Logo
Android 12
lifestyle
Arti Tanda Petir di Android 12 saat Install Game
Photo: Google

ZIGI – Sistem operasi (OS) Android 12 yang belum lama ini diluncurkan, terus melakukan berbagai macam inovasi terutama dalam dunia game. Terbaru, pengguna bakal melihat tanda petir yang menghiasi tombol ‘Install’ saat mengunduh sebuah game di Google Play Store.

Lantas, apa arti tanda petir yang dimunculkan Google untuk sistem Android 12 tersebut? Adakah fitur-fitur tambahan yang bisa digunakan pemakainya untuk mempermudah penggunaan? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai bawah ya.

Arti Tanda Petir Android 12

Photo : androidcomunity.com

Melansir dari situs Beebom, 16 Juli 2021, dalam ajang Google for Games Developer Summit 2021 yang digelar 12-13 Juli 2021 kemarin, Google memperkenalkan sejumlah fitur terbarunya. Selama presentasi berlangsung, perusahaan memamerkan Game Dashboard untuk Android 12 yang memungkinkan para pemain untuk melihat tampilan overlay di atas game mereka.

Game Dashboard tersebut akan bisa diakses pengguna Android 12 untuk merekam gameplay, membuat screenshot, dan lain sebagainya ketika bermain game. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses fitur tambahan selama sesi permainan seperti perekaman layar, penyesuaian kecerahan, kunci rotasi, streaming langsung YouTube, dan masih banyak lagi.

Menurut penjelasan Google, apabila sebuah game memiliki sistem Play Asset Delivery, maka game tersebut akan ditandai dengan ikon menyerupai ‘tanda petir’ yang menghiasi tombol ‘Install’ di Google Play Store.

Artinya, game tersebut sudah bisa dimainkan walaupun kamu belum selesai 100 persen saat mengunduhnya, yang kemudian dikenal dengan nama Play As you Download. Sebelumnya, aplikasi yang ada di Google Play Store harus diunduh 100 persen terlebih dahulu sampai akhirnya bisa dioperasikan.

Bermain Saat Mengunduh

Photo : The Verge

Fitur Play As you Download atau Mainkan Saat kamu Mengunduh pada dasarnya memungkinkan penggunanya untuk bisa memainkan game sebelum sepenuhnya diunduh di perangkat mereka. Dalam ajang Google for Games Developer Summit, Google juga mendemonstrasikan bagaimana fitur terbaru mereka ini bekerja.

Salah satu game berjudul Touchgrind BMX yang berukuran 127 MB sudah bisa dimainkan meski proses unduhannya baru 18 persen. Meski begitu, belum jelas apakah semua game nantinya bisa dimainkan ketika proses download baru mencapai minimal 18 persen atau lebih. Kemungkinan, batas minimal unduhan untuk fitur tersebut tetap akan tergantung ukuran (size) game yang sedang diunduh.

Sistem Operasi (OS) Android 12

Photo : Google

Sebelumnya, Google telah meningkatkan kinerja Android 12 yang diklaim akan lebih responsif dan hemat daya. Sistem operasi Android paling mutakhir ini bahkan disebut-sebut mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Selain itu, OS Android 12 sendiri juga sudah dibekali dengan sejumlah fitur baru dan berbagai penyempurnaan, terutama pada bagian desain yang kini tampil lebih elegan dan dikenal dengan nama ‘Material You’.

Android 12, juga menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk lebih menjamin keamanan data pribadi penggunanya. Sekarang, OS Android 12 masih dalam tahap beta preview dan versi finalnya dikabarkan bakal meluncur sekitar September atau Oktober 2021 mendatang.
 

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
Aloy merupakan karakter baru yang dihadirkan Genshin Impact. Karakter ini bisa didapatkan secara gratis dengan waktu terbatas.
eFootball

Game Pro Evolution Soccer Tak Sekadar Ganti Nama Jadi eFootball

  • 22 Juli 2021, 10:23 WIB
Konami mengganti nama game Pro Evolution Soccer jadi eFootball, RIP PES trending di Twitter
Si Buta dari Gua Hantu

Si Buta dari Gua Hantu Jadi Hero Baru di Game MOBA Lokapala

  • 16 Juli 2021, 14:42 WIB
Kini setelah puluhan tahun melegenda, Si Buta dari Gua Hantu kembali muncul dengan menjadi hero baru di game Lokapala.
Free Fire

Cara Dapat Hadiah Free Fire di Event Spesial Idul Adha

  • 13 Juli 2021, 12:38 WIB
Event Free Fire spesial Hari Raya Idul Adha 2021 bertajuk Booyah Bersama, Solidaritas Terjaga. Raih sejumlah hadiah menariknya.
Sausage Man

Download Sausage Man, Game Battle Royale iOS & Android Lagi Viral

  • 12 Juli 2021, 19:02 WIB
Sausage man merupakan game battle royale untuk ponsel, yang menggunakan karakter lucu dan menggemaskan. Sudah coba?
Free fire

Cara Mendapatkan Skin Senjata M1014 Wasteland Gratis di Free Fire

  • 12 Juli 2021, 15:50 WIB
Berikut cara mudah mendapatkan skin senjata M1014 Wasteland di Free Fire, pada event Hujan Kejutan yang dimulai pada 6 Juli 2021
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS