6 Negara Dengan Biaya Hidup Terjangkau, Cocok untuk Pensiun - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Travelling
lifestyle
Travelling
Photo: Frans Sellies
Travelling

ZIGI –  Apakah kalian pernah berpikir untuk memutuskan tinggal dan bekerja di luar negeri, atau menghabiskan masa pensiun di luar Indonesia?Tentu, berpergian dan tinggal di luar negeri menjadi impian banyak orang.

Bagi kalian yang membutuhkan rekomendasi, berikut Zigi.id pilih 6 negara dengan biaya hidup terjangkau berdasarkan Indeks Pensiunan Global dilansir dari Forbes. Berikut daftarnya!

Panama

Panama
Photo : Panama Tourism
Panama

Negara pertama yang dinilai cukup terjangkau serta aman adalah Panama. Melansir Forbes, menurut Indeks Pensiunan Global Tahun 2022, Panama menempati urutan pertama negara yang sangat cocok untuk menghabiskan masa pensiun.

Ada beberapa kota tujuan yang bisa dipilih seperti kota metropolitan Panama City atau daerah pegunungan yang sejuk seperti Cerro Azul, Sora, Coronado, El Valle yang hanya berjarak satu jam dari ibukota. Tak ketinggalan, pantai Karibia Portobelo yang juga dapat menjadi pilihan.

Banyak pensiunan dari Amerika Serikat dan Kanada yang menjadikan Panama sebagai negara untuk menghabiskan masa pensiun. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat seperti diskon 15% untuk tagihan rumah sakit, diskon 20% untuk obat, diskon 15% untuk pemeriksaan gigi dan mata, dan diskon 20% untuk konsultasi medis.

Bahkan kalian bisa menjadi penduduk resmi jika memiliki jaminan sosial atau pensiun perusahaan minimal US$1.000 per bulan. Sepasang suami istri dapat hidup dengan layak mulai dari US$1.753 ( Rp 25 juta) per bulan di Panama City.

Portugal

Algarve, Portugal
Photo : Berbagai Sumber
Algarve, Portugal

Portugal juga dapat menjad destinasi bagi para pensiunan. Untuk kalian yang ingin menikmati suasana perkotaan dapat memilih Lisbon atau Porto sebagai tempat tinggal. Bagi yang ingin menikmati suasana kota yang tentram dapat memilih Caldas da Rainha ataupun Alentejo. 

Rata-rata biaya hidup yang dikeluarkan satu pasangan di Portugal adalah sekitar US$ 2.500 ( Rp 37 juta) per bulan. Jika memilih untuk tinggal di perkotaan seperti Lisbon ataupun Porto bisa menghabiskan US$ 3.000 (Rp 44 juta) per bulan.

Kosta Rika

Kosta Rika
Photo : Valerija Polkakovska
Kosta Rika

Kosta Rika juga menjadi salah satu negara yang kerap menjadi destinasi akhir bagi mereka yang ingin menjalani masa pensiun dengan tenang. Salah satu tempat yang menarik adalah Semenanjung Nicoya di daerah Guanacaste.

Di daerah ini kalian akan menemukan populasi sentenarian, orang yang hidup lebih dari 100 tahun, dalam jumlah yang cukup banyak. Hal tersebut ada karena pola hidup sehat, lingkungan asri, dan budaya kekeluargaan yang erat antar warga.

Satu pasangan keluarga dapat hidup dengan layak dengan US$2.000 (Rp 29 juta) per bulannya. Untuk yang belum memiliki pasangan ataupun hidup sendiri dapat hidup berkecukupan dengan US$ 1.600 (Rp 23 juta) per bulan.

Malaysia

Penang Street
Photo : Berbagai Sumber
Penang Street
  • Editor: Raynard Kristian Bonanio
Recommended

Sitala H1-Key Tetap Debut Meski Tuai Kontroversi di Thailand

  • 08 Desember 2021, 13:07 WIB
Sitala H1-Key yang diduga dukung militer Thailand akan tetap debut pada Januari 2022. Netizen Thailand kritik keputusan agensi.

Lisa Blackpink Diminta Jadi Duta Pariwisata Thailand

  • 15 Oktober 2021, 09:53 WIB
Pemerintah Thailand didesak untuk mengangkat Lisa Blackpink menjadi duta pariwisata Thailand untuk bantu perekonomian.

5 Fakta Negara Paling Bahagia di Dunia, 2021 Indonesia Ranking 82

  • 08 September 2021, 15:45 WIB
Laporan Negara Paling Bahagia di Dunia menempatkan Finlandia di urutan nomor satu, menggunakan total 6 komponen.

Profil dan Biodata Samuel Mulia: Agama, Karier, Kronologi Meninggal

  • 26 Juni 2022, 19:26 WIB
Profil dan biodata Samuel Mulia meninggal dunia pada Sabtu, 25 Juni 2022, lengkap perjalanan karier, agama, jurnalis mode.

Nonton Alchemy of Souls Episode 4 Sub Indo, Jang Wook Diajak Bertarung

  • 26 Juni 2022, 17:45 WIB
Spoiler dan link nonton Alchemy of Souls episode 4 sub Indo. Pertarungan Jang Wook dan Go Won demi pedang Jang Gang dan Naksu.

5 Fakta Pernikahan Adinda Azani dan Armand Zachary, Mahar Uang Euro

  • 26 Juni 2022, 16:08 WIB
Momen pernikahan Adinda Azani dan Armand Zachary pada Minggu, 26 Juni 2022. Mas kawin mata uang euro hampir Rp102 juta.
The Latest
Freaky

Mengenal Arti Kata Freaky yang Sedang Viral di TikTok

  • 25 Juni 2022, 16:41 WIB
Instagram

Arti dan Cara Gunakan NGL Link di Instagram untuk Kirim Pesan Rahasia

  • 24 Juni 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi cewek kue, cewek mamba

Perbedaan Cewek Kue, Cewek Bumi dan Cewek Mamba yang Viral di TikTok

  • 24 Juni 2022, 16:20 WIB
Holywings

Kronologi Holywings Dikecam MUI Karena Promo Pakai Nama Muhammad

  • 24 Juni 2022, 10:14 WIB
Kereta Gantung

6 Kereta Gantung di Indonesia, Akan Dibangun di Ibu Kota Baru

  • 23 Juni 2022, 18:27 WIB
INDEKS