Logo
Ilustrasi menabung keuangan
lifestyle
8 Cara Menghemat Uang Bagi Milenial dan Gen Z
Photo: Freepik

ZIGI – Bagi kebanyakan orang, menghemat uang ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Terkhusus buat kamu generasi milenial dan Gen Z, pasti ada saja hal-hal yang menuntut pengeluaran uang seperti membeli kuota internet, belanja, atau bahkan bermain game.

Harus diakui pula, semakin dewasa seseorang pastinya kebutuhan keuangan akan semakin meningkat. Meski begitu ada kok cara menghemat uang yang bisa kamu lakukan agar finansial kamu tetap terjaga.

Menyadur dari laman resmi CIMB Niaga, Senin, 5 Juli 2021, di bawah ini adalah 8 tips menghemat uang yang bisa kamu lakukan supaya kamu lebih bijak mengatur keuangan pribadimu. Apa saja cara-cara menghemat uang tersebut? Yuk simak sampai habis ya.

1. Siapkan Rencana Pengeluaran

Photo : pexels.com

Cara yang pertama untuk menghemat uang adalah menyiapkan rencana pengeluaran agar bisa menahan dana-dana yang keluar secara tak terduga. Terlebih dahulu, kamu harus membuat perencanaan pengeluaran dimulai dari kebutuhan pokok hingga biaya tak terduga.

Sebagai contoh misalnya jika kamu anak kos, maka kebutuhan pokok yang harus diutamakan tentunya adalah uang kos, makan dan transportasi. Sisanya, penghasilan yang kamu peroleh bisa diatur sesuai dengan seberapa penting barang yang hendak kamu beli.

2. Gunakan Uang Tunai

Photo : pexels.com

Disadari atau tidak, ternyata menggunakan uang tunai saat bertransaksi dapat menghemat uang. Sebab, ketika kamu memegang uang secara fisik maka akan lebih terasa secara ikatan emosional.

Misalnya dalam sehari kamu hanya menggunakan uang Rp100 ribu, maka pastikan uang yang kamu keluarkan tidak lebih dari itu. Dengan cara ini pula kamu dapat mengurangi pemakaian kartu kredit atau debit yang sering membuat pengeluaran menjadi bengkak.

3. Berlatihlah Menunda Pembelian

Photo : pexels.com

Ada kalanya, seseorang akan membeli sesuatu secara spontan hanya karena tergiur saat melihat harganya, atau kualitas barang tertentu. Padahal, bisa jadi barang yang dibeli tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Tentunya membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dapat membuat pengeluaran menjadi boros. Oleh sebab itu, berlatihlah untuk menunda pembelian barang tertentu dengan cara mempertimbangkannya terlebih dahulu.

4. Bawa Bekal Makanan

Photo : pexels.com

Buat kamu generasi milenial dan Gen Z yang saat ini masih sekolah atau sudah bekerja, ternyata membawa bekal makanan bisa menghemat uangmu lho. Hal ini karena ketika kamu membeli makanan dari luar, biasanya harganya akan jauh lebih mahal dibanding dengan membawa dari rumah.

Dari sisi kesehatan, makanan dari rumah umumnya sudah lebih terjamin kebersihannya. Cara menghemat uang dengan membawa bekal makanan ini juga sangat ampuh saat kamu ingin menabung uang untuk keperluan yang lainnya.

5. Hilangkan Gaya Hidup Ikut-ikutan

Photo : pexels.com

Terkadang hanya karena ingin terlihat keren di dalam circle pertemanan, seseorang rela mengikuti gaya hidup temannya dengan mengeluarkan banyak uang. Jelas, kebiasaan ini akan membuat hidupmu boros yang berdampak buruk pada sisi finansialmu. So, akan lebih baik jika kamu menjadi diri sendiri sesuai gaya kamu sendiri.

6. Manfaatkan Diskon

Photo : pexels.com

Ketika kamu berbelanja, tidak ada salahnya kalau kamu mencari barang diskon atau cashback. Cara ini memang terkesan pelit, tetapi memanfaatkan promo diskon terbukti ampuh menekan pengeluaran.

Nah, saat ini terdapat banyak cara mencari barang-barang diskon dengan kualitas bagus salah satunya dengan mengikuti program HARBOLNAS (Hari Belanja Nasional). Program ini biasanya diadakan oleh berbagai marketplace setiap bulannya.

7. Jika Ada Cara yang Lebih Murah, Kenapa Tidak?

Photo : Unsplash.com

Tips menghemat uang yang berikutnya adalah dengan mencari cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. Misalnya jika kamu pecinta kuliner, kamu tidak harus membeli makanan di tokonya namun kamu bisa membuatnya sendiri dengan mempelajari resep-resepnya di internet. Cara tersebut selain menghemat uang tentunya juga mampu meningkatkan skill kamu.

8. Lacak Pengeluaran

Photo : pexels.com

Terakhir, lacak pengeluaranmu setiap bulan agar kamu mengetahui kemana aliran uangmu selama ini dikeluarkan. Cara ini bisa dilakukan apabila kamu sudah terlebih dahulu menulis rencana pengeluaran.

Jadi ketika hasil pelacakan tidak sesuai dengan rencana pengeluaran, maka kamu bisa mengevaluasi cara kamu mengatur uang. 

Itulah sejumlah cara menghemat uang yang bisa dilakukan para generasi milenial dan gen Z. Bijaklah mengatur keuanganmu dan jangan lupa menabung.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
Ilustrasi

7 Cara Mudah Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021

  • 18 Juli 2021, 08:00 WIB
Berikut 7 cara mudah untuk mendapatkan passive income, sehingga kamu bisa menambah pundi-pundi kekayaan di tahun 2021.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS