Logo
Cara Chat Dosen
lifestyle
Cara Chat Dosen yang Baik dan Benar Biar Enggak Diabaikan
Photo: pexels.com/KeiraBurton

ZIGI – Bagi kalian para mahasiswa, cara chat dosen yang baik ternyata menjadi salah satu kunci mudah atau tidaknya berbagai urusan di kampus. Misalnya saat hendak mengurus skripsi, biasanya dosen akan lebih antusias membantu mahasiswa yang menghubunginya dengan baik, sopan dan penuh etika.

Sebaliknya, sering kali dosen mengabaikan pesan mahasiswa karena isi chatnya kurang beretika. Nah, biar urusanmu di kampus dengan dosen dapat lebih mudah diselesaikan, berikut Zigi.id bagikan cara chat dosen yang baik. Dijamin dosen kamu bakal segera meresponnya. 

Cara Chat Dosen Via SMS, WhatsApp atau Messenger


Source: pexels.com

Pada umumnya, cara chat dosen via SMS, WhatsApp atau Messenger di berbagai kampus etikanya sama. Perlu diingat ya, seakrab apa pun hubungan kamu dengan dosen, ketika berkomunikasi tetap harus mendahulukan etika.

Melansir dari laman Fakultas Teknik UGM, berikut ini adalah cara chat dosen untuk konsultasi KRS online, bimbingan proposal dan lain sebagainya. Simak ya.

1. Perhatikan Waktu

Perhatikan kapan kamu mengirim pesan ya. Hindari menghubungi dosen pada jam istirahat, beribadah, malam hari atau saat hari libur. Sebab, dosen juga memiliki kesibukan lain yang wajib untuk kamu hormati.

2. Gunakan Bahasa yang Sopan

Meski sifatnya pesan singkat, tetapi tetap gunakan bahasa yang baku, sopan dan tidak disingkat-singkat. Hindari kata-kata gaul seperti otw, sy, gpp dan lain sebagainya.

3. Gunakan Salam

Untuk memulai pesan, gunakan salam seperti Selamat pagi, Selamat siang, Assalamualaikum wr.wb dan yang lainnya. Khusus untuk Assalamualaikum wr wb, jangan sampai disingkat menjadi kata "ass".

4. Perkenalkan Diri

Setelah itu, perkenalkan dirimu supaya dosen yang dihubungi tahu bahwa kamu adalah mahasiswanya. Sebagai contoh; Pak/Bu, nama saya Donny, mahasiswa S1 Teknik Mesin angkatan 2016.


Source: TextMarks

5. Pakai Kata Permohonan

Sebagai contoh ketika kamu chat dosen untuk bimbingan proposal skripsi, maka gunakan kata permohonan setelah mengucap salam dan memperkenalkan diri. Kata permohonan tersebut antara lain mohon maaf jika berkenan atau mohon bantuan (apabila memerlukan bantuan).

6. To The Point

Jangan sampai saat kamu berkomunikasi dengan dosen isi pesannya bertele-tele. Buatlah pesan yang to the point singkat, padat dan jelas setelah langkah di atas dilakukan. Misalnya, "Mohon maaf Pak, saya ingin bertemu bapak untuk melanjutkan konsultasi saya terkait proposal skripsi."

7. Tidak Memakai Kata Ganti

Etika menghubungi dosen selanjutnya adalah tidak memakai kata ganti seperti kamu atau anda. Cara ini dapat lebih menghargai dosen sehingga keperluanmu dengan dosen dijamin lancar.

8. Berperilaku Baik

Ya, saat chat dosen entah untuk keperluan apa pun, kamu tetap harus mengedepankan perilaku yang baik dan sopan. Perilaku baik tersebut di antaranya seperti tidak memaksa, tidak mengintimidasi, tidak terburu-buru dan tidak menggurui.

9. Ucapkan Terima Kasih

Terakhir, tutuplah isi pesan kamu dengan ucapan "Terima Kasih" karena atas bantuan dosen, kamu bisa menyelesaikan berbagai keperluan di kampus dengan baik.

Contoh Chat Dosen


Source: pexels.com

"Assalamualaikum Bu. Nama saya Donny, mahasiswa S1 Teknik Mesin angkatan 2016. Mohon maaf, terkait proposal skripsi yang sedang saya susun, apakah saya boleh menambahkan literatur tambahan? Terima kasih, wassalamualaikum, maaf mengganggu."

Begitulah cara chat dosen yang baik, yang bisa kamu gunakan untuk konsultasi KRS online, bimbingan proposal skripsi, dan masih banyak lagi.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Ilustrasi

5 Kesalahan yang Dilakukan Mahasiswa Saat Mengelola Keuangan

  • 17 Juli 2021, 15:51 WIB
Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam mengatur keuangan, salah satunya tidak membuat anggaran dasar.
WhatsApp

5 Fitur WhatsApp yang Berguna dan Tak Banyak Orang Tahu

  • 05 Juli 2021, 18:49 WIB
Berikut sejumlah fitur WhatsApp yang tidak diketahui banyak orang. Bermanfaat untuk sejumlah kepentingan.
Cara Membuat Stiker WhatsApp

Cara Buat Stiker WhatsApp Pakai Aplikasi di Android dan iPhone

  • 23 Juni 2021, 07:16 WIB
Cara buat stiker WhatsApp pakai foto sendiri menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk pengguna Android dan iPhone.
Beasiswa Keguruan RUBIC

Beasiswa Keguruan RUBIC 2021 Dibuka di 12 Kampus Ini

  • 17 Juni 2021, 18:10 WIB
Beasiswa Keguruan RUBIC 2021 adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Bina Cendikia (RUBIC).
SBMPTN

6 Langkah Mengikuti Gerakan Calon Mahasiswa Indonesia Adaptif

  • 15 Juni 2021, 13:14 WIB
LTMPT berharap mahasiswa baru menunjukkan komitmennya sebagai generasi penerus dalam gerakan #CalonMahasiswaIndonesiaAdaptif.
WhatsApp

3 Fitur Baru WhatsApp Dikonfirmasi oleh Mark Zuckerberg

  • 04 Juni 2021, 13:58 WIB
Berikut tiga fitur baru aplikasi WhatsApp yang akan dirilis dalam waktu dekat, untuk privasi dan kenyamanan pengguna.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS