Logo
Android Google Find My Device
lifestyle
Cara Lacak HP Android yang Hilang Pakai Google Find My Device
Photo: CNET

ZIGI – Terkadang entah karena keteledoran atau kesialan, perangkat Android seseorang bisa saja hilang. Namun kehilangan perangkat Android sebenarnya bisa dilacak dengan menggunakan aplikasi Google Find My Device.

Akan tetapi, jika ingin menggunakannya saat perangkat hilang, pada teknologi sebelumnya kamu harus memastikan ponselmu dalam keadaan aktif, login ke akun Google, memiliki koneksi internet baik Wi-Fi atau data seluler, serta mengaktifkan lokasi dan mengaktifkan aplikasi Google Find My Device.

Sekarang ini, dilaporkan teknologi aplikasi Google My Device Android tidak perlu lagi menggunakan koneksi data karena memiliki fitur tersembunyi yang membuatnya akan semakin canggih. Seperti apa detailnya? Berikut penjabarannya, simak sampai bawah ya.

Kode Tersembunyi


Source: androidauthority

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu, 19 Juni 2021, sebenarnya untuk perangkat Samsung dan Apple telah memiliki pelacak sendiri yakni SmartTag dan AirTag. Kesamaan pelacak ini adalah keduanya menggunakan jaringan perangkat yang bersumber dari kerumunan untuk membantu melacak dan menemukan tag yang hilang atau perangkat lain.

Kemudian saat ini, APK Teardown menyarankan Google bekerja pada jaringan crowd-source serupa untuk menemukan barang-barang yang hilang.

Teardown mengungkapkan adanya dua kode tersembunyi di balik versi terbaru Layanan Google Play 21.24.13 di saluran beta. Bagaimana dua kode tersembunyi tersebut?

Pertama, adanya perintah yang mengatakan "Izinkan ponsel Anda membantu menemukan perangkat Anda dan orang lain." Sedangkan yang kedua berbunyi, "Temukan jaringan Perangkat Saya".

Tanpa Perlu Koneksi Data?


Source: PC Mag

Dari keterangan di atas, dapat dipahami bahwa Google akan memanfaatkan setiap perangkat Android di Layanan Google Play untuk membantu menemukan perangkat Android yang hilang atau dicuri, tanpa koneksi data!

Kode tersembunyi yang pertama tadi menyarankan semua orang yang mengaktifkan fitur "Temukan Perangkat Saya" juga akan diminta untuk mengaktifkan pelacakan untuk perangkat lain yang hilang. 

Cara Mencari HP Android yang Hilang


Source: youtube.com

Apabila kamu kehilangan perangkat Android dan ingin mencarinya, kamu bisa menggunakan Google Find My Device yang bisa diunduh di Play Store. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google dan hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang relatif kecil.

Adapun cara mencari HP Android yang hilang dengan Google Find My Device adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Find My Device yang sudah diinstal dan langsung masuk ke akun Google atau Gmail yang terpasang pada ponsel yang hilang.
2. Setelah itu akan muncul sebuah petunjuk yang menunjukkan lokasi ponsel di peta. Apabila ponsel yang hilang berada dalam kondisi mati, maka lokasi lokasi terakhir yang terdeteksi dan akan ditampilkan.
3. Selanjutnya pilihlah "Putar Suara" agar ponsel yang dicari berbunyi. Canggihnya, fitur ini dapat membuat ponsel berbunyi meski HP berada dalam keadaan mode senyap atau getar.
4. Tidak hanya itu saya, kamu juga bisa memilih "Amankan Perangkat" yang bertujuan untuk mengunci layar ponsel dan memberi pesan di layar ponsel tersebut.
5. Apabila belum ditemukan dan kamu sudah pasrah, alangkah baiknya pilih opsi "Hapus Perangkat" agar data secara permanen dihapus untuk lebih menjamin keamanan data.

Itulah cara menggunakan aplikasi Google Find My Device untuk melacak perangkat yang hilang. Semoga dengan lebih canggihnya aplikasi ini, HP yang hilang dapat ditemukan.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Sausage Man

Download Sausage Man, Game Battle Royale iOS & Android Lagi Viral

  • 12 Juli 2021, 19:02 WIB
Sausage man merupakan game battle royale untuk ponsel, yang menggunakan karakter lucu dan menggemaskan. Sudah coba?
Gettr

Mengenal GETTR, Media Sosial Pro Donald Trump yang Diretas

  • 06 Juli 2021, 14:00 WIB
Media sosial GETTR yang dibuat oleh pendukung Donald Trump diretas pada Minggu, 4 Juli 2021 dan bertuliskan 'Free Palestine'.
WhatsApp

5 Fitur WhatsApp yang Berguna dan Tak Banyak Orang Tahu

  • 05 Juli 2021, 18:49 WIB
Berikut sejumlah fitur WhatsApp yang tidak diketahui banyak orang. Bermanfaat untuk sejumlah kepentingan.
Instagram

Fitur Terjemahan Instagram Story Akan Rilis, Gini Cara Pakainya

  • 30 Juni 2021, 11:37 WIB
Cara menggunakan fitur terjemahan di Instagram Story yang akan segera dirilis, memudahkan pengguna menerjemahkan bahasa Asing.
Windows 11

Cara Install Windows 11 Secara Gratis dan Mudah

  • 27 Juni 2021, 11:08 WIB
Microsoft akan merilis Windows Insider untuk pengguna dapat menikmati Windows 11 versi beta. Windows 11 diluncurkan 24 Juli 2021.
iPhone 13

Bocoran iPhone 13 Banjir Kritikan, Dikabarkan Rilis September 2021

  • 25 Juni 2021, 17:47 WIB
Desain iPhone 13 yang dikabarkan dirilis Apple beberapa bulan lagi, berbeda di fitur kamera belakang.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS