Hacker Incar Pengguna iPhone yang Miliki Aplikasi Kencan Tinder - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi Tinder dan Hacker
lifestyle
Ilustrasi Tinder dan Hacker
Photo: Berbagai Sumber
Ilustrasi Tinder dan Hacker

ZIGI – Pengguna iPhone yang memasang aplikasi kencan seperti Tinder menjadi incaran hacker. Peretasan tersebut mengincar kelompok masyarakat yang terjebak untuk menginstal aplikasi palsu. Para hacker akan menyamar di aplikasi kencan dengan menggunakan profil palsu untuk menjebak pengguna. 

Risiko terbesar, selain penipuan Bitcoin juga adalah pengambilan data pribadi pengguna iPhone. Simak modus operandi yang dilakukan hacker lewat aplikasi kencan Tinder di sini!

Aplikasi Kencan Tinder Rawan Dihack

Tinder
Photo : Pixabay.com
Tinder

Dilansir Zigi dari National Cyber Security News pada 19 Oktober 2021, peneiliti siber mendapati penipuan mata uang kripto di tingkat internasional. Menurut hasil penelusuran pada 18 Oktober 2021, setidaknya mata uang hasil penipuan mencapai US$1,4 juta atau lebih dari Rp19,7 miliar dalam bentuk Bitcoin. Penipuan tersebut diungkap oleh tim kemanan siber dari perusahaan Sosphos. 

Para hacker melakukan penipuan dengan menargetkan pengguna iPhone yang memiliki aplikasi kencan seperti Tinder dan Bumble yang dapat membahayakan data pengguna. Sasaran target berkembang dari yang sebelumnya kelompok orang-orang Asia, melebar ke orang Amerika Serikat dan Eropa. 

Oleh penelitI Sosphos, ancaman hacker tersebut diberi nama CryptoRom. "Peneliatain kami menunjukan bahwa Hacker menghasilkan jutaan dollar dengan penipuan ini," kata Jagadeesh Chandraiah, penelitin senior untuk ancaman siber dari Sosphos. 

Secara khusus hacker juga membuat semacam situs resmi bank-bank besar, dan bahkan Apple App Store. Dari sini aplikasi perdagangan kripto palsu didistribusikan. 

Pengguna iPhone terancam rawan disusupi hacker lewat aplikasi kencan seperti Tinder. Dengan menggunakan profil palsu, hacker akan membujuk pengguna untuk menginstal aplikasi tertentu yang membuat data ponsel rawan untuk diambil.

Modus Hacker Susupi iPhone Pengguna

Media sosial
Photo : Canva
Media sosial

Agar pengguna lebih waspada, sebaiknya pahami langkah hacker untuk meretas data iPhone lewat apaliksi-aplikasi yang rawan. Pertama hacker akan mengunggah profil palsu yang menyakinkan di situs kencan semacam Tinder. 

"Begitu mereka melakukan kontak dengan target, hacker akan melanjutkan percakapan via pesan langsung. Ia kemudian mencoba memburu target untuk menginstal dan berinvestasi di aplikasi perdagangan cryptocurrency palsu," jelas Jagadeesh. 

Jika instal aplikasi dilakukan, maka selain melakukan pencurian uang, hacker juga bisa mendapatkan akses ke iPhone korban. Menurut Sosphos, hacker memanfaatkan aplikasi perangkat lunak yang biasanya melakukan pra-tes aplikasi iOS untuk beberapa pengguna iPhone. 

Sistem tersebut dinamakan Enterprise Signature. Jika tes terhadapa sistem iOS sudah dilakukan, maka Enterpirse Siganture akan mengirimkannya ke Apple App Store untuk direview dan disetujui. 

Dengan sistem tersebut, hacker dapat mengontrol iPhone pengguna dari jarak jauh. Potensi kriminal terbesar adalah jika hacker mengumpulkan data pribadi, menghapus dan menambah akun pribadi, hingga menginstal beberapa aplikasi palsu. 

"Penambahan sistem pengembang untuk iOS bisa menimbulkan risiko lebih lanjut. Korban bisa saja secara tidak sadar memberikan hak kepada hacker untuk mengakses perangkat dan mencuri data," Jagadeesh menegaskan. 

Untuk menghindari penipuan terhadap pengguna iPhone via aplikasi kencan semacam Tinder dan Bumble, maka setiap orang hanya boleh menginstal aplikasi dari Apple App Store resmi. 

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Saham Anjlok 20 Persen, CEO Tinder Renate Nyborg Undur Diri

  • 04 Agustus 2022, 17:28 WIB
Renate Nyborg menjadi CEO wanita pertama di Tinder memutuskan undur diri setelah saham mengalami penurunan hingga 20 persen.

5,4 Juta Data Pengguna Twitter Diduga Bocor dan Dijual Hacker

  • 25 Juli 2022, 18:11 WIB
5,4 juta data Twitter berupa nomor telepon dan e-mail diduga dicuri dan dijual di forum peretas sebesar Rp449,5 juta.

Fitur Baru dan Daftar iPhone yang Tidak Dapat Pembaruan iOS 16

  • 07 Juni 2022, 15:33 WIB
Daftar jenis iPhone yang dapat dan tidak dapat pembaruan iOS 16 disertai fitur-fitur di sistem terbaru.

Tertutup Soal Pacar, Raline Shah Buka Suara Soal Gabung di Tinder

  • 11 Mei 2022, 12:23 WIB
Raline Shah klarifikasi soal isu dirinya gabung di aplikasi kencan online dan sempat match dengan orang lain.

Akun Tinder Simon Leviev Masuk ke Daftar Hitam

  • 07 Februari 2022, 14:30 WIB
Tinder resmi memblokir akun Simon Leviev, karena modus penipuan dengan cara mengajak wanita berkencan dan pacaran.

3 Cara Mematikan iPhone dari Generasi Lama Hingga Terbaru

  • 27 Juli 2021, 16:28 WIB
Cara mematikan iPhone sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun perlu dipahami karena setiap generasi ponsel Apple ada perbedaannya.
The Latest
Hari Kemerdekaan Indonesia

10 Negara Rayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus Selain Indonesia

  • 17 Agustus 2022, 08:00 WIB
TikTok Filter AI Green Screen

Cara Pakai Filter AI Green Screen TikTok yang Lagi Viral

  • 15 Agustus 2022, 16:06 WIB
Pramuka

Sejarah dan Makna Logo Hari Pramuka ke-61, Diperingati Tiap 14 Agustus

  • 14 Agustus 2022, 14:35 WIB
Ilustrasi Media Sosial

Alasan Gen Z Mulai Tinggalkan Facebook, Beralih ke TikTok dan IG

  • 12 Agustus 2022, 18:03 WIB
Pop Art Jakarta 2022

Sederet Hal Menarik di Pop Art Jakarta 2022, Nikmati Karya Anak Bangsa

  • 12 Agustus 2022, 13:39 WIB
INDEKS