Aplikasi Whosfan Dihapus Google Play Store Karena Kasus Hak Cipta - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Whosfan
lifestyle
Whosfan
Photo: Whosfan
Whosfan

ZIGI – Google telah menghapus aplikasi Whosfan sejak 2 Agustus 2021 dari Play Store. Aplikasi milik perusahaan Hanteo ini dihapus karena tuduhan pelanggaran hak cipta.

Dilansir dari AllKpop, pihak Hanteo berencana mengajukan gugatan kepada Google karena aksi tersebut. Dengan alasan semua video dan audio yang disediakan pada aplikasi memiliki lisensi untuk digunakan.

Akibat hal ini, Whosfan harus kehilangan 4 juta pengguna begitu saja. Padahal mereka berniat meluncurkan versi baru dalam waktu dekat. Sementara Google tidak bisa mengembalikan aplikasi yang telah mereka hapus.

Sebenarnya, apa itu Whosfan yang tidak asing di kalangan K-popers? Yuk simak artikel ini. 

Tanggapan Google

image
Photo : Shutterstock

Google menanggapi atas banding yang dilayangkan oleh pihak perusahaan Hanteo. Namun, pihak Google hanya mengatakan bahwa Hanteo tidak bisa memulihkan aplikasi tersebut. Selain itu, Google menjawab bahwa penghapusan aplikasi tersebut tidak akan langsung berdampak pada status akun pengembang Google Play.

Meskipun aplikasi Whosfan telah dihapus, Hanteo tetap bisa menerbitkan aplikasi yang baru. 
Perusahaan Hanteo Global sedang berupaya menerbitkan ulang aplikasi tersebut, sebagai aplikasi baru di Play Store.

Tak hanya itu, Hanteo berencana untuk mengambil tindakan hukum terhadap Google karena telah menghapus aplikasi yang memiliki 4 juta pengguna. Jika Hanteo meluncurkan aplikasi baru, maka seluruh pengguna Whosfan sebelumnya dipastikan harus melakukan pendaftaran ulang.

Apa itu Whosfan?

image
Photo : Situs resmi Whosfan

Whosfan adalah salah satu aplikasi yang wajib dimiliki komunitas penggemar K-Pop milik perusahaan Korea Selatan, Hanteo. Aplikasi ini biasanya digunakan bagi penggemar untuk memverifikasi album di Hanteo Chart, serta memberikan voting di berbagai program.

Tujuan dari aplikasi ini untuk mengumpulkan suara para penggemar global di dunia fandom yang terus berubah, untuk menciptakan budaya di mana para artis dan penggemar merasa puas. Melalui aplikasi Whosfan, pengguna bisa memeriksa grafik penjualan album secara real time.

Menurut klaim dari Whosfan, pengguna bisa menemukan berita grafik idola K-Pop lebih cepat dibandingkan aplikasi lainnya. Dengan membaca artikel berita di Whosfan, pengguna bisa membantu menaikkan peringkat Star Chart artis. 

Aplikasi ini menawarkan total 107 saluran, termasuk saluran BTS, EXO, Seventeen, Blackpink, Twice, IZ*ONE, GOT7, Super Junior, Kang Daniel, Taeyeon, Monsta X, Ateez, iKON, TXT, dan masih banyak lagi. Sebelumnya, aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan Apple Store. Namun, setelah mendapatkan tuduhan pelanggaran hak cipta, aplikasi Whosfan kini telah menghilang di Google Play Store. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended

Mengenal Yandex, Mesin Pencarian Asal Rusia Disebut Pesaing Google

  • 11 Januari 2023, 17:43 WIB
Mengenal mesin pencarian Yandex berasal dari Rusia, mau menyaingi Google dan bisa diakses secara bebas termasuk Indonesia.

Mengenal OpenAI dan ChatGPT, Disebut Jadi Pesaing Google

  • 06 Desember 2022, 12:30 WIB
Pengertian hingga cara penggunaan ChatGPT, chatbot keluaran OpenAI yang disebut-sebut bakal mengalahkan Google.

5 Fakta Jerry Lawson, Pionir Gim Konsol di Google Doodle Hari Ini

  • 01 Desember 2022, 13:14 WIB
Fakta menarik Gerald Jerry Lawson, pionir gim konsol kulit hitam pertama yang muncul di Google Doodle hari ini 1 Desember 2022.

Ada 400 Aplikasi Berbahaya, Data Pengguna Facebook Rentan Dicuri

  • 09 Oktober 2022, 17:02 WIB
Meta identifikasi 400 aplikasi di Play Store dan Apple Store, peringatkan hampir 1 juta data pengguna Facebook rentan dicuri.

Media Sosial Besutan Donald Trump Dilarang di Google Play Store

  • 31 Agustus 2022, 13:31 WIB
Google melarang mendistribusikan media sosial milik Donald Trump, Truth Social karena melanggar kebijakan moderasi konten.

Pusat Data Meledak Jadi Penyebab Google Down Hari Ini

  • 09 Agustus 2022, 19:01 WIB
Bersamaan dengan Google down, mesin pencarian raksasa ini mengalami insiden arc flash yang menyebabkan tiga orang terluka.
The Latest
Sportel Bali

Mengenal Sportel Bali 2023 yang Akan Digelar 23-24 Februari

  • 31 Januari 2023, 10:45 WIB
Nessie Judge

4 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Ala Nessie Judge

  • 29 Januari 2023, 08:00 WIB
Minuman untuk mengecilkan perut buncit

6 Jenis Minuman untuk Mengecilkan Perut Buncit, Termasuk Teh Hijau

  • 28 Januari 2023, 12:00 WIB
Gua Sha

5 Manfaat Gua Sha, Mengurangi Kerutan hingga Menghilangkan Pusing

  • 27 Januari 2023, 07:00 WIB
Sheila On 7

Kejutan Konser Sheila On 7 di Jakarta, Ada Band Cokelat dan Perunggu

  • 26 Januari 2023, 13:29 WIB
INDEKS