8 Cemilan yang Cocok Dibawa Saat Perjalanan Mudik Lebaran - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Snack Saat Mudik
lifestyle
Snack Saat Mudik
Photo: Pexels
Snack Saat Mudik

ZIGI – Mudik adalah tradisi yang selalu dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri. Berbeda dengan dua tahun terakhir yang dilarang mudik, tahun ini pemerintah memperolehkan warganya untuk pulang ke kampung halaman.

Perjalanan pulang kampung pasti cukup melelahkan dan apabila tidak membawa bekal yang cukup justru menambah biaya pengeluaran. Tidak ingin pengeluaran semakin membengkak, bukan? Berikut cemilan yang cocok dibawa saat mudik. Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Asal Usul 6 Hidangan Tradisi Lebaran dari Opor hingga Kue Kering

Jajanan Pasar

Jajanan Pasar
Photo : Pexels
Jajanan Pasar

Rekomendasi pertama yang cocok untuk dibawa saat mudik adalah jajanan pasar. Jika jarak tempuh tidak menghabiskan lebih dari satu hari, jajanan berupa makanan basah seperti risoles, pastel maupun pudding bisa kalian bawa nih.

Namun, apabila perjalanan ke kampung halaman menempuh waktu lebih dari dua hari maka kalian perlu membawa jajanan pasar yang kering seperti kue sagon, kue kembang goyang, kue lidah kucing maupun kue satru.

Potongan Buah

Buah-Buahan
Photo : Pexels
Buah-Buahan

Saat perjalanan mudik, biasanya cukup gerah terlebih memasuki musim kemarau. Untuk mengatasi tenggorokan kering dan lelah, kalian dapat membawa potongan buah yang sudah dipersiapkan sebelum berangkat, nih.

Kalian bisa membawa jeruk, apel, anggur, kelengkeng atau buah sejenisnya yang mudah dibawa dan awet sehingga bisa bertahan lebih lama saat di bawah perjalanan mudik. Dengan kandungan vitamin dalam buah, membuat tubuh lebih fresh dan tidak mudah capek.

Biskuit

Biskuit
Photo : Pexels
Biskuit

Bagi yang suka lapar pasti akan menjadi masalah berat selama perjalanan pulang ke kampung halaman. Untuk berjaga-jaga mengatasi perut yang selalu lapar, kalian bisa loh membawa biskuit. Tidak perlu bawa sekaleng ya, kalian dapat membawa sebutuh kalian saja.

Terlebih kalau lewat jalan tol, mencari tempat untuk berhenti sangat jauh dan saat ini ada aturan ketika berhenti di rest area.

Keripik

Keripik
Photo : Pexels
Keripik

Terkadang ada tipikal orang yang suka makan keripik selama perjalanan, apakah kalian termasuk salah satunya? Jika iya, maka wajib untuk membawa keripik baik keripik kentang, ketela atau sejenisnya untuk dibawa selama perjalanan.

Memakan keripik terkadang membuat orang tidak mudah ngantuk dan tidak terlalu mengenyangkan sehingga cemilan keripik harus masuk ke list makanan yang perlu kalian bawa saat mudik.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan
Photo : Pexels
Kacang-kacangan

Cemilan berupa kacang-kacangan juga dapat menjadi salah satu rekomendasi yang perlu kalian masukkan ke dalam list cemilan saat mudik. Sebab, kacang-kacangan mengandung beberapa protein yang baik untuk tubuh.

Kalian bisa membawa kacang tanah, kacang almond, kacang mete, kacang kedelai dan sejenisnya. Saat kalian butuh makan tapi lagi tidak mau makan berat maka kacang-kacangan jadi rekomendasi yang pas untuk menemani perjalanan mudik kalian.

Cokelat

Cokelat
Photo : Pexels
Cokelat

Cokelat juga cocok dibawa untuk cemilan saat mudik karena tidak mudah bikin capek. Terlebih jika kalian berada di jalan yang macet, makan cokelat justru direkomendasikan karena dapat memberikan perasaan senang.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan theobromine, kafein, phenylethylamine, anandamine dan gula yang bisa menimbulkan rasa bahagia. Selain itu, kandungan gula dalam cokelat juga dapat memberikan energi bagi kalian yang sedang mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Roti

Roti
Photo : Pexels
Roti

Jika nasi sudah habis namun ingin makan yang mengenyangkan maka kalian harus membawa roti. Makanan ini dapat kalian persiapkan sebelum perjalanan mudik agar tetap bertenaga terlebih jika kalian tidak dapat mampir ke restoran terdekat karena terjebak macet.

Kandungan karbohidrat sebagai pengganti yang terdapat di nasi. Sehingga perut kalian akan mudah terisi dan tidak mudah lemas selama perjalanan. Roti juga wajib kalian bawa jika memiliki tekanan darah rendah. Pasalnya bagi pasien dengan menderita penyakit ini, tidak boleh perutnya kosong karena bisa menyebabkan pusing hingga pingsan.

Snack Bar

Snack Bar
Photo : Pexels
Snack Bar

Di minimarket saat ini sudah banyak snack bar yang dijajakan. Snack ini merupakan cemilan dengan kaya protein berupa oat, kacang-kacangan hingga buah-buahan kering. Cemilan ini sangat direkomendasikan buat kalian yang ingin nyemil tapi tetap sehat.

Terlebih jika kalian ingin menjaga bentuk tubuh ideal dan tidak ingin konsumsi makan berlebih, snack bar dapat menjadi rekomendasi cemilan selama perjalanan mudik.

Nah itu tadi cemilan-cemilan yang direkomendasikan untuk dibawa saat perjalanan mudik. Pastikan segala keperluan tercukupi seperti air minum, obat-obatan hingga makanan selama perjalanan.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Berat Badan saat Lebaran, Awas Kalap!

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Permintaan Doni Salmanan ke Dinan Fajrina karena Lebaran di Penjara

  • 05 Mei 2022, 19:24 WIB
Rayakan lebaran di Rutan Bareskrim, Doni Salmanan minta Dinan Fajrina bawakan makanan khas Idul Fitri.

Putri Anne dan Arya Saloka Harmonis di Hari Lebaran 2022

  • 03 Mei 2022, 16:07 WIB
Sementara itu, video ucapan selamat Lebaran dari Arya Saloka bersama Amanda Manopo menuai komentar tajam dari netizen.

Kondisi Zinidin Zidan di Hari Lebaran, Hoax Video Meninggal Kecelakaan

  • 02 Mei 2022, 13:51 WIB
Zinidin Zidan membagikan video ucapan selamat Lebaran di tengah viralnya video TikTok berisi kabar hoax dirinya tewas kecelakaan.

10 Potret Kompak Keluarga Artis di Hari Lebaran 2022

  • 02 Mei 2022, 11:42 WIB
Potret keluarga artis dari Fuji An hingga Rachel Vennya yang kompak merayakan hari raya Idul Fitri 2022.

6 Tradisi Unik Lebaran dari Berbagai Negara, Turki hingga Palestina

  • 02 Mei 2022, 07:00 WIB
Tradisi unik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2022 dari berbagai negara di dunia, Malaysia, Turki, Palestina, Afghanistan, India.

6 Tradisi Unik Lebaran di Indonesia untuk Menjaga Silaturahmi

  • 01 Mei 2022, 11:21 WIB
Daftar tradisi unik lebaran di Indonesia, dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 2022 sebagai bentuk silaturahmi.
The Latest
WhatsApp

Fitur Baru WA dan Cara Keluar dari Grup Tanpa Diketahui Orang Lain

  • 18 Mei 2022, 16:47 WIB
Gucci Challenge

5 Fakta Gucci Challenge Viral di TikTok, Awal Mula hingga Cara Buat

  • 17 Mei 2022, 16:52 WIB
Bahasa Kasih Sayang

5 Macam Bahasa Kasih Sayang Saat Menjalin Hubungan

  • 17 Mei 2022, 16:06 WIB
Instagram

Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

  • 15 Mei 2022, 19:26 WIB
Kkaenip Kimchi

Resep Kkaennip Kimchi, Side Dish Daun Perilla yang Populer di Korea

  • 14 Mei 2022, 15:51 WIB
INDEKS