Logo
Cryptocurrency
lifestyle
Apa Itu Cryptocurrency? Gini Cara Menggunakannya
Photo: shutterstock

ZIGI – Investasi cryptocurrency (mata uang kripto) begitu diminati berbagai kalangan, karena memberikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran bila banyak orang yang menggandrungi mata uang digital ini sebagai instrumen investasi. 

Cryptocurrency adalah kelas aset baru yang menarik, namun memiliki risiko tinggi jika tidak melakukan riset yang mendalam. Sebelum membelinya, kamu harus mengetahui apa itu cryptocurrency serta cara kerjanya. Yuk, simak penjelasan yang telah dirangkum Zigi.id di bawah ini!

Apa itu Mata Uang Kripto atau Cryptocurrency?

Photo : shutterstock

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang terdesentralisaasi berdasarkan teknologi blockchain, seperti dikutip dari Forbes. Jadi tidak ada perantara dalam transaksi, mata uang ini hampir tidak mungkin untuk dipalsukan.

Mata uang digital ini dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa, meskipun banyak orang yang menggunakan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Transaksi cryptocurrency dilakukan secara peer to peer, di mana pengirim secara langsung mengirimkan cryptocurrency kepada penerima tanpa adanya perantara. 

Cryptocurrency tidak diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga bukan termasuk alat pembayaran yang sah di Indonesia. Mata uang ini dudukung oleh sovereign currency (diterbitkan Bank Sentral). 

Selain itu, Kementrian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah menerbitkan aturan baru terkait perdagangan mata uang digital ini di Indonesia. Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Perba) Nomor 7 tentang Penetapan daftar aset kripto yang dapat diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto. 

Jenis-jenis Cryptocurrency

Photo : shutterstock

Dilansir dari Coinmarketcap, terdapat lebih dari 5000 jenis cryptocurrency di seluruh dunia. Namun, tidak semua jenis cryptocurrency dapat diperdagangkan secara publik.

Di Indonesia, Bappepti telah menerbitkan 229 jenis kripto yang diakui dan dapat diperdagangkan secara resmi. Berikut jenis-jenis cryptocurency yang paling populer di Indonesia:

Pertama adalah Bitcoin. Ini adalah adalah aset kripto yang paling terkenal di seluruh penjuru dunia. Jenis mata uang ini diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Saat ini kapitalisasi Bitcoin merupakan yang terbesar di dunia. 

Lalu Ethereum, aset kripto yang memiliki kapitalisasi terbesar setelah Bitcoin. Mata uang digital ini diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014. Pada akhir April 2021, Ethereum atau ETH sempat mencetak rekor all high time dengan harga Rp 40 juta per kepingnya. 

Ketiga adalah dogecoin yang diciptakan oleh insinyur perangkat lunak bernama Billy Markus, pada tahun 2013. Biasanya pengguna dogecoin digunakan untuk transaksi kecil dan memberi tip, karena nilainya jauh lebih rendah daripada bitcoin. 

Binance Coin adalah aset kripto yang diterbitkan oleh Binance Exchange pada tahun 2017 silam. Binance atau BNB memiliki kapitalisasi pasar terbesar keempat dunia. 

Terakhir adalah tether, yang diluncurkan pada tahun 2014, mata uang digital dengan nilai yang mencerminkan nilai dolar AS. Mata uang ini diciptakan untuk menciptakan mata uang digital yang stabil, yang dapat digunakan seperi dola digital atau 'stable coin'. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce terus mengampanyekan kepada generasi milenial tentang apa pentingnya investasi.
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Income

7 Jenis Income yang Perlu Kamu Tahu Sejak Muda

  • 13 Juli 2021, 21:12 WIB
Andika Sutoro Putra menjelaskan tujuh jenis income atau sumber pendapat dari active dan passive income.
Crypto.com

Sejarah Besar Tercipta, Crypto.com Resmi Jadi Sponsor UFC

  • 10 Juli 2021, 16:44 WIB
Kontrak kerja sama Crypto.com dan UFC digadang-gadang senilai US$175 juta atau setara Rp2,5 triliun selama 10 tahun ke depan.
Ilustrasi

7 Ciri Kamu Belum Matang Secara Finansial

  • 10 Juli 2021, 08:00 WIB
Berikut ciri-ciri seseorang belum matang secara finansial. Hindari kebiasaan buruk tersebut untuk mendapatkan kebebasan finansial.
Ilustrasi

5 Rekomendasi Game HP untuk Bantu Pahami Investasi dan Bisnis

  • 07 Juli 2021, 18:36 WIB
Rekomendasi game edukasi bisnis dan investasi: TradeHero, Monopoly, hingga Billionaire Capitalist Tycoon.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS