Logo
eFootball
lifestyle
Game Pro Evolution Soccer Tak Sekadar Ganti Nama Jadi eFootball
Photo: Twitter.com

ZIGI – Game sepak bola Pro Evolution Soccer atau yang biasa disingkat PES, telah mengumumkan perubahan namanya menjadi eFootball. Alhasil, ‘RIP PES’ menjadi trending di Twitter pada Kamis pagi, 22 Juli 2021.

Inovasi terbaru ini dilakukan Konami sebagai pihak pengembang game, demi memuaskan player eFootball yang nantinya bakal bisa bermain menggunakan konsol, komputer, hingga ponsel. Kilas balik, game Winning 11 berubah nama menjadi Pro Evolution Soccer (PES) sejak 2001 dan disebut-sebut lebih bagus daripada game FIFA dari EA.

Nah, siapa nih yang dari dulu sampai sekarang masih suka banget bermain PES? Karena PES sebentar lagi bakalan tamat, yuk siap-siap untuk beralih ke eFootball dan simak detail informasinya berikut ini.

Dari PES Jadi eFootball

Photo : konami.com

Melansir dari laman PC Gamer, Pro Evolution Soccer tidak hanya sekadar berubah nama menjadi eFootball saja lho. Konami telah meninggalkan sistem lama dan lewat eFootball ini akan beralih ke sistem digital sepenuhnya.

eFootball nantinya bakal tersedia di konsol PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, PC hingga smartphone, baik itu iOS maupun Android. Gebarakan eFootball dalam debutnya akan menyediakan laga dari 9 klub di antaranya seperti Manchester United, Barcelona, Bayern Munich, Arsenal dan Juventus dengan mode gratis.

Setelah debut dengan laga 9 klub tadi, kemudian pengembang akan meluncurkan versi berbayar yang menyediakan opsi kepada player untuk bisa membangun tim favoritnya sendiri dan mengikuti liga online.

Produser PES, Seitaro Kimura mengungkapkan, beralihnya PES ke eFootball merupakan momen terbesar dalam sejarah game sepak bola Konami. Terobosan ini sekaligus menjadi upaya mempertahankan citra game sepakbola Konami terlebih dengan merambah ke dunia ponsel.

"Dimulai dengan fondasi Unreal Engine yang kuat, yang memungkinkan kami merombak ekspresi pemain secara besar-besaran, kami telah membuat sejumlah modifikasi untuk menciptakan mesin permainan sepak bola baru yang akan menggerakkan eFootball selama bertahun-tahun yang akan datang," kata Produser Seri dan Pengembang PES Seitaro Kimura dikutip dari PC Gamer, Kamis, 22 Juli 2021.

"Dengan bekerja sama dengan pesepakbola elit, eFootball menghadirkan gameplay kami yang paling menegangkan dan realistis hingga saat ini," sambungnya.

Kapan Diluncurkan?

Photo : konami.com

Hari ini, Kamis, 22 Juli 2021, topik “RIP PES” menggema di media sosial Twitter. Maklum, sudah puluhan tahun game ini menemani player di seluruh dunia sehingga hal itu merupakan wujud kesedihan penggemar.

Pro Evolution Soccer merupakan game sepak bola yang cukup populer di Indonesia sejak awal 2000-an seiring dengan diluncurkannya konsol PS1. Meski bersaing ketat dengan game FIFA sebagai kompetitornya, namun PES sukses mencuri perhatian pecinta game sepak bola.

Rilisan pertama PES adalah World Soccer Winning Eleven yang dilepas pada bulan Oktober 1995. Pada awalnya, game ini tidak bisa dilepaskan dari International Superstar Soccer yang dirilis lebih awal dalam dua versi berbeda yakni Pro Evolution Soccer untuk seluruh dunia dan Winning Eleven di Jepang.

Sebagai salah satu game terlaris di dunia, seri permainan video ini telah dirilis hingga lebih dari 100 juta kopi. Pro Evolution Soccer sampai hari ini terus bersaing dengan seteru abadinya, FIFA, yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Electronic Arts (EA Sports). Apakah kamu siap beralih ke eFootball?

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Perusahaan game asal Amerika Serikat, Riot Games meraup untung besar berkat game seperti League of Legends dan Valorant.
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
Cara mendapatkan bundle Rebel Academy di event Incubator Free FIre mulai 29 Juli 2021.
Apex Legends Mobile

Uji Coba Game Apex Legends Mobile Hadir di Indonesia

  • 28 Juli 2021, 17:17 WIB
Closed Beta Test (CBT) gameplay tersebut sudah semakin diperluas ke berbagai negara termasuk Indonesia.
Facebook

Facebook Rilis Game Cloud ke Perangkat Apple

  • 26 Juli 2021, 16:32 WIB
Facebook resmi menghadirkan layanan game cloud terbarunya ke perangkat Apple termasuk iPhone dan iPad lewat aplikasi web.
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
Aloy merupakan karakter baru yang dihadirkan Genshin Impact. Karakter ini bisa didapatkan secara gratis dengan waktu terbatas.
Si Buta dari Gua Hantu

Si Buta dari Gua Hantu Jadi Hero Baru di Game MOBA Lokapala

  • 16 Juli 2021, 14:42 WIB
Kini setelah puluhan tahun melegenda, Si Buta dari Gua Hantu kembali muncul dengan menjadi hero baru di game Lokapala.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS