Logo
Fortnite
lifestyle
Heboh Fortnite Hancurkan 'Kabah', Pangeran Harry Sempat Larang
Photo: Istimewa

ZIGI – Game Fortnite yang dikembangkan oleh Farga Corporation tahun 2017 silam menuai kecaman dunia setelah dianggap memuat permainan menghancurkan bangunan menyerupai Kabah.

Protes tersebut salah satunya disampaikan oleh Universitas Al-Azhar, Mesir yang menilai adegan tersebut tidak sepantasnya ada dalam sebuah permainan. Jauh sebelumnya, Pangeran Harry juga pernah melarang game battle royal tersebut.

Lantas, bagaimana protes tersebut dilayangkan? Yuk, simak ulasan berikut ini mengenai kecaman Universitas Al-Azhar terhadap game Fortnite. Keep scrolling!

Serukan Boikot Game Fortnite


Source: Epic Games

Melansir dari laman Egypt Independent, Senin, 5 Juli 2021, Direktur Pusat Internasional Al-Azhar untuk e-Fatwa, Osama al-Hadidy mengecam keras ditampilkannya bangunan menyerupai Ka'bah dalam video game Fortnite.

Ia menyebut tindakan tersebut sebagai sebuah penghinaan dan tidak pantas karena setiap player mendapat misi untuk menghancurkan bangunan mirip Ka’bah tersebut.

Dalam sebuah wawancara telepon dengan program ‘90 Minutes’ di saluran Al-Mehwar, Hadidy menyerukan boikot game multipemain tersebut. Pasalnya, ia menilai game Fortnite mengandung citra yang merusak tempat suci Kabah terlebih saat ini umat muslim tengah menyambut datangnya musim haji.

Hadidy menambahkan, game semacam itu hanya berfungsi untuk menjebak dan mengalihkan perhatian kaum muda dari aspek kehidupan yang lebih penting. Selain itu, game Fortnite dinilai mengandung unsur kekerasan yang bisa berdampak buruk bagi penggunanya.

PUBG Juga Dianggap Berbahaya

Photo : PUBG

Sebelumnya, Al-Azhar juga pernah mengeluarkan fatwa pada tahun lalu terhadap game PUBG yang dinilai berbahaya. Al-Azhar menyebut, permainan itu dapat membahayakan keselamatan anak-anak apalagi jika mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk tenggelam dalam permainan tembak menembak itu.

Oleh sebab itulah, Al-Azhar meminta para ulama, pengkhotbah dan guru untuk menyebarkan kesadaran publik tentang persoalan bahayanya sebuah game.

Al-Azhar menyarankan kepada orang tua agar sering memantau anak-anaknya ketika bermain, memeriksa aplikasi yang mereka gunakan, membatasi waktu yang mereka habiskan, serta mendorong kegiatan lainnya seperti olahraga dan belajar.

Pernah Dilarang Pangeran Harry


Source: telset

Game Fortnite adalah permainan video yang diterbitkan oleh Epic Games dan dikembangkan oleh Farga Corporation sejak tahun 2017. Sejalan dengan PUBG, game Fortnite tersedia di berbagai platform seperti Windows, Xbox One, macOS, Nintendo Switch, PlayStation 4, iOS dan Android.

Dilansir dari BBC, Pangeran Harry juga pernah melarang game Fortnite karena dinilainya lebih membuat candu dibandingkan alkohol dan narkoba.

"Permainan itu seharusnya tidak diizinkan. Di mana manfaat memilikinya di rumah Anda? Ini dibuat untuk pecandu, kecanduan untuk membuat Anda tetap berada di depan komputer selama mungkin. Ini sangat tidak bertanggung jawab,” ungkap Pangeran Harry mengenai Fortnite pada 2019 lalu dikutip dari laman BBC.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Meghan Markle

Fakta dan Sinopsis Pearl, Serial Netflix Garapan Meghan Markle

  • 16 Juli 2021, 15:38 WIB
Meghan Markle bersama Archewell Productions, bekerja sama untuk memproduksi serial animasi keluarga, Pearl, tayang di Netflix.
Bridge Constructor: The Walking Dead

Link Download Bridge Constructor: The Walking Dead di Epic Games

  • 05 Juli 2021, 17:31 WIB
Dapatkan game Bridge Construtor: The Walking Dead secara gratis pada 8 Juli 2021 hingga 15 Juli 2021 di Epic Games Store
GTA 6

Dikabarkan Rilis 2025, Peta GTA 6 Mirip Dengan Game Fortnite

  • 02 Juli 2021, 19:11 WIB
YouTuber Tom Henderson mengungkapkan beberapa detail terkait peta GTA 6, yang mirip dengan game Fortnite.
Kena: Bridges of Spirits

Fakta Game Kena: Bridge of Spirits, Ada Suara Gamelan Bali

  • 29 Juni 2021, 12:28 WIB
Game Kena: Bridge of Spirits akan dirilis secara global melalui Epic Games Store dan PlayStation Store pada 24 Agustus 2021.
Ratu Elizabeth, Meghan Markle dan Harry

Sejarah Nama Lilibet, Panggilan Ratu Elizabeth II

  • 11 Juni 2021, 15:32 WIB
Nama anak kedua Meghan Markle dan Pangeran Harry tuai pro kontra. Begini sejarah nama Lilibet yang lekat dengan Ratu Elizabeth II.
Control

Link Download Game Control Gratis di Epic Games Store

  • 11 Juni 2021, 14:08 WIB
Download dan Install game Control di Epic Games secara gratis, dengan langkah-langkah berikut ini.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS