7 Maskot Piala Dunia Paling Ikonik, Terbaru La'eeb dari Qatar - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Laeeb
lifestyle
Laeeb
Photo: Twitter.com
Laeeb

ZIGI – Piala Dunia sepak bola yang diselenggarakan FIFA, selalu dilengkapi dengan munculnya maskot-maskot unik dari setiap negara yang menjadi tuan rumah. Tercatat sejak tahun 1966, desain maskot Piala Dunia selalu dibuat dengan inspirasi ciri khas negara penyelenggara seperti pakaian adat, flora, dan fauna.

Terbaru di FIFA World Cup 2022 Qatar, tuan rumah menghadirkan maskot unik yang diberi nama La'eeb. Baru dirilis hari ini, Sabtu, 2 April 2022, maskot lucu tersebut langsung viral dan ramai dibicarakan netizen.

Terlepas dari tanggapan netizen, berikut ini Zigi.id telah merangkum maskot-maskot Piala Dunia dari masa ke masa. Maskot mana yang menurutmu paling ikonik? Simak sampai habis artikel ini ya.

Baca Juga: 7 Pengakuan Aming, Alami Pelecehan Seksual hingga Nyaris Bunuh Diri

1. World Cup Willy

World Cup Willy
Photo : Twitter.com
World Cup Willy

Maksot pertama di Piala Dunia sepak bola berasal dari Inggris ketika ajang ini menggelar turnamen ke delapan tahun 1966 di Inggris. Panitia penyelenggara memperkenalkan maskot bernama World Cup Willy yang hingga saat ini masih diingat bagi masyarakat Britania Raya.

Maskot berbentuk singa tersebut menjadi simbol tipikal dari Kerajaan Inggris di mana tim sepak bolanya berjuluk The Three Lions. Willy didesain menggemaskan dengan mengenakan kaos Union Jack bertuliskan "WORLD CUP".

2. Pique

Pique
Photo : Twitter.com
Pique

Maskot ikonik selanjutnya berasal dari Meksiko saat penyelenggaraan Piala Dunia tahun 1986. Diberi nama Pique, maskot ini berasal dari kata picante (Bahasa Spanyol) yang mempunyai arti rempah-rempah dan saus. Pique merupakan salah satu jenis masakan Meksiko yang kemudian didesain memakai kumis dan topi sombrero khas negara Amerika Latin tersebut.

3. Ato, Kaz dan Nik

Ato Kaz dan Nik
Photo : Twitter.com
Ato Kaz dan Nik

Lanjut ke tahun 2002 saat FIFA World Cup diadakan di Korea-Jepang, maskot yang dihadirkan diberi nama Ato, Kaz dan Nik. Ketiga karakter ini merupakan mahluk ciptaan komputer yang mempunyai warna ungu, oranye, dan biru. Maskot ini merupakan anggota tim sepak bola fiksi, Atmoball dengan peran masing-masing. Ato bertugas sebagai pelatih sedangkan Kaz dan Nik adalah pemain.

4. Goleo dan Pille

Goleo dan Pille
Photo : Twitter.com
Goleo dan Pille

Pada edisi selanjutnya, Jerman yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 menghadirkan maskot Goleo dan Pille. Singa ini memakai jersey Jerman warna putih dengan angka 06 pada bagian dada. Goleo berasal dari kata goal dan leo (bahasa Latin yang bermakna singa). Sedangkan Pille yang berbentuk bola merupakan kata sehari-hari penduduk Jerman untuk menyebut sepak bola.

5. Zakumi

Zakumi
Photo : Twitter.com
Zakumi

Empat tahun berselang tepatnya 2010, Piala Dunia untuk pertama kalinya diselenggarakan di benua Afrika, tepatnya Afrika Selatan. Banyak pihak menilai, gelaran ini menjadi Piala Dunia dengan strategi marketing terbaik apalagi dengan dibuatnya maskot  Zakumi.

Zakumi terinspirasi dari macan tutul yang bonekanya dibuat dengan warna hijau dan lahir pada 16 Juni 1994, sama dengan hari pemuda Afrika Selatan. Zakumi berasal dari kata Za kode untuk Afrika Selatan, dan kumi, yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.

6. Fuleco

Fuleco
Photo : Twitter.com
Fuleco

Brazil sebagai negara paling banyak mengoleksi tropi Piala Dunia sempat menjadi tuan rumah pada tahun 2014. Panitia menghadirkan maskot bernama Fuleco yang berasal dari kata Futebol (Sepak bola) dan Ecologia (Ekologi). Sayangnya, keunikan Fuleco tidak diikuti dengan prestasi Brazil kala itu yang bahkan harus dibantai Jerman dengan skor 1-7.

7. La'eeb

Laeeb
Photo : FIFA
Laeeb

Terakhir, Piala Dunia 2022 di Qatar kali ini dimeriahkan dengan maskot La'eeb yang didesain dengan ekspresi riang dan mempunyai slogan 'Now is All'. Bentuk maskot ini dinilai mirip dengan Casper, meski sebenarnya terinspirasi dari Kufiya, penutup kepala khas Timur Tengah. Dilansir FIFA, La'eeb menggambarkan pemain sepak bola dengan kemampuan super.

Demikian beberapa maskot Piala Dunia dari masa ke masa yang paling ikonik. Dari sekian banyak maskot, mana yang menurutmu paling berkesan guys?

Baca Juga: Rans Cilegon FC Milik Raffi Ahmad Datangkan Ronaldinho

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

Drama Hunting Dogs Kemungkinan Bakal Tuntut Kim Sae Ron

  • 19 Mei 2022, 22:01 WIB
Rumah produksi drama yang mengalami kerugian dengan keluarnya Kim Sae Ron kemungkinan akan mengabil tuntutan hukum.

10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet Bagi Pelajar

  • 19 Mei 2022, 21:00 WIB
Cara ini sangat cocok bagi pelajar yang ingin menambah uang tambahan melalui internet tanpa harus bekerja di luar rumah.

Bintang Emon Sindir Fans K-pop yang Mau Nuntut Safa Space

  • 19 Mei 2022, 20:22 WIB
Komika Bintang Emon dan Tretan Muslim ikut menanggapi soal viralnya kasus Safa Space dan penggemar NCT.

Kronologi Lengkap Perseteruan Safa Space di Twitter dengan Fans NCT

  • 19 Mei 2022, 20:16 WIB
Kronologi lengkap Safa Space yang trending Twitter Indonesia pada Kamis, 19 April 2022. Perseteruan Safa dengan penggemar NCT.

9 Fakta DJ Marshmello, Wajah Asli Tanpa Topeng Viral

  • 19 Mei 2022, 19:47 WIB
Fakta-fakta menarik produser sekaligus DJ Marshmello yang identik dengan topeng, potret wajahnya tanpa topeng langsung viral.

Spoiler & Link Nonton Spy x Family Episode 7 Sub Indo, Anya Berulah

  • 19 Mei 2022, 19:17 WIB
Spoiler dan link nonton Spy x Family episode 7 sub Indo, Anya mulai dekati Damian demi misi Loid Forger.
The Latest
WhatsApp

Fitur Baru WA dan Cara Keluar dari Grup Tanpa Diketahui Orang Lain

  • 18 Mei 2022, 16:47 WIB
Gucci Challenge

5 Fakta Gucci Challenge Viral di TikTok, Awal Mula hingga Cara Buat

  • 17 Mei 2022, 16:52 WIB
Bahasa Kasih Sayang

5 Macam Bahasa Kasih Sayang Saat Menjalin Hubungan

  • 17 Mei 2022, 16:06 WIB
Instagram

Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

  • 15 Mei 2022, 19:26 WIB
Kkaenip Kimchi

Resep Kkaennip Kimchi, Side Dish Daun Perilla yang Populer di Korea

  • 14 Mei 2022, 15:51 WIB
INDEKS