Logo
Instagram Music
lifestyle
Cara Gunakan Instagram Music, Kini Resmi Diluncurkan di Indonesia
Photo: infokomputer

ZIGI – Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya Instagram meluncurkan fitur Instagram Music  di Indonesia. Meskipun belum merata, sejumlah pengguna Instagram di Indonesia dapat menikmati fitur tambahan lagu tersebut.

Sebelumnya, fitur Instagram Music telah diluncurkan pada tahun 2018. Namun dibatasi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Bersamaan dengan fitur ini, fitur Instagram Reels juga diluncurkan di Indonesia. Penasaran dengan dua fitur ini? Yuk simak informasi selengkapnya. 

Instagram Reels

Source: TechCrunch

Kalau kamu sudah meng-update aplikasi Instagram versi terbaru, maka kamu dapat menikmati fitur Instagram Reels. Kalau belum bisa juga, kamu harus bersabar dulu sebelum fitur ini dapat diakses secara merata ke seluruh pengguna instagram.

Fitur Instagram Reels sama seperti tampilan antar muka ‘For Your Page’ di TikTok. Kamu bisa menjelajahi berbagai video menarik dengan mengusap layar ke atas (swipe up).

Cara membuat video Reels juga sangat mudah. Klik ikon kamera yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih konten yang mau di-upload dari galeri atau merekam langsung. 

Terdapat pilihan upload secara ‘publik’ bila kamu ingin video Reels yang dibuat masuk ke explore. Sama halnya dengna Instagram Story, Reels hanya bertahap 24 jam sebelum hilang.

Instagram Music

Photo : Wethegreek

Instagram music adalah fitur yang disediakan untuk pengguna menambahkan sebuah lagu yang mengiringi layar Instagram Stories. Fitur ini pertama kali dirilis pada 28 Juni 2018 dan hanya tersedia di tujuh negara yaitu Australia, Selandia Baru, Prancis, Jerman, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat. 

Melalui fitur Instagram Music, pengguna tak harus repot menyipkan lirik lagu ke dalam foto atau video, karena terdapat opsi memasukkan teks lirik lagu ke dalam unggahan story. Selain itu, pengguna dapat memilih untuk memasukkan suara lagu saja, atau dapat menysipkan foto atau video dengan thumbnail album.

Alasan baru diluncurkan di Indonesia

Photo : istockphoto

Ketika Instagram meluncurkan fitur Instagram Music di sejumlah negara, Instagram mengalami kendala dalam peluncuran fitur tersebut di Indonesia. Pengguna dapat melihat story yang menggunakan fitur Instagram Music, namun tak dapat mendengarkan lagu tersebut. Akan muncul teks “Instagram Music is not available in your region”. 

Menurut pihak Instagram Indonesia, belum mendapatkannya lisensi menjadi sebuah perkara yang menghambat peluncuran fitur Instagram Music. Pihak Instagram terus mengurus izin lisensi, agar fitur Instagram Music yang masuk ke Indonesia disahkan.

Sebelum diluncurkannya Instagram Music, pengguna Instagram di Indonesia menikmati fitur tersebut, menggunakan VPN (Virtual Private Network) dengan mengubah lokasi pengguna. Pada 23 Juni 2021, akhirnya pengguna Instagram di Indonesia bersorak sorai karena dapat menikmati fitur Instagram Music secara legal. 

Cara penggunaan Instagram Music

Photo : the verge

Jika pengguna belum mendapatkan fitur tersebut, sebaiknya pengguna melakukan update Instagram terlebih dahulu. Bagi kamu yang tak sabar menggunakan fitur Instagram Music, yuk ikuti langkah menggunakan Instagram Music. Simak ya!

1. Buka terlebih dahulu aplikasi Instagram
2. Tekan tanda + (Your Story atau cerita anda) yang berada di pojok kiri feed Instagram atau geser halaman utama Instagram dari kiri ke kanan. 
3. Pilihlah foto atau video yang akan diunggah untuk menjadi story Instagram. 
4. Setelah memilih, klik ikon stiker pada bagian atas. 
5. Pengguna akan menemukan beberapa opsi, pilihlah opsi Music
6. Tentukan lagu yang ingin disematkan dalam video atau foto yang akan diunggah. Instagram akan merekomendasikan beberapa lagu untuk kamu. Selain itu, jika tak menemukan lagu yang diinginkan, kamu pun dapat mencari lagu tersebut dengan menjelajahinya. Caranya, carilah lagu yang diinginkan melalui kolom jelajah yang terletak di atas lagu pilihan. 
7. Instagram menyediakan enam mode tampilan, mulai dari lirik hingga thumbnail album. Kamu dapat memilih salah satu diantaranya. 
8. Terakhir, unggahlah foto atau video yang akan diposting dengan Instagram Music. Selamat mencoba!

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Instagram

Instagram Umumkan Berubah Jadi Aplikasi Berbagi Video dan Belanja

  • 05 Juli 2021, 11:44 WIB
Bos Instagram Adam Mosseri menjelaskan bahwa aplikasinya akan mulai beralih dari foto untuk fokus ke video.
Instagram

Fitur Terjemahan Instagram Story Akan Rilis, Gini Cara Pakainya

  • 30 Juni 2021, 11:37 WIB
Cara menggunakan fitur terjemahan di Instagram Story yang akan segera dirilis, memudahkan pengguna menerjemahkan bahasa Asing.
Instagram

Cara Ganti Password Instagram Lewat Desktop dan Handphone

  • 28 Juni 2021, 08:08 WIB
Langkah mudah ganti password Instagram agar akun tidak mudah untuk diretas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.
Instagram Reels

5 Tips Membuat Instagram Reels Agar Menarik dan Kekinian

  • 27 Juni 2021, 22:10 WIB
Instagram Reels kini tersedia di Indonesia. Tips dan Cara membuat Instagram Reels agar terlihat menarik dan kekinian.
Instagram

Daftar 10 Akun Instagram Followers Terbanyak di Dunia 2021

  • 25 Juni 2021, 16:05 WIB
10 akun dengan followers Instagram terbanyak di dunia tahun 2021. Ada Cristiano Ronaldo, Ariana Grande hingga Justin Bieber.
Twitter

Fitur Baru, Berikut Cara Posting Cuitan Twitter ke Instagram Story

  • 25 Juni 2021, 12:30 WIB
Twitter menghadirkan fitur terbaru yang memberikan kemudahan pengguna membagikan cuitan ke Instagram Story.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS