Logo
Screenshot
lifestyle
Cara Screenshot di Laptop Acer, Asus, Windows 7 dan 10
Photo: pexels.com

ZIGI – Apakah kamu pengguna laptop Acer dan Asus dengan sistem operasi Windows 7 atau Wondows 10? Dalam artikel ini kita akan menjelaskan cara screenshot layar pada laptop tersebut.

Berikut ini langkah-langkah cara screenshot di laptop yang mudah, praktis dan bisa diaplikasikan ke berbagai jenis laptop dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 10.

Cara Screenshot di Laptop Acer

Photo : microsoft

Tips pertama akan kita awali dengan cara screenshot di laptop Acer. Laptop jenis ini memang dikenal sudah memberikan fitur screenshot di mana gambarnya bisa dijadikan berbagai format file seperti JPG, PNG bahkan GIF. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Tombol Kombinasi di Keyboard 

Untuk melakukan screenshot di laptop Acer, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi di keyboard antara Windows + PrtSc. Tombol tersebut tekan secara bersamaan.

Jika sudah, kamu bisa melihat hasilnya di penyimpanan folder C karena gambar akan tersimpan otomatis. Secara spesifik, gambar akan tersimpan di folder user, dilanjutkan folder username, folder pictures, dan yang terakhir folder screenshots. 

2. Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Photo : microsoft

Aplikasi Snipping Tool adalah aplikasi bawaan yang disediakan Microsoft sehingga kamu tidak perlu repot untuk menginstalnya.

Cara screenshot dengan Snipping Tool bisa kamu lakukan dengan cara membuka terlebih dahulu aplikasi tersebut. Kemudian pilihlah mode bentuk screenshot yang sesuai dengan keinginanmu, bisa kotak, bulat atau bebas.

Jika sudah, klik tombol “New” untuk memulai screenshot. Jika sudah, maka aplikasi lain di laptop akan meredup sehingga kamu bisa menentukan bagian mana dari layer yang ingin kamu capture. Berikutnya, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl + S. 

3. Menggunakan Snapgit 

Cara screenshot di laptop Acer yang ketiga adalah dengan memanfaatkan Snapgit. Caranya, kamu bisa memulainya dengan menginstal aplikasi Snapgit terlebih dahulu pada laptop Acer.

Bila sudah, masuklah aplikasi tersebut dan klik ikon tangkap. Lalu pilih layar atau halaman yang akan di-screenshot, dan pilih tombol kamera yang berfungsi untuk menyimpan hasil screenshot.

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Photo : microsoft

Selanjutnya buat kamu pengguna laptop ASUS, berikut adalah cara screenshot di laptop ASUS yang sangat mudah dilakukan.

1. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows +PrtSc 

Cara screenshot di laptop ASUS yang pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc. Langkahnya, kamu harus menekan dua tombol tersebut di keyboard secara bersamaan. Jika setelah itu layar laptop berkedip, maka screenshot dan tersimpan dengan baik di perangkatmu.

2. Menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc

Tidak hanya menggunakan kombinasi dua tombol di cara pertama tadi, terdapat tombol lain yang bisa digunakan untuk screenshot yaitu Fn + PrtSc. Caranya, tekan secara bersamaan dua tombol Fn + PrtSc tersebut. 

Nantinya, kamu kamu perlu membuka aplikasi pendukung edit gambar seperti Paint, Photoshop, atau MS. Word yang biasanya sudah disediakan di laptop ASUS. Jika sudah membuka salah satu aplikasi pendukung tersebut, tekan paste atau Ctrl + V untuk melihat hasilnya. Kalau dirasa sudah cocok, kamu simpanlah gambar di perangkatmu dengan menekan ikon save atau kombinasi Ctrl + S.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7

Photo : microsoft

Kemudian buat kamu yang masih setia menggunakan sistem operasi Windows 7 di laptopnya, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk melakukan tangkapan layar. Berikut adalah cara screenshot di Windows 7.

1. Screenshot Layar Secara Keseluruhan

Pada opsi pertama cara screenshot di laptop Windows 7 ini, kamu bisa menggunakan tombol PrntScrn atau PrtSc atau Print Screen untuk menangkap layar secara keseluruhan. Biasanya tombol ini ada di ujung kanan keyboard di samping tombol delete.

Namun sebelum menekan tombol tersebut, pilihlah terlebih dahulu layar yang ingin kamu screenshot. Setelah itu, buka aplikasi editing foto, seperti Paint dan tekan tombol paste atau Ctrl + V untuk melihat hasilnya. Simpanlah gambar tersebut dengan cara menekan tombol Ctrl+S kalau sudah selesai. 

2. Screenshot Layar Jendela Tertentu 

Selanjutnya kalau kamu tidak ingin meng-capture layar penuh, kamu bisa screenshot pada jendela tertentu. Caranya, kamu  bisa langsung menekan kombinasi antara tombol Alt + PrntScrn. 

Jika sudah, buka aplikasi Paint dan tekan Ctrl+V untuk meninjau hasil screenshot tersebut. Lewat aplikasi Paint ini, kamu juga bisa mengedit gambar tersebut sebelum disimpan. 

3. Screenshot dengan Snipping Tool

Cara ini sama seperti yang bisa kamu lakukan di laptop Acer. Pertama, untuk screenshot dengan Snipping Tool, klik ikon start yang biasanya ada di kiri bawah laptop. Kemudian cari aplikasi Snipping Tool dan buka.

Setelah itu, pilih layar yang hendak  kamu screenshot. Jika sudah cukup meng-capture, silakan langsung klik ikon “Save Snip” untuk menyimpan hasil screenshot tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Photo : microsoft

Terakhir bagi kamu yang saat ini sudah menggunakan Windows 10, tersedia pula sejumlah cara screenshot yang praktis dan efisien. Cara screenshot di Windows 10 dalah sebagai berikut:

  1. Tentukan dahulu layar yang ingin kamu screenshot. 
  2. Kemudian tekan kombinasi antara tombol Alt + PrtScn yang nantinya bakal menyalin hasil screenshot. 
  3. Jika sudah, gunakan aplikasi pendukung lain seperti Paint, Photoshop, MS. Word, atau aplikasi edit foto lainnya yang ada di laptop Windows 10 yang kamu pakai. 
  4. Lalu, tekan tombol Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot sehingga hasilnya akan terlihat. 
  5. Jika sudah cocok sesuai harapan, tekan tombol Ctrl + S untuk menyimpan hasil screenshot tersebut.

Begitulah sejumlah cara screenshot di laptop Asus, Acer, dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 10 yang bisa kamu pilih sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. Selamat mencoba.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop di Windows 10 Tanpa Aplikasi

  • 15 Mei 2021, 07:06 WIB
Cara record atau merekam layar laptop Windows 10, nyalakan fitur Xbox Game Bar kemudian tekan tombol Windows dan G di keyboard.
Amanda Manopo dan Henny Manopo

Kronologi Ibu Amanda Manopo Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun

  • 25 Juli 2021, 19:00 WIB
Ibu Amanda Manopo, Henny Manopo meninggal dunia pada Minggu, 25 Juli 2021 akibat Covid-19 dan sempat terserang stroke.
Stromae

5 Fakta Lagu Alors On Danse - Stromae, Lirik dan Terjemahan

  • 25 Juli 2021, 17:50 WIB
Lirik lagu Alors On Danse milik Stromae lengkap terjemahan bahasa Prancis dan Indonesia. Kini tengah viral di TikTok.
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Film Selesai dibintangi Gading Marten, Ariel Tatum, Anya Geraldine akan tayang di situs Bioskop Online. Sinopsis bahas percintaan.
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Drama Extraordinary You mulai tayang di NET TV per Minggu, 25 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. Daftar pemain hingga sinopsis cerita.
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Tinggi dan berat badan Jeon Somi jadi perbincangan di Twitter. Padahal Jeon Somi rajin olahraga dan sangat suka makan.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS