Logo
Kegiatan di Rumah
lifestyle
7 Rekomendasi Kegiatan Produktif di Rumah Selama PPKM Darurat
Photo: pexels.com

ZIGI – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali resmi diberlakukan pemerintah demi menekan angka penularan Covid-19. Karena dilarang untuk pergi ke luar untuk urusan tidak penting, banyak di antara kita mulai merasa bosan sehingga harus mencari berbagai kegiatan baru di rumah. 

Ada sederet opsi kegiatan di rumah yang bisa kamu lakukan selama menjalani PPKM agar hari-harimu tetap produktif. Apa saja aktivitas di rumah yang bisa dilakukan selama PPKM Darurat? Simak artikel di bawah ini yang telah dirangkum tim Zigi.id yuk!

Menonton Film

Photo : pexels.com

Rasa bosan dan jenuh bisa dikalahkan dengan cara menonton film. Kegiatan yang bisa dilakukan di rumah ini juga mampu menambah wawasan jika kamu memilih film-film informatif dan punya nilai tersendiri. 

Saat ini, kamu bisa menonton film-film menarik lewat berbagai platform legal dengan cara berlangganan seperti Netflix, Disney+ Hotstar, VIU, WeTV, iflix, dan masih banyak lagi.

Olahraga

Photo : pexels.com

Work out atau berolahraga ringan di rumah juga bisa jadi opsi kegiatan selama menjalani PPKM Darurat. Selain waktu tidak terbuang sia-sia, kamu juga akan merasakan manfaat kesehatan demi menjaga kebugaran tubuhmu.

Dengan cara ini pula, kamu bisa meningkatkan imun yang saat ini sangat dibutuhkan untuk melawan Covid-19. Kalau bingung bagaimana caranya, kamu bisa kok memanfaatkan YouTube karena banyak tersedia berbagai macam cara work out.

Belajar Memasak

Photo : pexels.com

Jika selama ini kamu banyak menghabiskan waktu di luar rumah sehingga tidak punya waktu memasak, PPKM ini dapat dimanfaatkan untuk belajar hal baru. Kamu bisa mulai mempelajari resep-resep mudah yang kini sudah tersedia di Twitter, Instagram hingga YouTube. Selain bisa menambah skill baru, memasak juga bisa membuat hidup kamu lebih hemat dan menghindari jajan di luar. 

Memanfaatkan Kebersamaan dengan Keluarga

Photo : pexels.com

Nah buat kamu yang sudah berkeluarga, memanfaatkan waktu PPKM Darurat untuk mempererat ikatan emosional antar anggota keluarga bisa jadi pilihan. Bagi kebanyakan orang, kebersamaan keluarga merupakan satu hal yang jarang dilakukan karena biasanya waktu sudah habis terbuang untuk bekerja dan kesibukan lainnya. PPKM Darurat bisa menjadi hikmah buat kamu yang selama ini merasa kurang waktu kebersamaannya dengan keluarga. 

Work From Home

Photo : pexels.com

Kalau cara yang satu ini jelas dilakukan bagi kalian yang sudah bekerja. Buat kamu yang diberi kesempatan bisa melakukan work from home, manfaatkan hal ini sebaik mungkin. Tetapi buat kamu yang terpaksa tidak bisa bekerja di luar rumah, harus mentaati protokol kesehatan dengan ketat. 

Menanam

Photo : pexels.com

Semenjak pandemi Covid-19, cukup banyak orang yang menambah hobi baru dengan mulai menanam. Tidak perlu punya lahan besar, kamu bisa memanfaatkan menanam tanaman hidroponik, memakai pot dan yang lainnya.

Selain itu, tanaman yang ingin ditanam juga bisa disesukaikan dengan kebutuhannmu. Kamu bisa memanfaatkan pot atau polybag untuk menanam bunga, jahe, kunyit, sayur atau bahkan membuat bonsai untuk tanaman hias.

Membaca Buku

Photo : pexels.com

Terakhir, kegiatan di rumah yang bisa dilakukan selama menjalani PPKM Darurat yaitu membaca buku. 

Membaca buku bisa menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan karena buku adalah jendela dunia. Buku apa saja boleh kok kamu baca, seperti novel, buku ilmiah, sejarah, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama menjalani PPKM Darurat mulai 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 untuk Pulau Jawa-Bali. Selamat mencoba!

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Rachel Theresia

Rachel Theresia Mantu Menko Airlangga Liburan ke Jepang Saat PPKM?

  • 14 Juli 2021, 17:07 WIB
Rachel Theresia, selebgram dan menantu menko Airlangga Hartarto diduga liburan ke Jepang saat PPKM Darurat.
Pray From Home

Kumpulan Link Twibbon Pray From Home dan Cara Memasangnya

  • 09 Juli 2021, 14:41 WIB
Cara memasang Twibbon Pray From Home untuk media sosial dalam rangka PPKM Darurat dengan melakukan ibadah di rumah
Dhruv

Fakta Lirik Lagu Double Take - Dhruv dan Terjemahan, Viral di TikTok

  • 30 Juli 2021, 21:31 WIB
Fakta lirik lagu Double Take yang dinyanyikan Dhruv, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kini, viral di TikTok.
LiSa dan suzuki tatsuhisa

Suzuki Tatsuhisa Dikabarkan Selingkuhi LiSA, Penyanyi Demon Slayer

  • 30 Juli 2021, 21:30 WIB
Suami LiSA penyanyi lagu Gurenge OST Demon Slayer bernama Suzuki Tatsuhisa dikabarkan berselingkuh.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
Link nonton streaming drama Voice 4 episode 13 lengkap subtitle Indonesia lewat situs legal. Tayang Jumat, 30 Juli 2021.
Irzan Faiq

Profil dan Biodata Irzan Faiq: Agama, Tanggal Lahir Sampai Pacar

  • 30 Juli 2021, 20:05 WIB
Berikut ini profil dan biodata Irzan Faiq, cowok yang diduga pacar Prilly Latuconsina lengkap dengan agama dan pendidikan.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS