7 Tanda Perubahan Tubuh Akibat Stres, Buruk untuk Kesehatan - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi Stres
lifestyle
Ilustrasi Stres
Photo: Pexels
Ilustrasi Stres

ZIGI – Tahukah kamu bahwa stres dapat berakibat buruk pada tubuh? Stres adalah kondisi saat pikiran merasa cemas, khawatir, sedih, atau bahkan panik. 

Kondisi pikiran yang tidak baik ini dapat langsung memunculkan efek buruk ke tubuhmu. Dr. Sherry Ross MD, seorang pakar kesehatan di Pusat Kesehatan Providence Saint John mengungkapkan bahwa stres mempengaruhi tubuhmu baik tidak ataupun secara langsung. Berikut  adalah tujuh bentuk perubahan tubuh yang mungkin tanpa kamu sadari terjadi saat stres!

Perasaan Tidak Nyaman

image
Photo : Bustle

Stres dapat membuat perasaan menjadi mudah cemas dan panik. Dr. Ross menjelaskan bahwa stres direspon pertama kali oleh hipotalamus di otak. Ketika respon ini mulai menyebar ke kelenjar lainnya, maka dapat menyebabkan jantungmu berdebar-debar, kesulitan bernapas, dan berkeringat.

Reaksi tersebut timbul karena perasaan yang tidak nyaman dan ancaman bahaya saat stres. Bahkan perlu kamu ketahui bahwa sebuah penelitian di Seminar’s in Cell & Development Biology (2019) menemukan bahwa stres dapat berpengaruh buruk pada mikroglia yang merupakan sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Menurunkan Sistem Imun

image
Photo : Bustle

Sadarkah kamu saat mengalami stres tubuh jadi lebih mudah sakit? Ternyata ketegangan dan kecemasan yang timbul akibat stres dapat menurunkan sistem imun di tubuhmu lho. Sebuah jurnal penelitian EXCLI (2017) mengungkap bahwa stres dapat membuat kondisi imun memburuk. 

Sebab ketika stres berlangsung, sistem imun mengeluarkan perlindungan yang berlebihan sehingga menyerang sel-sel sehat daripada yang mengancam. Kondisi seperti ini tentu sangat tidak baik bagi tubuh, sebab sistem imun yang kacau dapat membuatmu mudah sakit.

Tubuh Sulit Beristirahat

image
Photo : Bustle

Ketika mengalami stres, pikiran akan terus diliputi kecemasan dan ancaman. Hal ini tentu membuatmu sulit memejamkan mata meskipun hanya sejenak. 

Jika tubuhmu tidak mendapat istirahat atau tidur yang cukup, kondisi ini akan menghambatmu dalam beraktivitas sehari-hari. Dr. Blank dari Pusat Kesehatan Providence Saint John mengatakan bahwa stres berat yang menimbulkan kecemasan berlebihan dapat membuat seseorang mengalami insomnia. Tubuh yang sering mengalami kondisi insomnia akan sulit untuk merasa rileks dan sulit berkonsentrasi.

Kesehatan Mental Terganggu

image
Photo : Bustle

Gejala stres yang berlebihan dapat mengacaukan pikiran. Sebab stres membuat otak terus berpikir negatif sehingga mudah mengalami cemas dan khawatir.

Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, stres dapat membuat kesehatan mental memburuk. Sebuah penelitian pada tahun 2017 menyebutkan bahwa kecemasan akibat stres dapat mengubah struktur otak, bahkan cara selnya berkomunikasi. 

Muncul Masalah Pencernaan

image
Photo : Bustle

Apakah kamu pernah merasakan sakit perut saat stres? Jika iya, ternyata hal ini dapat terjadi karena perasaan cemas atau kesal yang kamu rasakan. 

Penelitian yang dikeluarkan oleh Frontiers in Microbiology (2017) menemukan bahwa kecemasan atau ketegangan yang timbul akibat stres dapat merusak mikrobioma di dalam usus. Rusaknya mikrobioma pada usus dapat menimbulkan gejala iritasi usus besar, diare, sakit perut, bahkan mual. 

Buruk untuk Kesehatan Jantung

image
Photo : Bustle

Saat mengalami stres, jantung akan berekasi dengan memompa lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Reaksi ini berguna untuk memastikan kamu mendapat oksigen dalam darah yang cukup. 

Jika jantung terus memompa darah dengan kuat secara terus menerus, maka akan mudah merasa lelah dan menimbulkan efek buruk. Sebab tekanan darah menjadi tinggi dan detak jantung tidak teratur. Akibatnya orang yang mengalami stres mudah mengalami serangan jantung bahkan gangguan penyumbatan pembuluh darah.

Menumbuhkan Uban Rambut

image
Photo : Bustle

Pernahkah kamu mendengar bahwa stres dapat membuatmu terlihat lebih tua? Ternyata pernyataan ini didorong oleh penelitian yang menyebutkan stres dapat membuat warna rambut cepat memutih.

Kondisi ini dijelaskan oleh penelitian di Nature (2020), bahwa stres dapat secara langsung membuat rambut lebih cepat memutih. Sebab stres berdampak negatif pada sel induk melanosit yang berfungsi mewarnai rambut. Stres dapa membuat sel induk melanosit lebih cepat mati sehingga warna rambut memutih. 

Setelah membaca uraian di atas, kini akhirnya kamu mengetahui seberapa buruk dampak stres pada tubuhmu bukan? Jadi cobalah untuk mengurangi stres dengan lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif. Sebab hal itu dapat berakibat baik pada kesehatan tubuhmu untuk jangka waktu yang lama. 

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended

Demi Kesehatan Mental, Tom Holland Putuskan Rehat dari Medsos

  • 15 Agustus 2022, 12:34 WIB
Pada Minggu, 14 Agustus 2022, Tom Holland mengumumkan dirinya rehat dari Instagram dan Twitter untuk beberapa waktu ke depan.

Link dan Cara Main Tes Usia Mental, Viral di Twitter

  • 11 Juli 2022, 16:26 WIB
Link dan cara memainkan tes usia mental yang lagi viral di Twitter, untuk mengetahui usia mental kamu yang sebenarnya.

5 Artis Indonesia Mengidap Gangguan Mental Bipolar

  • 11 Mei 2022, 11:05 WIB
Sederet artis Tanah Air yang didiagnoasa mengidap gangguan mental bipolar, mulai dari Marshanda, Awkarin hingga Medina Zein.

Link Tes Kesehatan Mental Via Google Form Viral di TikTok

  • 27 April 2022, 13:09 WIB
Kini kalian dapat mengetahui kondisi psikis, cukup mengisi Google Form untuk melakukan tes kesehatan mental, viral di TikTok.

Demi Kesehatan Mental, Andrew Garfield Enggan Punya Media Sosial

  • 16 Maret 2022, 17:07 WIB
Andrew Garfield menjelaskan bahwa dirinya tidak menggunakan media sosial demi menjaga kesehatan mental dan privasi kehidupannya

6 Layanan Konsultasi Gratis dengan Psikolog untuk Atasi Depresi

  • 23 Februari 2022, 20:00 WIB
Berikut 6 layanan yang memberikan konsultasi gratis bagi yang tengah mengalami masalah gangguan mental seperti depresi
The Latest
Nessie Judge

4 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Ala Nessie Judge

  • 29 Januari 2023, 08:00 WIB
Minuman untuk mengecilkan perut buncit

6 Jenis Minuman untuk Mengecilkan Perut Buncit, Termasuk Teh Hijau

  • 28 Januari 2023, 12:00 WIB
Gua Sha

5 Manfaat Gua Sha, Mengurangi Kerutan hingga Menghilangkan Pusing

  • 27 Januari 2023, 07:00 WIB
Sheila On 7

Kejutan Konser Sheila On 7 di Jakarta, Ada Band Cokelat dan Perunggu

  • 26 Januari 2023, 13:29 WIB
Tasya Kamila Lulus dengan Beasiswa LPDP

Jadwal dan Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023, Dibuka Hari Ini

  • 25 Januari 2023, 14:44 WIB
INDEKS