Logo
Ilustrasi
lifestyle
7 Cara Mudah Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021
Photo: IMGBIN

ZIGI – Ingin memiliki pemasukan tambahan di tahun 2021? Terdapat berbagai cara untuk mendapatkannya dengan passive income. Dilansir dari Clear Tax, passive income adalah pendapatan yang bisa terus didapatkan secara berkala, tanpa perlu melakukan banyak upaya untuk menciptakannya.

Melalui passive income, kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan tidak bergantung pada pendapatan aktif. Penasaran apa saja cara untuk mendapatkan passive income? Berikut beberapa ide yang dapat membantu kamu, untuk membangun kekayaan dengan passive income. Yuk simak!

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Mahasiswa Saat Mengelola Keuangan

1. Kontributor Foto di Website

Photo : shutterstock

Bagi kamu yang memiliki bakat dalam dunia fotografi, kamu bisa mendapatkan pendapatan dari menjual foto di internet. Kamu hanya tinggal meng-upload foto di berbagai situs penjualan foto seperti Istock, Pixabay, Shutterstock, dan berbagai situs lainnya. Nantinya, situs itu akan memberikan royalti dari setiap foto yang di-download oleh penggunanya. Jika ingin memulai cara ini, kamu bisa memulai secara perlahan untuk membuat portofolio dengan beragam tema. 

2. Menulis Buku atau Ebook

Photo : Freelancermap

Jika memiliki keahlian dalam menulis, kamu dapat memanfaatkan bakatmu sebagai sumber passive income dengan mencoba menulis sebuah buku secara fisik maupun elektronik atau ebook. Kamu pun bisa menjual buku karya kamu kepada penerbit atau secara online di berbagai platform penerbit seperti google books. Selain itu, kamu juga bisa menjual ebook di website pribadi seperti WordPress, dengan menggunakan plugin seperti Sell Digital Downloads.

3. Membuat Konten YouTube

Photo : Shutterstock

Cara lainnya, kamu bisa mendapatkan passive income dengan membuat konten video di YouTube. Mulai membuat konten dari bidang yang kamu kuasai, misalnya tutorial make up, review film, resep masak dan masih banyak bidang yang dapat dijadikan konten. Jika membuat video secara konsisten, nantinya kamu akan mendapatkan banyak penonton sehingga mendapatkan uang dari iklan. Penghasilan akan terus mengalir dengan sendirinya, jika secara konsisten membuat konten. 

4. Investasi

Photo : shutterstock

Selain menjual hasil karya, kamu bisa memanfaatkan keuntungan dari investasi yang bisa menjadi penghasilan pasif dalam rentan waktu tertentu. Tapi sebelum itu, kamu harus mempertimbangkan investasi sesuai dengan kebutuhan dan profil resikonya. Berbagai investasi yang memberikan hasil dalam jangka pendek seperti saham, deposito dan obligasi. Jika ingin mendapatkan hasil dalam jangka panjang kamu bisa mencoba investasi obligasi, properti hingga tabungan berjangka. 

5. Membuka Kelas Online

Photo : Shutterstock

Jika memiliki ilmu yang cukup untuk dibagikan, coba buka kelas secara online. Pilih topik yang kamu kuasai. Setelah itu, sesuaikan topik tersebut dengan target pasar yang sudah ditentukan. Kemudian, jual tiket kelas online milikmu di media sosial. Dengan membuka kelas online, kamu pun bisa menambah penghasilan. 

6. Bisnis franchise

Photo : Shutterstock

Bagi kamu yang senang terjun dalam dunia bisnis, kamu bisa membuka bisnis franchise atau waralaba. Di mana kamu menjual lisensi produk atau layanan kepada pihak yang membeli. Dengan begitu, kamu dapat memperluas lapangan pekerjaan di Indonesia. Kalau bisnis waralaba ini sukses, pendapatan kamu juga akan terus mengalir. 

7. Iklan di Blog

Photo : Shutterstock

Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari setiap postingan blog dengan cara mendaftarkan dan memasang iklan via Google AdSense. Setiap pengunjung meng-klik dan melihat iklan tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan dari Google. Tapi pastikan produk atau layanan yang diiklankan, relevan dengan blog yang kamu buat ya. Semoga berhasil!

Baca juga: 7 Jenis Income yang Perlu Kamu Tahu Sejak Muda

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
Ilustrasi

5 Kesalahan yang Dilakukan Mahasiswa Saat Mengelola Keuangan

  • 17 Juli 2021, 15:51 WIB
Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam mengatur keuangan, salah satunya tidak membuat anggaran dasar.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS