Cara Daftar OpenSea dan Trik Jual NFT Seperti Ghozali Everyday - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
NFT
lifestyle
NFT
Photo: The Verge
NFT

ZIGI – Pemuda asal Indonesia bernama Ghozali sukses mencuri perhatian dunia setelah ia mampu menjual foto selfie dirinya dalam bentuk NFT di situs OpenSea. Tak tanggung-tanggung, melalui akun Twitternya @Ghozali_Ghozalu, ia diketahui meraup pendapatan hingga miliaran rupiah hanya dengan menjual foto wajahnya.

Lantas, seperti apa kisah sukses Ghozali yang bisa mendapatkan uang begitu banyak melalui internet? Bagaimana trik Ghozali menjual ratusan fotonya di OpenSea? Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Foto Diambil Selama Lima Tahun

Ghozali Everyday
Photo : Twitter.com
Ghozali Everyday

Dalam akun Twitternya, Ghozali menceritakan bahwa aset digital yang ia jual sebagai NFT adalah foto selfienya setiap hari selama lima tahun sejak 2017 hingga 2021. Akun NFT miliknya kemudian diberi nama Ghozali Everyday.

"Ini benar-benar fotoku ketika berada di depan komputer setiap hari," keterangan akun NFT Ghozali di opensea.io/Ghozali_Ghozalu, dikutip Zigi.id, Kamis, 13 Januari 2022.

Tanpa diduga, foto selfienya tersebut dibeli oleh banyak pihak seperti Scozzi, JSPTTZ, hingga Comcool. Ratusan foto tersebut memperlihatkan Ghozali dalam berbagai kegiatan namun tetap dengan gaya tanpa ekspresi.

Per hari Rabu, 12 Januari 2022, satu NFT Ghozali Everyday dihargai nyaris Rp45 juta, meroket signifikan mengingat saat pembukaannya NFT tersebut hanya terjual Rp46 ribu saja. Diperkirakan Ghozali mendapat Rp1,5 miliar dari seluruh penjualan dan saat ini di akun OpenSea, hanya empat foto Ghozali yang tersisa. Meski foto selfienya mampu membuat Ghozali kaya mendadak, namun ia mengaku cukup khawatir jika gambar-gambar itu disalahgunakan.

Apa Itu NFT?

NFT
Photo : Berbagai sumber
NFT

Non-Fungible Token (NFT) adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, foto, hingga video yang diperjualbelikan secara online. Sebenarnyam NFT telah ada sejak tahun 2014, namun baru semakin dikenal luas beberapa tahun terakhir ini.

Menurut Forbes, setidaknya ada $174 juta (Rp2,5 triliun) telah dihabiskan banyak orang untuk membeli NFT sejak November 2017. Ketua Dewan Asosiasi Industri Teknologi Washington Cascadia Blockchain dan Direktur Pelaksana Yellow Umbrella Ventures, Arry Yu menjelaskan, NFT pada umumnya memiliki nomor kode pengenal yang unik dan bisa menciptakan kelangkaan digital. 

Dari sanalah, banyak orang mau merogoh kocek cukup dalam karena NFT memungkinkan pembeli untuk bisa memiliki barang asli dalam bentuk digital. NFT juga berisi otentikasi suatu sebagai bukti kepemilikan para kolektor yang sangat menghargai “digital bragging rights.” Singkatnya, NFT adalah sertifikat keaslian sebuah aset digital dilengkapi dengan kode unik yang bisa melacak penerbit token, pemilik awal, dan terakhir untuk karya yang bisa dikoleksi.

Cara Menjual NFT di Opensea

OpenSea
Photo : OpenSea
OpenSea

Kembali ke fenomena Ghozali Everyday, ia menjual foto selfienya di OpenSea, sebuah marketplace NFT terbesar di dunia untuk saat ini. Platform ini tidak membatasi pengguna untuk memperjual belikan aset digital mulai dari cryptokitties, karya seni, nama domain, hingga foto seperti Ghozali.

Nah, buat kamu yang ingin meniru Ghozali menjual aset digital di OpenSea, kamu terlebih dahulu harus mempunyai akun yang sudah terdaftar. Adapun cara membuat akun di OpenSea adalah sebagai berikut:

  1. Buka web browser yang kamu gunakan dan langusng menuju OpenSea
  2. Kemudian, klik icon dompet di kanan atas, lalu pilih MetaMask
  3. Setelah itu kamu harus menginstal browser extension MetaMask di perangkatmu
  4. Jika sudah, buat akun wallert dengan cara tekan Create A Wallet, masukkan password yang aman
  5. Selanjutnya klik kotak I Have Read dan lalu tekan Create dan kamu akan diarahkan ke halaman perkenalan MetaMask, lalu klik Next
  6. Nantinya, akan muncul Secret Recovery Phase yang harus kamu simpan dengan baik
  7. Kata rahasia tersebut harus kamu catat dan masukkan dengan benar sesuai urutan
  8. Selanjutnya tekan Confirm maka akan muncul notifikasi jika akun kamu sudah berhasil diaktivasi dan terakhir tekan All Done

Setelah mempunyai akun, kamu bisa menjual suatu karya aset digital di OpenSea. Seperti dilansir dari Alphr, berikut ini Langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masuk ke situs OpenSea.io dan log in ke akun yang sudah kamu daftarkan
  2. Klik foto profilmu di bagian kanan atas kemudian pilih 'Profile'
  3. Selanjutnya tentukan NFT yang ingin kamu jual dari wallet milikmu kemudian pilih 'Sell' untuk menuju pada halaman penjualan
  4. Jika sudah, pilih jenis dan harga jual di mana kamu bisa menetapkan harga tetap atau melelangnya. Jika kamu memilih lelang, kamu perlu mengisi harga awal, waktu kedaluwarsa, dan ambang harga seperti lelang pada umumnya
  5. Setelah pengaturan penjualan selesai langsung saja klik 'Complete Listing'
  6. Bagi kamu yang baru pertama kali menjual NFT, kamu perlu memverifikasi akun wallet dengan cara menyelesaikan dua transaksi. Pertama, untuk menginisiasi akunmu untuk penjualan, dan yang kedua adalah memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan berlangsung.
  7. Terakhir, jika sudah membayar fee maka segera konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang ingin dijual di OpenSea. Kamu bisa menggunakan kolom 'Activity' di sebelah kiri untuk melihat daftar aset digital yang sedang dijual.

Itulah kisah Ghozali yang menjadi sultan mendadak setelah berhasil menjual NFT di platform OpenSea. Buat kamu yang tertarik mengikuti jejak Ghozali, selamat mencoba guys.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

OpenSea PHK Karyawan Usai Penjualan NFT Drop dan Masalah Internal

  • 15 Juli 2022, 15:19 WIB
Perusahaan OpenSea dikabarkan mem-PHK 20 persen karyawan setelah penjualan NFT turun karena badai kripto.

Grup BTS Hiatus, HYBE Fokus Kembangkan Weverse dan NFT

  • 28 Juni 2022, 10:34 WIB
Setelah hiatus BTS, HYBE tengah memfokuskan bisnis perusahaannya dalam pengembangan platform Weverse dan NFT.

Binance Gaet Cristiano Ronaldo Rilis NFT Akhir Tahun 2022

  • 27 Juni 2022, 11:13 WIB
Perusahaan bursa kripto milik Changpeng Zhao, Binance menggandeng Cristiano Ronaldo untuk merilis NFT pada akhir tahun 2022.

5 Marketplace NFT Populer di Tahun 2022

  • 18 Juni 2022, 07:00 WIB
Bursa transaksi NFT semakin ramai dengan kehadiran marketplace yang menawarkan berbagai kemudahan masing-masing.

Bill Gates Sebut Kripto dan NFT Didasarkan pada Teori Kebodohan

  • 16 Juni 2022, 10:42 WIB
BIll Gates menyebut bahwa kripto dan NFT sebagai aset yang didasarkan pada teori kebodohan atau The Greater Fool Theory.

5 Fakta NFT Bored Ape Yatch Club, Bakal Diadaptasi ke Film

  • 14 Juni 2022, 17:27 WIB
Bored Ape menjadi salah satu NFT dengan harga yang sangat fantastis, bahkan sempat terjual di harga Rp49 Milliar.
The Latest
Tyo Nugros

5 Tips Awet Muda Ala Tyo Nugros, Selalu Jaga Asupan Makan

  • 08 Februari 2023, 07:00 WIB
Pocari Sweat Run Indonesia 2023

Pocari Sweat Run Indonesia 2023 Digelar Juli, Didukung Daniel Mananta

  • 06 Februari 2023, 18:40 WIB
Makanan pencegah penuaan dini

8 Rekomendasi Makanan Pencegah Penuaan Dini

  • 05 Februari 2023, 19:00 WIB
BragMen, gym di Tokyo bertema One Piece

4 Fakta BragMen, Gym Bertema One Piece dengan Pelatih Bajak Laut

  • 03 Februari 2023, 17:22 WIB
Ilustrasi Skin Flooding

Mengenal Perawatan Skin Flooding Viral di TikTok, Bikin Wajah Lembap

  • 02 Februari 2023, 18:34 WIB
INDEKS