Logo
Ilustrasi YouTuber
lifestyle
8 Ide Konten YouTube Tanpa Menunjukkan Wajah, Cocok Bagi Introvert
Photo: Istimewa

ZIGI – Siapa bilang jadi YouTuber harus selalu tampil di depan kamera? Di platform YouTube yang berbasis video, ada banyak banget lho YouTuber yang tidak menampilkan wajah mereka namun memiliki banyak penggemar karena konten yang menarik, menghibur dan edukatif.

Dikarenakan bicara di depan kamera dibutuhkan keberanian ekstra bagi sebagian orang, Zigi.id bakal membagikan delapan ide konten tanpa wajah di YouTube yang bisa kamu kembangkan. Siapa tahu, meski tanpa menampilkan wajah, kamu bisa mendapatkan banyak penggemar dan tentu saja bisa menambah penghasilan dari YouTube.

So, buat kamu yang penasaran konten tanpa wajah di YouTube apa saja, simak terus artikel ini sampai habis ya. Keep scrolling!

1. Memasak

Photo : pexels.com

Ide konten tanpa wajah di YouTube yang pertama adalah memasak. Dengan membuat konten memasak, kamu bisa banget kok enggak menampilkan wajah dalam video-videomu.

Kamu cukup arahkan kameramu pada tanganmu ketika memasak, bumbu-bumbu yang kamu siapkan, alat masak yang kamu gunakan dan lain sebagainya. Misalnya saja ketika kamu ingin membuat resep nasi goreng, kamu cukup merekam step by step caranya dan menjelaskannya menggunakan voice over tanpa harus menampilkan wajahmu.

2. DIY (Do it Yourself)

Photo : pexels.com

Konten yang bisa dibuat di YouTube tanpa harus menampilkan wajah yang selanjutnya adalah Do it Your Self (DIY). Konten jenis ini banyak banget dicari oleh penonton karena memberikan berbagai macam tutorial yang edukatif untuk meningkatkan skill tertentu.

Misalnya saja di masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan orang diam di rumah, kamu bisa membuat konten bagaimana cara mendekorasi kamar, membuat hiasan dinding dan masih banyak lagi.

3. Gaming

Photo : pexels.com

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa konten gaming tidak perlu memperlihatkan wajah para pemainnya. Konten jenis ini pun cukup banyak yang mencari lho. Game yang bisa kamu jadikan konten misalnya PUBG, Mobile Legends hingga Fortnite.

Caranya, kamu cukup merekam layar perangkatmu ketika sedang bermain game. Akan lebih baik apabila kamu menggunakan voice over yang suaranya terdengar jelas sehingga mampu menambah keseruan bermain game.

4. Review Produk/Unboxing

Photo : pexels.com

Review produk atau unboxing juga menjadi salah satu ide konten tanpa wajah di YouTube yang patut untuk kamu coba. Penonton biasanya bakal mencari konten jenis ini ketika ingin membeli suatu barang khususnya yang dibeli lewat marketplace online. Mereka mayoritas ingin melihat lebih detail barang yang ingin dibelinya agar meminimalisir kekecewaan kalau saja salah beli produk.

Kalau kamu ingin memulai jadi konten kreator di YouTube spesialis unboxing, kamu bisa memulainya dari barang yang banyak diminati dan tentu saja barang yang direview tidak harus mahal.

5. Tutorial Edit Video

Photo : pexels.com

Edit video di zaman sekarang ini menjadi skill yang banyak dipelajari orang. Maka dari itu, ide konten tanpa wajah yang bisa kamu pilih berikutnya adalah tutorial edit video, baik itu pakai HP atau pakai komputer.

Konten jenis ini meskipun pembahasannya spesifik, namun bisa dikembangkan lebih luas lho. Sebab, ada banyak sekali aplikasi edit video seperti Adobe, Filmorago, KineMaster dan masih banyak lagi yang bisa kamu olah. Caranya pun hampir sama dengan konten gaming, kamu cukup merekam layar perangkatmu sambil menjelaskan bagaimana cara edit video.

6. Binatang Peliharaan

Photo : pexels.com

Merekam binatang atau hewan peliharaan ternyata bisa menjadi ide konten tanpa wajah yang menarik. Kamu bisa menjelaskan bagaimana cara memelihara binatang, memilih binatang, atau bahkan merekam tingkah-tingkah lucu mereka.

Hewan-hewan peliharaan yang bisa kamu rekam dan jadikan konten di YouTube misalnya kambing, sapi, kucing, anjing, ikan cupang dan masih banyak lagi.

7. Video Edukasi

Photo : pexels.com

Video edukasi yang dimaksud dalam hal ini adalah tentang pembelajaran materi-materi sekolah. Apalagi di masa pandemi yang memaksa sekolah dari rumah saja, video-video tentang tips belajar banyak banget dicari penonton.

Caranya, kamu cukup merekam kertas atau buku-buku pelajaran yang ingin kamu bahas dengan menambahkan voice over untuk menjelaskannya. Pastinya, target market video jenis ini adalah para pelajar serta orangtua dari pelajar tersebut.

8. Vlog

Photo : pexels.com

Vlog tanpa wajah di YouTube memangnya bisa? Jawabannya bisa banget guys. Misalnya saja kalau kamu hobi traveling, coba rekam berbagai sudut tempat yang kamu kunjungi, kemudian review apa saja yang ada di dalamnya tanpa harus menunjukkan wajahmu.

Tanpa harus tampil di depan kamera, kamu bisa mengajak jalan-jalan virtual penontonmu berbekal rekaman video yang didukung voice over yang menarik. Jadi, konten vlog tanpa wajah tentunya cocok banget buat kamu yang kurang percaya diri di depan kamera atau memiliki sifat introvert (tipikal orang yang senang menghabiskan waktu sendirian atau satu hingga dua orang teman yang merasa sangat dekat).

Itulah ide-ide konten tanpa wajah di YouTube yang bisa kamu coba. Selain bisa meningkatkan skillmu di bidang video, kamu tentunya juga bisa menambah penghasilanmu dari YouTube. Oh iya, konten-konten di atas alangkah baiknya disesuaikan dengan hobimu ya, agar kamu enjoy untuk membuatnya. Selamat berkarya!

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Super Thanks

Cara Kerja Fitur Super Thanks di YouTube, Sumber Penghasilan Baru

  • 21 Juli 2021, 16:43 WIB
Super Thanks merupakan fitur baru yang dirilis YouTube, untuk membantu para konten kreator untuk menghasilkan uang.
Yudist Ardhana

10 Langkah Awal Menjadi YouTuber Sukses ala Yudist Ardhana

  • 28 Juni 2021, 18:54 WIB
Yudist Ardhana membagikan langkah-langkah awal menjadi YouTuber sukses mulai dari soal ide hingga peralatan yang dibutuhkan.
Andovi dan Jovial da Lopez

Pamit YouTube, SkinnyIndonesian24 Buka Program Beasiswa Da Lopez

  • 24 Juni 2021, 23:10 WIB
Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez, pemilik channel YouTube SkinnyIndonesian24 resmi pamit setelah 10 tahun berkarya.
Raffi ahmad, deddy corbuzier

5 YouTuber Penghasilan Tertinggi, Deddy Corbuzier Geser Raffi Ahmad

  • 23 Juni 2021, 18:57 WIB
Deretan YouTuber penghasilan tertinggi bisa capai miliaran rupiah per bulan, Deddy Corbuzier kalahkan Raffi Ahmad.
Edho Zell

Profil dan Sumber Kekayaan Edho Zell Hingga Pamit dari YouTube

  • 21 Juni 2021, 18:25 WIB
Berikut profil dan biodata Edho Zell, lengkap dengan perjalanan karier dan sumber kekayaan hingga pamit dari YouTube.
Youtube

Cara Aktifkan Mode Picture-in-Picture (PIP) YouTube di iOS 2021

  • 21 Juni 2021, 15:21 WIB
Bagi pengguna iOS, berikut cara menggunakan mode picture-in-picture (PiP) di Youtube untuk memudahkan pengguna melakukan hal lain.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS