVE dan Lisa Blackpink target selanjutnya.

Alasan Gen Z Mulai Tinggalkan Facebook, Beralih ke TikTok dan IG

  • 12 Agustus 2022, 18:03 WIB
Gen Z mulai meninggalkan platform Facebook sejak 2019 dan beralih ke penggunaan platform lain yakni Instagram dan TikTok.

Kylie Jenner Kecewa Fitur Reels Mirip TikTok, Pihak Instagram Bereaksi

  • 27 Juli 2022, 14:26 WIB
Kylie Jenner dan Kim Kardashian keluhkan fitur Reels Instagram mirip TikTok, Kepala Instagram Adam Mosseri berikan tanggapan.

Arti dan Cara Gunakan NGL Link di Instagram untuk Kirim Pesan Rahasia

  • 24 Juni 2022, 17:20 WIB
Fitur NGL Link tengah ramai diperbincangkan di jagat sosial media Instagram karena fitur unik yang dimiliki.

Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

  • 15 Mei 2022, 19:26 WIB
Fitur NFT yang diberi nama Digital Collectibles resmi dirilis Instagram untuk memberi kesempatan kreator menambah penghasilan.
The Latest
Westlife konser di Sentul Internation Convention Centre

Viral Video Fans Gagal Dapat Selfie Westlife karena Memori HP Penuh

  • 26 September 2022, 16:14 WIB
Buku Nostradamus

5 Fakta Buku Nostradamus, Berisi Soal Ramalan yang Viral di TikTok

  • 24 September 2022, 12:00 WIB
ilustrasi pemakaian sunscreen

5 Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat dengan Tepat

  • 23 September 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi perjalanan wisata ke Segitiga Bermuda

Viral Wisata ke Segitiga Bermuda, Bisa Refund Jika Kapal Hilang

  • 22 September 2022, 19:54 WIB
Ilustrasi hidung mancung

3 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami, Tidak Butuh Alat

  • 22 September 2022, 07:00 WIB
INDEKS