Logo
TikTok
lifestyle
Fitur TikTok Jump Mudahkan Kreator Berbagi Informasi Lebih Lengkap
Photo: Pixabay

ZIGI – Aplikasi berbasis video TikTok baru-baru ini mengumumkan fitur paling mutakhir mereka yang disebut TikTok Jump. Fitur yang masih dalam tahap penyempurnaan ini memungkinkan para konten kreator untuk menyematkan aplikasi mini ke dalam video mereka. 

Sebagai contoh jika seseorang membuat konten memasak, mereka dapat menyematkan tautan di videonya yang menuju ke aplikasi resep Whisk. Cara ini memungkinkan penonton video membuka lembar resep di dalam TikTok dengan mengetuk tombol yang dibuat kreator.

So, buat kalian yang penasaran seperti apa detailnya, yuk simak pembahasan berikut ini sampai habis ya!

Baru Bisa Digunakan Kreator Terpilih


Source: The Verge

Melansir dari laman The Verge, Selasa, 22 Juni 2021, fitur TikTok Jump saat ini sedang diuji, di mana hanya sekelompok pembuat konten terpilih yang memiliki kesempatan untuk menyematkan ‘Jump’ ke dalam video mereka. Akan tetapi, TikTok mengatakan akan segera meluncurkan fitur tersebut setelah pengujian lebih lanjut.

TikTok sendiri diketahui telah menguji fitur ini di depan publik selama beberapa bulan terakhir dan perlahan mulai diluncurkan ke kelompok orang yang lebih luas. Selama pengembangan dan periode beta, TikTok bekerja sama dengan sekelompok perusahaan terpilih untuk mengembangkan ‘Jump’ salah satunya adalah Whisk, sebuah aplikasi berbagi resep makanan.

Jump Tercipta untuk Mendorong Inovasi


Source: DT Next

Head of Product TikTok, Sean Kim mengatakan bahwa Jump tercipta sebagai fitur yang mendorong adanya inovasi dari komunitas konten kreator. Hal ini tercetus karena selama ini TikTok menjadi aplikasi hiburan sekaligus pemberi informasi yang edukatif.

“TikTok telah menjadi tujuan hiburan dan pembelajaran. Melalui TikTok Jump, kami menciptakan 'last mile' dari perjalanan penemuan komunitas kami untuk membantu memicu aksi dan interaksi yang lebih baik di dalam maupun di luar platform,” kata Sean dikutip dari laman Tech Crunch.

Perusahaan yang Bisa Ikut TikTok Jump


Source: TechCrunch

TikTok Jump dapat diikuti oleh platform pihak ketiga apabila telah disetujui melalui proses evaluasinya berdasarkan seberapa bermanfaatnya platform yang mendaftar bagi pemirsa. Selain Whisk, platform lain seperti Breathwrk, Wikipedia, Quizlet, StatMuse dan Tabelog telah berpartisipasi dalam uji beta.

TikTok mengatakan penyedia layanan seperti BuzzFeed, Jumprope, IRL dan WATCHA juga akan mulai menerapkan Jump mereka sendiri dalam beberapa minggu mendatang. 

Dengan demikian, nantinya platform pendidikan dapat menautkan ke kartu flash Quizlet untuk meninjau konsep yang mereka jelaskan di TikTok. Contoh lain, instruktur yoga juga dapat berbagi latihan pernapasan di Breathwrk dengan tautan yang dicantumkannya di TikTok.

Mirip Pesaingnya


Source: The Verge

Meski tergolong baru, tetapi aplikasi lain ternyata sudah terlebih dahulu menerapkan fitur serupa. Misalnya fitur Minis di Snapchat telah memungkinkan pengguna membeli tiket film melalui Atom. 

Sementara itu, WeChat memfasilitasi lebih dari US$ 250 miliar dalam transaksi tahunan melalui aplikasi mininya sendiri yang di mana ada lebih dari satu juta aplikasi mini di WeChat pada tahun 2018.

Aplikasi Instagram juga demikian. Mereka telah meningkatkan fitur e-commerce di Reels sehingga hal ini termasuk pesaing TikTok. Di sini ada kemungkinan bahwa Jump nantinya dapat digunakan untuk menjual item yang ditampilkan dalam video sebagaimana Instagram.

Pada bulan Desember, Walmart juga telah menguji coba video shopping di TikTok yang kinerjanya cukup baik sehingga mereka melakukannya lagi pada bulan Maret. Namun untuk saat ini, sepertinya Jump digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memperdalam hubungan platform dengan mitra pihak ketiga.

Cara Menggunakan Fitur Jump


Source: New Scientist

Saat menonton video dengan Jump, penonton akan melihat tombol di dekat bagian bawah layar, yang ketika di ‘klik’ akan membuka konten di layar baru dalam TikTok.

Sementara untuk konten kreator yang ingin menggunakan fitur ‘Jump’ ini bisa mengklik dibagian ‘Add Link’. Lalu, pilih tautan yang ingin digunakan dan akan ada tulisan ‘Add to Video’ agar bisa menggunakan fitur tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat cara menggunakan TikTok Jump dalam video di bawah ini:

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Twice what is love

Arti Lirik Lagu What is Love - TWICE yang Viral di TikTok

  • 24 Juli 2021, 14:18 WIB
'I wanna know, know, know, know, what is love?' lirik lagu What is Love milik TWICE yang dirilis pada 9 April 2018 kini viral.
Tim schaecker

Profil dan Biodata Tim Schaecker, TikTokers Jerman Viral di Indonesia

  • 23 Juli 2021, 17:02 WIB
Biodata lengkap Tim Schaecker, artis TikTok tampan yang buat konten bareng temannya viral di Indonesia.
Billy martono

6 Aksi 'Sultan' Billy Martono, Viral Bersepeda di Dalam Rumah

  • 23 Juli 2021, 13:33 WIB
Deretan aksi 'Sultan' Billy Martono, bagi-bagi beras di jalanan hingga bersepeda di dalam rumah yang mewah.
Doja cat need to know

Fakta dan Lirik Lagu I Need to Know - Doja Cat, Viral di TikTok

  • 19 Juli 2021, 19:05 WIB
Lagu baru Doja Cat berjudul I Need to Know viral di TikTok, ini fakta-faktanya lengkap dengan lirik lagu.
The ash Lad in the hall of the mountain king

Link Nonton Film The Ash Lad: In the Hall of the Mountain King

  • 18 Juli 2021, 11:15 WIB
Sinopsis dan link nonton film The Ash Lad: In the Hall of the Mountain King yang kini viral di TikTok. Raup box office Rp61 miliar
TikTok

TikTok Sound Disalahgunakan untuk Disinformasi Vaksin Covid-19

  • 15 Juli 2021, 10:32 WIB
TikTok Sound, fitur ini disalahgunakan oleh sejumlah oknum untuk mencegah banyak orang untuk vaksin Covid-19.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS