Logo
Raditya Dika
lifestyle
8 Tips Untuk Tetap Produktif Selama PPKM ala Raditya Dika
Photo: youtube/radityadika

ZIGI – Selama dilaksanakannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), beberapa aktivitas dibatasi sehingga membuat banyak orang merasa dirinya kurang produktif. Meski ada keterbatasan, sebagai penulis dan komedian Raditya Dika tetap produktif menghasilkan karya yang dapat menghibur masyarakat Indonesia.

Kali ini, Raditya Dika membagikan sejumlah tips produktif selama PPKM kepada penggemarnya. Lantas apa saja tips dari produktif tersebut? Yuk simak tipsnya, yang dilansir dari kanal YouTube Raditya Dika!

Baca juga: 7 Rekomendasi Kegiatan Produktif di Rumah Selama PPKM Darurat

1. Membuat to do list dan mencatat

Photo : Shutterstock

To do list merupakan daftar aktivitas yang harus dilakukan pada hari itu juga. Dengan adanya to do list, akan membuat kamu lebih bertanggungjawab untuk melakukannya. To do list menjadi urutan skala prioritas yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Jangan ragu untuk mencatat hal-hal kecil yang mungkin akan terlupa. To do list memiliki kepuasan tersendiri, setelah melakukan aktivitas tersebut kemudian mencontreng list yang telah dibuat.

Secara pribadi, Raditya Dika menggunakan Google Keep untuk mencatat setiap aktivitas yang akan dilakukan. Melalui Google Keep, kamu dapat mencatat daftar aktivitas melalui ponsel dan laptop. Beberapa orang mencatat to do list dengan caranya sendiri, seperti menulis di jurnal, post it, dan masih banyak cara lainnya. Dengan adanya to do list, membuat kamu membiasakan diri untuk mencatat aktivitas penting yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

2. Dahulukan hal-hal kecil

Photo : Shutterstock

Memang mengerjakan hal yang besar sekaligus memang akan membuat kesulitan banyak orang. Maka dari itu, Raditya Dika membagikan tips untuk mencicil pekerjaan menjadi beberapa bagian kecil. Lebih baik fokus terhadap pekerjaan yang kecil terlebih dahulu, dibanding langsung fokus pada suatu hal yang besar. Dengan begitu, kamu juga akan lebih cepat menyelesaikan perkerjaan, dibandingkan hanya membayangkan betapa besar pekerjaan tersebut. Pekerjaan sebanyak dan seberat apapun, jika dicicil akan terasa lebih ringan. 

3. Membuat proyek secara bersamaan

Photo : youtube/radityadika

Ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk tetap produktif. Alih-alih fokus mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu, Raditya Dika memilih mengerjakan beberapa proyek dalam waktu yang bersamaan dengan membagi waktu sepenggal-sepenggal. 

"Dalam sehari gue membagi waktu untuk ngerjain skrip film selama satu jam, lalu nulis skrip YouTube satu jam, habis itu bikin materi persentasi untuk kelas menulis satu jam,” ungkap Raditya, yang dikutip Zigi.id dari kanal Youtube miliknya. 

Cara ini cocok bagi seseorang yang mudah bosan, sehinga tetap fokus pada kerjaan sampai selesai. Jangan mengerjakan proyek terlalu banyak yang akhirnya akan membuat kamu menjadi stres. 

4. Jangan lupa bersenang-senang

Photo : youtube/radityadika

Kombinasikan waktu untuk bekerja dan bersenang-senang, demi mendapatkan keseimbangan. Dengan begitu, kamu memberikan penghargaan kepada diri sendiri karena telah bekerja dengan keras. Setelahnya, kamu akan bersemangat lagi untuk kembali bekerja. Namun, jangan sampai kebablasan untuk bersenang-senang sehingga lupa waktu untuk melakukan pekerjaan. 

5. Punya jam yang lebih spesifik

Photo : Shutterstock

Rahasia Raditya Dika tetap produktif selama PPKM adalah memiliki satu waktu yang spesifik, khususnya dalam bekerja. Kamu dapat meluangkan waktu beberapa jam dalam satu hari, sehingga kamu dapat mengerjakan pekerjaan yang harus diprioritaskan. Kalau tidak ada jam yang spesifik, kamu bisa selalu menunda pekerjaan. Maka dari itu, milikilah waktu spesifik untuk bekerja sehingga kamu dapat fokus melakukan pekerjaan tersebut. 

6. Kurangi meeting dan hal-hal yang tidak penting

Photo : Youtube/radityadika

Menurut Raditya Dika, banyak pertemuan rapat yang tidak produktif. Misalnya, rapat proyek baru yang masih tahap pencarian ide. Lebih baik masing-masing individu mencari ide terlebih dahulu, kemudian ide tersebut didiskusikan di pertemuan rapat selanjutnya. Jadi pertemuan rapat hanya dilaksanakan untuk mengembangkan ide yang sudah ada.

Kurangi hal-hal yang tidak penting lainnya, dengan meminimalisir aplikasi yang di ponsel untuk mengurangi jumlah distraksi. Jadi saat bekerja, kamu tidak tergoda untuk membuka ponsel. Sama dengan PC atau laptop, kurangi aplikasi yang dapat mengganggu fokus kamu saat bekerja. 

7. Olahraga dan melamun

Photo : youtube/radityadika

Bagi Raditya Dika, olahraga sambil melamun merupakan cara untuk mendapatkan suatu ide yang menarik. Terkadang saat badan bergerak dan pikiran melayang, inspirasi yang tak terduga akan tiba-tiba datang. Sehingga, banyak ide yang didapatkan seseorang saat berolahraga. 

8. Delegasi

Photo : Shutterstock

Kamu bisa memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk mengerjakan tugas yang tidak dapat ditangani sendirian. Dengan begitu, kamu bisa mengerjakan hal lainnya yang lebih penting. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang ingin melakukan semua pekerjaan secara mandiri. Hal ini justru membuat seseorang tidak produktif, karena kehilangan banyak waktu untuk mengerjakan hal yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Jika kalian tidak mempunyai suatu kemewahan untuk mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain, kamu bisa mencari partner untuk bekerja. Saat kita mengerjakan suatu pekerjaan bersama orang lain, pekerjaan akan menjadi lebih ringan. Perlu diingat, harus ada kepercayaan pada masing-masing individu dalam mengerjakan tugas itu.

  • Editor: Anabel Yevina

How does this article make you feel?

Recommended
Raditya Dika - Nanda Arsyinta

5 Artis Ini Dapat Kado Saham, Ada yang Masih Bayi

  • 01 Juni 2021, 10:49 WIB
5 artis berikut ini mendapatkan kado saham, mulai dari anak-anak Raditya Dika sampai Nanda Arsyinta.
Raditya Dika

9 Cara Jadi Kaya Menurut Raditya Dika, Jangan Fokus pada Uang

  • 31 Mei 2021, 15:35 WIB
Artis multitalenta Raditya Dika membagikan tips bisa menjadi kaya seperti sekarang yang tidak fokus pada uang.
Tere Liye dan Raditya Dika

Tere Liye Murka Soal Pembajakan Buku, Raditya Dika Ikut Kecewa

  • 27 Mei 2021, 15:23 WIB
Terkait komentar Tere Liye yang mencak-mencak soal pembajakan buku, Raditya Dika menanggapi lewat postingannya.
Raditya Dika

Usia 25 Idealnya Punya Rp100 Juta? Gini Kata Raditya Dika

  • 10 Mei 2021, 17:53 WIB
Raditya Dika membagikan tips mencapai Rp100 juta di umur 25 tahun dengan cara berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap.
RAditya dika

Raditya Dika Beri Kado Saham ke Anak, Ajarkan Compounding Returns

  • 07 Mei 2021, 12:00 WIB
Raditya Dika beri kado saham ke anaknya, Alinea Ava Nasution. Berharap suatu saat memahami kekuatan metode compounding returns.
Raditya Dika

15 Tips Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Pacar Berpengaruh lho

  • 06 Mei 2021, 14:41 WIB
Tips mengatur keuangan ala Raditya Dika, hindari memiliki utang untuk cicilan mobil hingga cari pacar yang keuangannya sehat.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS