Logo
Hubungan Platonis
lifestyle
Apa Itu Hubungan Platonik? Gini Fakta dan Penjelasannya
Photo: unsplash

ZIGI – Ada sebuah perumpamaan yang menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan tidak mungkin bisa berteman. Banyak orang mengira, salah satu dari mereka pasti ada yang jatuh cinta. Ternyata, hubungan ini seringkali disebut sebagai platonic relationship atau hubungan platonis (hubungan planoik). 

Menurut analogi dari Platon dilansir dari Maclynninternational.us, hubungan platonik mendekatkan dua orang dengan tujuan yang lebih besar dan memotivasi diri menjadi lebih baik. Hubungan platonik juga bisa digambarkan sebagai hubungan yang mengikat dua orang tanpa adanya ketertarikan secara seksual atau hal-hal romantis.

Penasaran dengan penjelasan selengkapnya serta cara mengindari hubungan platonik? Yuk simak artikel yang telah dirangkum tim Zigi.id di bawah ini.

Kemungkinan Hubungan Platonik Terjadi Antar Teman

Photo : unsplash

Hubungan platonik sangat mungkin terjadi apabila ada kesepakatan atau pemahaman yang sama antara pria atau wanita yang menjalin pertemanan. Bahkan persahabatan yang berlandaskan hubungan platonik membuat mereka bisa memiliki kekasih tanpa mengganggu hubungan pertemanan.

Keuntungan dari Hubungan Platonik

Photo : unsplash

Keuntungan pertama dari hubungan platonik adalah mengurangi kekhwatiran atas perasaan kehilangan. Biasanya, hubungan pacaran yang tidak langgeng akan berakhir putus. Kondisi ini sangat berbeda dengan hubungan platonik yang berangkat dari kemurnian.

Hubungan platonik membuat persahabatan antara lawan jenis menjadi pertemanan yang murni, tanpa ada ikatan sejak awal. Hal tersebut membuat kamu tidak perlu merasa risau bila suatu saat hubungan diterpa masalah. Karena kalian dapat menyelesaikan permasalahan tanpa takut akan putusnya hubungan. 

Hubungan platonik juga tidak membuat kedua belah pihak saling menuntut atau berharap lebih satu sama lain. Berbeda dengan hubungan romantis yang cenderung memiliki rasa tanggung jawab atau harapan-harapan untuk masa depan. Keterlibatan emosional yang lebih rendah ini membuat hubungan platonik lebih mudah untuk dijalani.

Hubungan Platonik Tidak Mempengaruhi Kepentingan

Photo : Freepik.com

 

Dalam hubungan romantis, biasanya setiap pihak akan saling berkorban untuk kepentingan berdua. Agar hubungan terjaga, upaya mempertahankan dengan mengorbankan kebutuhan atau keinginan pribadi harus dilakukan.

Namun, hal tersebut berbeda dengan hubungan platonik yang tidak disertai dengan emosional dan saling mendukung satu sama lain tanpa pamrih. Sikap ini membuat hubungan platonik tidak mempengaruhi kepentingan masing-masing pihak dan justru mendukung agar keduanya berkembang ke arah lebih baik.

Jika kamu sedang menjalani persahabatan dengan hubungan platonik, tidak ada rasa saling ketergantungan yang membuat kesibukan masing-masing pihak terganggu. Hubungan platonik membuat persahabatan menjadi lebih fleksibel dan mudah untuk dijalani.

Hubungan platonik sendiri terlahir karena keinginan menjalin persahabatan yang tulus antara pria atau wanita tanpa melibatkan keintiman seksual. Selain itu, ini juga dapat membantu kalian yang mejalin persahabatan tanpa beban atau takut kehilangan. Setelah mengikuti tips di atas, sobat Zigi.id pastinya dapat mempertahankan persahabatan yang murni dengan lawan jenis sekali pun.

  • Editor: Vica Nurul Aini
Recommended
Stromae

5 Fakta Lagu Alors On Danse - Stromae, Lirik dan Terjemahan

  • 25 Juli 2021, 17:50 WIB
Lirik lagu Alors On Danse milik Stromae lengkap terjemahan bahasa Prancis dan Indonesia. Kini tengah viral di TikTok.
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Film Selesai dibintangi Gading Marten, Ariel Tatum, Anya Geraldine akan tayang di situs Bioskop Online. Sinopsis bahas percintaan.
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Drama Extraordinary You mulai tayang di NET TV per Minggu, 25 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. Daftar pemain hingga sinopsis cerita.
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Tinggi dan berat badan Jeon Somi jadi perbincangan di Twitter. Padahal Jeon Somi rajin olahraga dan sangat suka makan.
Emil Mario

Profil, Biodata, Agama, Emil Mario Lengkap Tanggal Lahir

  • 25 Juli 2021, 12:25 WIB
Profil, biodata, agama, tanggal lahir Emil Mario. TikTokers yang sering viral kini sudah miliki lebih dari 5,1 juta pengikut.
Herlin Kenza

Biodata Herlin Kenza, Selebgram Aceh Jadi Tersangka Kerumunan

  • 25 Juli 2021, 10:44 WIB
Profil, biodata, pekerjaan Herlin Kenza, selebgram Aceh diduga membuat kerumunan di tengah pandemi Covid-19.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS