Logo
Ilustrasi
lifestyle
6 Rekomendasi Olahraga di Rumah agar Tubuh Tetap Bugar
Photo: shutterstock

ZIGI – Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Pemerintah mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Bingung mau ngapain? Kamu bisa melakukan olahraga di rumah lho.

Olahraga adalah salah satu kegiatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, agar meminimalisir terhindar dari virus corona. Kali ini, Zigi.id merekomendasikan tujuh olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Yuk simak informasinya!

Zumba

Photo : shutterstock

Zumba adalah olahraga yang populer di kalangan anak muda. Olahraga ini mampu membakar lemak sehingga dapat menurunkan berat badan. Tak hanya itu, olahraga ini mampu mengendalikan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Memiliki ritme gerakan yang cepat, Zumba memadukan kombinasi tari salsa dengan gerakan aerobik. Olahraga ini dapat dilakukan di rumah, dengan menonton video yang diakses melalui internet. Untuk melakukan zumba, kamu hanya perlu membutuhkan waktu selama 30 menit dalam sehari.

Kamu dapat melakukan zumba pada pagi atau sore hari. Agar lebih menyenangkan, kamu dapat mengajak sanak saudara atau rekan yang ada di rumah untuk melakukan Zumba bersama. 

Yoga

Photo : pexels

Yoga adalah olahraga yang yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan, membantu tubuh menjadi lebih rileks. Beda dengan zumba, gerakan yoga cenderung lebih santai dan mudah untuk dilakukan.

Olahraga ini dikenal sebagai olahraga meditasi, yang dipercaya dapat meredakan nyeri sendi, meredakan stres, membakar kalori dan masih banyak manfaatnya. Olahraga ini membutuhkan instruktur untuk mengawasi gerakan, agar terhindar dari cedera.

Bagi pemula yang tak ingin menggunakan instruktur, disarankan untuk melakukan hatha yoga yang memiliki gerakan yang ringan. Kamu pun dapat mengikuti berbagai gerakan melalui nonton tayangan video di berbagai platform. 

Lompat Tali

Photo : shutterstock

Lompat tali atau dikenal dengan skipping adalah salah satu olahraga kardio yang melatih dan mengembangkan kekuatan otot tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan aman untuk segala usia. Alatnya pun mudah untuk didapatkan. Kamu dapat membeli di toko olahraga atau di e-commerce.

Olahraga lompat tali memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya melatih pernapasan. Lakukan olahraga ini setiap hari selama 15 menit hingga 30 menit. Dijamin deh, keringat kamu akan bercucuran. Agar terhindar dari risiko cedera, lakukanlah peregangan agar otot-otot kamu tidak tegang.

Angkat Beban

Photo : shutterstock

Angkat beban adalah salah satu olahraga untuk mengencangkan otot-otot yang telah kendur. Untuk melakukannya, kamu tak usah repot pergi ke tempat gym karena olahraga ini dapat dilakukan di rumah. Kamu dapat menggunakan dumbble atau barble.

Untuk membentuk otot, kamu dapat melakukan beberapa gerakan seperti bent-over row, one arm swing, dumbble shoulder press, dan gerakan lainnya. Jika tak mempunyai alat untuk angkat beban, kamu dapat menggunakan botol bekas yang diisi air. Menjadi lebih hemat bukan?

Jogging atau treadmill

Photo : shutterstock

Jogging adalah salah satu olahraga kardio, dengan berlari secara perlahan atau santai. Olahraga ini adalah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Selain mudah, jogging tidak perlu biaya apapun. Biasanya jogging dilakukan orang-orang di taman kota.

Namun, adanya covid-19 membuat orang-orang tak boleh berkerumun, kamu dapat melakukannya di sekitaran rumah seperti halaman rumah. Atau kamu dapat berkeliling di daerah yang sepi, tidak menimbulkan potensi kerumunan. 

Jika kamu mempunyai alat treadmill di rumah, kamu dapat memanfaatkannya. Kamu dapat melakukan jogging selama 30 menit perhari. 

Hula Hoop

Photo : Shutterstock

Hula Hoop adalah salah satu olahraga yang bermanfaat bagi wanita, untuk membentuk pinggul yang indah. Kaum pria pun dapat merasakan manfaatnya yaitu melatih stamina bagian bawah tubuh. Biasanya hula hoop sering dimainkan oleh anak-anak, dengan  lenggang rotan yang diputar di area perut dan pinggul.

Kini Hula Hoop dapat dimainkan siapa saja, termasuk orang dewasa dan anak-anak. Meskipun hanya menggerakan lenggang rotan untuk diputar bagian perut dan pinggul, olahraga ini memiliki efek yang luar biasa. Alat hula hoop mudah didapatkan, kamu dapat membeli di toko alat olahraga atau di e-commerce. Harganya pun cukup terjangkau. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Hani EXID

Kronologi Hani EXID Positif Covid-19, Tengah Syuting Drama Baru

  • 20 Juli 2021, 11:23 WIB
Hani EXID positif Covid-19. Diketahui tertular dari seorang staf terdekat dan tengah menjalani syuting drama Idol: The Coup.
Minhyuk BTOB

Kronologi Minhyuk BTOB Positif Covid-19, Tertular dari Guru Vokal

  • 17 Juli 2021, 14:48 WIB
Minhyuk BTOB dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya negatif. Minhyuk diduga tertular dari guru vokalnya.
So junghwan dan doyoung treasure

So Junghwan TREASURE Positif Covid-19 Setelah Doyoung

  • 16 Juli 2021, 15:42 WIB
So Junghwan TREASURE positif Covid-19. Sang maknae yang dijuluki Super King Cow Baby dinyatakan positif setelah Kim Doyoung.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
TikTok

TikTok Sound Disalahgunakan untuk Disinformasi Vaksin Covid-19

  • 15 Juli 2021, 10:32 WIB
TikTok Sound, fitur ini disalahgunakan oleh sejumlah oknum untuk mencegah banyak orang untuk vaksin Covid-19.
Ikatan Vaksin

Viral Video Drama The Penthouse Diubah Jadi 'Ikatan Vaksin'

  • 15 Juli 2021, 10:01 WIB
Leyla Aderina dan Kristo Immanuel buat video dubbing dari adegan drama Korea The Penthouse, diubah jadi Ikatan Vaksin.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS