Logo
Ilustrasi
lifestyle
7 Tips Menghadapi Quarter Life Crisis di Usia 25-30 Tahun
Photo: Blog yourdailylives

ZIGI – Ketika menginjak usia 25-30 tahun, seseorang harus menentukkan arah dan pilihan hidup. Hal tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri, karena akan mempunyai tanggung jawab lebih berat dibandingkan sebelumnya. Keadaan tersebut disebut sebagai quarter life crisis, di mana seseorang mengalami fase mencari jati diri. 

Mereka yang berada dalam fase ini, mengalami kondisi krisis diri yang melibatkan emosional. Bahkan sering terjebak dalam kecemasan tak berujung, yang membuat kehilangan motivasi serta kepercayaan diri.

Fase peralihan dari remaja ke dewasa memang menjadi kondisi yang sulit bagi sebagian orang. Munculnya berbagai masalah kehidupan, mulai dari karier, keluarga, percintaan hingga finansial. Dalam quarter life crisis, seseorang dituntut memiliki sikap yang lebih dewasa untuk menentukkan arah tujuan hidup.

Merasa frustasi menghadapi fase ini? Berikut tips menghadapi quarter life crisis, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membatasi Penggunaan Media Sosial

Photo : Shutterstock

Media sosial dapat menjadi salah satu penyebab seseorang merasa kurang berharga atau tidak percaya diri. Melalui media sosial, memungkinkan kamu sering membandingkan pencapaian hidup dengan orang lain.

Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan stres, kebingungan, merasa gagal, bahkan kehilangan motivasi hidup. Kamu boleh melihat kesuksesan orang lain sebagai motivasi hidup yang lebih baik. Namun perlu untuk membatasi penggunaan media sosial dan tidak membandingkan diri dengan orang lain. 

2. Memahami Diri Sendiri

Photo : Shutterstock

Mulai pahamilah diri sendiri, mulai dari kekurangan dan kelebihan. Dengan memahami identitas diri sendiri, kamu dapat mengevaluasi hidup agar menjalani kehidupan yang lebih baik.

Cara ini ampuh untuk mengatasi quarter life crisis. Mulailah mencintai diri sendiri, karena hanya kamulah yang mengetahui dan dapat menentukkan tujuan hidup. 

3. Merencanakan Tujuan Hidup

Photo : Shutterstock

Agar menjalani kehidupan yang lebih baik, sebaiknya kamu merencanakan tujuan hidup mulai dari sekarang. Pikirkan dan impikan hal apa yang ingin diwujudkan di masa depan. Kemudian buat rencana untuk mewujudkannya.

Tak perlu terlalu jauh untuk merencanakannya, mulailah dari apa yang ingin dicapai selama lima tahun ke depan. Setelah merencanakan tujuan hidup, sebaiknya pikirkan kembali secara matang bagaimana kamu dapat meraih mimpi tersebut. Selain itu, buatlah perencanaan keuangan agar kamu dapat merasakan kebebasan finansial di masa yang akan datang. 

4. Terus Belajar dan Gali Potensi

Photo : Shutterstock

Daripada memikirkan suatu hal yang negatif, lebih baik kamu menggali potensi diri. Setiap orang pasti memiliki kelebihan, yang dapat dikembangkan.

Ketahuilah apa yang menjadi kelebihan kamu.Teruslah belajar dan kembangkan potensi yang ada dalam diri. Baik dari soft skill atau hard skill, semuanya pasti bermanfaat di masa depan. 

5. Jangan Dipendam Sendirian

Photo : Shutterstock

Jika kamu memiliki masalah yang berat, cobalah membagikannya kepada orang terpercaya. Dengan menceritakan masalah, kamu akan merasa lebih lega dan beban akan terasa berkurang.

Bisa saja dengan kamu bercerita, orang yang mendengarkan mempunyai solusi atas masalah yang kamu hadapi. Manusia adalah mahkluk sosial membutuhkan pertolongan orang lain, untuk membantu masalah yang dihadapi. 

6. Bersyukur dan Sabar 

Photo : Shutterstock

Untuk mencapai sebuah kesuksesan, setiap orang pasti harus menghadapi proses. Jika kamu belum mencapai kesuksesan, belajarlah bersabar dalam melewati setiap proses.

Bersabar bukan berarti menyerah, melainkan kamu harus terus mengembangkan potensi hingga mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, jangan pernah menyalahkan keadaan. Belajarlah bersyukur atas segala hal yang telah dicapai. 

7. Berdoa 

Photo : Shutterstock

Selain bersyukur dan bersabar, mendekatkan diri kepada Tuhan juga menjadi alternatif utama. Jika sudah berusaha, berserah diri kepada Yang Maha Kuasa dapat membantu menenangkan pikiran. Camput tangan Tuhan juga memiliki peran yang besar.

Dengan demikian, itulah tujuh tips untuk menghadapi quarter life crisis. Bagi kamu yang tengah merasakan fase ini, terus semangat dan jangan membandingkan kesuksesan sendiri dengan orang lain ya!

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Ilustrasi bahagia

6 Hal Patut Dihindari Jika Ingin Bahagia, Stop Overthinking!

  • 13 Juni 2021, 14:21 WIB
Bahagia itu sederhana. Berikut adalah enam hal yang harus dihindari agar merasakan hidup lebih bahagia.
Amanda Manopo dan Henny Manopo

Kronologi Ibu Amanda Manopo Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun

  • 25 Juli 2021, 19:00 WIB
Ibu Amanda Manopo, Henny Manopo meninggal dunia pada Minggu, 25 Juli 2021 akibat Covid-19 dan sempat terserang stroke.
Stromae

5 Fakta Lagu Alors On Danse - Stromae, Lirik dan Terjemahan

  • 25 Juli 2021, 17:50 WIB
Lirik lagu Alors On Danse milik Stromae lengkap terjemahan bahasa Prancis dan Indonesia. Kini tengah viral di TikTok.
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Film Selesai dibintangi Gading Marten, Ariel Tatum, Anya Geraldine akan tayang di situs Bioskop Online. Sinopsis bahas percintaan.
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Drama Extraordinary You mulai tayang di NET TV per Minggu, 25 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. Daftar pemain hingga sinopsis cerita.
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Tinggi dan berat badan Jeon Somi jadi perbincangan di Twitter. Padahal Jeon Somi rajin olahraga dan sangat suka makan.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS