Logo
Coca Cola
lifestyle
7 Fakta Sejarah Coca-Cola, Diracik Seorang Apoteker
Photo: Inside World Football

ZIGI – Aksi Cristiano Ronaldo saat konferensi pers Grup F Euro 2020, membuat perusahaan minuman soda Coca-Cola kehilangan nilai pasar sebesar 4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 57,2 triliun.

Saham Coca-Cola di bursa New York pun anjlok. Pasalnya, Kapten Timnas Portugal ini hanya menggeser dua botol Coca-Cola ke sudut meja. Di lain sisi, Coca-Cola merupakan perusahaan yang memberikan sponsor terbesar untuk Euro 2020. Mengingat sebagai perusahaan besar, penasaran dengan sejarahnya? Yuk ikuti perjalanan kisah perusahaan Coca-Cola, yang dirangkum dari beberapa sumber!

Coca-Cola Didirikan Seorang Apoteker

Photo : Situs resmi Coca Cola

Coca-Cola adalah minuman bersoda yang didirikan oleh apoteker Dr. John Stith Pemberton pada 8 Mei 1886, di Atlanta, Georgia. Pada awalnya, Pemberton meracik sebuah minuman di Jacob's Pharmacy untuk mengobati berbagai penyakit.

Nama Coca-Cola diciptakan oleh seorang akuntan perusahaan bernama Frank Robinson. Robinson terinsiprasi dari minuman yang berbahan dasar daun koka dan ekstrak kaca kola yang kaya kafein.

Pada tahun 1903, formula kokain telah dihapus dari kandungan Coca-Cola. Kemudian Pemberton mulai menjual sirup yang dipadukan dengan air berkarbonasi, menghasilkan minuman yang lezat dan menyegarkan. Coca-Cola dalam kemasan botol pertama kali dibuat pada 1899 berbentuk Hutchinson. 

Coca-Cola Kemudian Dijual kepada Giggers Candler

Photo : Situs resmi Coca Cola

Pemberton dan Robinson kemudian menjual minuman dengan cara mengiklankan melalui surat kabar The Atlanta Journal. Selama tahun pertama, hanya berhasil terjual sembilan minuman perhari. Merasa putus asa, akhirnya Pemberton menjual rintisan usahanya.

Coca-Cola dijual kepada seorang pengusaha yang berprofesi sebagai apoteker bernama Asa Griggs Candler pada 1981. Lalu di tahun 1988, Candler mengakuisisi The Coca-Cola Company sebagai anggota Georgia Corporation.

Di tangan Candler, minuman bersoda ini semakin laris manis di Amerika Serikat hingga angka penjualan Coca-Cola meningkat hingga 9.000 galon sirup di tahun 1890. Kemudian sempat mencatatkan angka 370.877 galon pada 1900.

Peningkatkan drastis tersebut dibarengi oleh fakta bahwa seorang penyanyi opera bernama Hilda Clark menjadi selebriti pertama yang menjadi bintang iklan Coca-Cola.

Perjanjian Kerja Sama

Photo : Situs resmi Coca Cola

Semakin laris di Amerika Serikat, penjualan Coca-Cola juga menyebar hingga ke Kanada. Pada tahun 1899, perusahaan menandatangani perjanjian kerja sama pertamanya dengan perusahaan produsen dan distributor botol.

Perjanjian lisensi yang ditandatangani seperti bentuk dasar dari sistem distribusi yang unik. Hingga kini sistem distribusi menjadi ciri dari Coca-Cola. 

Coca-Cola dan Santa

Photo : yellow

Pada 1915, Alexander Samuelson mendesain botol kaca dengan prototipe kontur yang unik. Kemudian Coca-Cola juga pernah mengubah kemasannya menyerupai lonceng bel di tahun 1929. Ini merupakan awal mula kemasan beling yang dimiliki Coca-Cola.

Seorang artis bernama Haddon Sunddblom, membuat ilustrasi yang menggambarkan Santa Claus sedang berpose dengan botol Coca-Cola. Pada ilustrasi tersebut terlihat Santa Clause sedang menikmati Coca-Cola. 

Coca-Cola Semakin Berjaya Setelah Perang Dunia II

Photo : Situs resmi Coca Cola

Setelah berakhirnya peristiwa Perang Dunia II, Coca-Cola semakin digemari masyarakat. Produk ini mulai didistribusikan ke banyak negara. Pada tahun 1978, Coca-Cola menjadi satu-satunya minuman kemasan dingin yang diterima di China.

Untuk meningkatkan peminatnya, Coca-Cola memperkenalkan minuman ringan rendah kalori pada tahun 1982. Pasar Coca-Cola semakin terbuka lebar, di mana Coca-Cola telah terjual hingga lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Sepanjang tahun 1990-an menjadi era kejayaan perusahaan Coca-Cola. 

Berkecimpung dalam Bisnis Film

Photo : Situs resmi Coca Cola

Perusahaan Coca-Cola semakin memperluas bisnisnya dengan berkecimpung dalam bisnis film. Coca-Cola sempat menjadi pemegang saham di Columbia Pictures Industries, perusahaan yang memproduksi film di Amerika Serikat pada tahun 1982. Perusahaan ini pun terus menciptakan merek baru yang mendampingi Coca-Cola.

Peristiwa Terpenting Coca-Cola

Photo : Situs resmi Coca Cola

Menjadi perusahaan besar, Coca-Cola sempat menjadi sponsor Olympic Games di Sydney, Australia pada tahun 2000. Selama lebih dari dua dekade, Coca-Cola langganan memberikan sponsor kepada acara-acara bergengsi lainnya, salah satunya Euro 2020

Coca-Cola kemudian berkontribusi menyumbangkan dana sebanyak $12 juta atau Rp173 miliar, untuk korban serangan teroris di Amerika Serikat. Tak hanya itu, Coca-Cola pun sering mendonasikan dana ke pihak yang membutuhkan.

Pada tahun 2010, Coca-Cola Company mengakuisisi seluruh operasi pembotolan Coca-Cola Enterprises di Amerika Utara. Hingga kini produk Coca-Cola berjaya di pasar dunia. 

  • Editor: Anabel Yevina

How does this article make you feel?

Recommended
David Beckham dan Tom Cruise

Momen David Beckham dan Tom Cruise Dukung Inggris di Final Euro 2020

  • 12 Juli 2021, 09:47 WIB
David Beckham dan Tom Cruise tampak bergembira bersama saat Luke Shaw mencetak gol di final Euro 2020.
BTS - Euro 2020 - Harry Styles

4 Lagu yang Diputar di Final Euro 2020, Butter - BTS Diprotes

  • 08 Juli 2021, 15:32 WIB
Selain lagu Butter - BTS, ada 3 lagu lain milik Harry Styles, The Weeknd dan Louis Tomlinson yang diputar di final Euro 2020.
BTS - Euro 2020

Ramai Protes Lagu Butter - BTS di Final Euro 2020

  • 07 Juli 2021, 17:25 WIB
Lagu Butter milik BTS akan diputar di pembukaan pertandingan final EURO 2020, tapi ramai menuai protes.
Hazard

10 Potret Kompak Eden Hazard dan Tiga Adiknya, Pemain Timnas Belgia

  • 28 Juni 2021, 10:26 WIB
Deretan potret dan fakta Eden Hazard, Thorgan Harzard, Kylian Hazard dan Ethan Hazard, pesepak bola asal Belgia.
Cristiano ronaldo dan BTS

Gaji BTS dan Cristiano Ronaldo Siapa Lebih Kaya?

  • 19 Juni 2021, 15:43 WIB
Gaji Cristiano Ronaldo per tahun di Juventus ternyata lebih besar dari gaji BTS per tahun dari agensi HYBE.
Babe cabita dan Cristiano Ronaldo

Video Parodi Babe Cabita Geser Coca-cola Viral Go Internasional

  • 18 Juni 2021, 16:28 WIB
Babe Cabita membuat parodi geser minuman Coca-cola ala Ronaldo hingga membuatnya viral di media sosial.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS