6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi
lifestyle
Ilustrasi
Photo: StockSnap
Ilustrasi

ZIGI – Dalam mengelola keuangan, diperlukan anggaran pribadi untuk mencapai tujuan finansial. Anggaran pribadi atau budget dapat dimaknai sebagai ringkasan yang melacak setiap pendapatan dan pengeluaran setiap bulan. Dengan membuat anggaran pribadi, seseorang bisa membandingkan antara pengeluaran dan pendapatan.

Namun, banyak sekali orang yang mengabaikan anggaran pribadi, karena hal tersebut tergolong rumit dan perlu ketekunan untuk dilakukan. Berikut ini cara mudah membuat anggaran pribadi, yang dilansir dari The Balance. 

1. Kumpulkan semua dokumen keuangan

Ilustrasi
Photo : Shutterstocks
Ilustrasi

Sebelum memulai untuk membuat anggaran pribadi, sebaiknya kumpulkan dokumen keuangan. Mulai dari laporan bank, akun investasi, pinjaman, tagihan kartu kredit, dan seluruh dokumen yang terkait pengeluaran dan pendapatan. Semakin banyak informasi yang dikumpulkan akan semakin baik. Salah satu kunci kesuksesan pembuatan anggaran adalah dengan membuat rata-rata setiap bulannya. 

2. Total semua sumber penghasilan

Ilustrasi
Photo : Shutterstocks
Ilustrasi

Setelah mengumpulkan seluruh dokumen keuangan, hitunglah seluruh penghasilan setiap bulannya. Jika kamu sebagai pekerja, biasanya gaji yang didapatkan akan dikurangi pajak secara otomatis. Jadi kamu bisa memasukkan penghasilan sebagai pendapatan bersih.

Sedangkan jika kamu seorang wiraswasta atau memiliki sumber pendapatan dari luar, pastikan untuk mencatat setiap pendapatan secara rinci. Catatlah semua penghasilan termasuk tunjangan atau jaminan sosial. Catatan total pendapatan ini dianggap sebagai jumlah pendapatan setiap bulannya. Jangan lupa untuk melakukan kegiatan ini setiap bulannya, agar menjadi suatu kebiasaan dalam mengelola keuangan.

3. Membuat daftar pengeluaran bulanan

Ilustrasi
Photo : Shutterstocks
Ilustrasi

Pada langkah ketiga, kamu harus membuat daftar pengeluaran bulanan. Tuliskan semua daftar pengeluaran yang kamu rencanakan selama sebulan. Daftar ini termasuk biaya sewa, bahan makanan, hiburan, perawatan pribadi, biaya transportasi, tabungan, tagihan listrik, dan seluruh pengeluaran lainnya yang kamu habiskan. Untuk memudahkan mengidentifikasi semua laporan pengeluaran, gunakan laporan mutasi bank, kwitansi, dan laporan kartu kredit. 

4. Tentukan pengeluaran tetap dan variabel

Ilustrasi
Photo : Promise
Ilustrasi

Dengan menentukan setiap pengeluaran tetap dan variabel, dapat memudahkan kamu untuk menyusun pembuatan anggaran keuangan pribadi setiap bulannya, Pengeluaran tetap adalah biaya wajib yang kamu bayarkan, dengan jumlah yang sama untuk setiap bulannya. Biaya tetap termasuk biaya sewa atau hipotek, biaya cicilan mobil atau motor, pembayaran layanan internet, dan biaya konstan lainnya.

Sedangkan untuk pengeluaran variabel merupakan biaya yang dibayarkan dengan jumlah yang berubah-ubah setiap bulannya. Pengeluaran variabel meliputi hiburan, bahan makanan, hadiah, makan di luar rumah, bensin, dan pengeluaran lainnya yang akan muncul dalam satu bulan.

Setelah menentukan pengeluaran tetap dan variabel, mulailah menetapkan nilai pengeluaran setiap bulannya untuk setiap kategori yang dimulai dengan pengeluaran. Kemudian, perkirakan berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk biaya variabel. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menyusun dana anggaran pribadi.

5. Jumlah total penghasilan dan pengeluaran tiap bulan

Ilustrasi
Photo : Reader Diggest
Ilustrasi

Pada langkah kelima, kamu harus menjumlahkan total dari penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya. Jika hasil akhir menunjukkan bahwa pendapatan lebih tinggi dibandingkan pengeluaran, hal tersebut adalah awal yang baik. Dimana kamu bisa memasukkan dana tersebut untuk tabungan pensiun dan melunasi utang. 

Sedangkan jika pengeluaran lebih tinggi dibandingkan pendapatan, kamu harus melakukan banyak perubahan untuk menyeimbangi kondisi keuangan. Kamu dapat mengurangi jumlah berbelanja dan jangan boros untuk mengubah kondisi keuangan yang buruk.

Jika kamu kesulitan untuk mengelola keuangan, kamu dapat menggunakan metode budgeting 50-30-20. Dimana 50% digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk biaya untuk memenuhi keinginan, dan 20% untuk tabungan atau pembayaran utang.

6. Lakukan penyesuaian pada pengeluaran

Ilustrasi
Photo : Shutterstocks
Ilustrasi

Langkah terakhir untuk membuat anggaran pribadi adalah melakukan penyesuaian pada pengeluaran. Jika kamu berada dalam situasi dimana pengeluaran lebih tinggi dibandingkan pendapatan, temukan biaya variabel yang bisa kamu potong setiap bulannya. Misalnya, kamu bisa berhemat dengan cara mengurangi hiburan dan makan di luar atau menghilangkan kategori yang tidak penting.

Dengan begitu kamu bisa mulai menyeimbangkan anggaran pribadi. Usahakan agar tabel pendapatan dan pengeluaran seimbang. Dengan begitu, akan memudahkan kamu untuk menemukan tujuan pengeluaran atau penghematan tertentu. Hal tersebut memudahkan kamu untuk menemukan anggaran pribadi yang sesuai. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended

10 Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa ala Adik Raditya Dika

  • 15 November 2022, 19:19 WIB
Tips mengatur keuangan untuk mahasiswa dari adik Raditya Dika agar tak terjebak perilaku konsumtif dan pinjol.

7 Tips Kelola Keuangan Selama Pergi Liburan

  • 08 November 2022, 07:00 WIB
Liburan biasanya dihabiskan untuk berkunjung ke lokasi wisata, agar tidak boros maka perlu perencanaan pengeluaran yang tepat.

4 Tips Bijak Pakai Kartu Kredit ala Tarra Budiman

  • 04 November 2022, 11:57 WIB
Tarra Budiman bagikan tips-tips penggunaan kartu kredit secara bijak agar tidak memberatkan saat sudah masuk waktu tagihan.

5 Kesalahan First Jobber Soal Keuangan Menurut Prita Ghozie

  • 29 Oktober 2022, 14:00 WIB
Kesalahan yang sering dialami oleh first jobber atau orang yang pertama kali baru bekerja terkait keuangan menurut Prita Ghozie.

5 Tips Mengatur Investasi di Tengah Resesi Global

  • 05 Oktober 2022, 07:00 WIB
Tips-tips mengatur investasi di tengah ancaman resesi global yang dikabarkan akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang.

7 Tips Menabung Cepat dan Anti Ribet untuk Nonton Konser

  • 20 September 2022, 16:16 WIB
Tips menabung untuk membeli tiket konser, pastikan mengetahui semua yang dibutuhkan selama konser agar tidak keluar dari rencana.
The Latest
Balenciaga

4 Fakta Iklan Terbaru Balenciaga Tuai Kontroversi, Dikecam Bella Hadid

  • 29 November 2022, 11:18 WIB
Teknologi Canggih di Piala Dunia 2022

4 Teknologi Canggih Diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar

  • 28 November 2022, 19:04 WIB
Pertamina Eco RunFest 2022

Pertamina Eco RunFest 2022 Digelar Besok, Diikuti Baim Wong dan Andien

  • 26 November 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi kecantikan

8 Manfaat Pemakaian Sunscreen, Bisa Cegah Penuaan Dini pada Wajah

  • 25 November 2022, 07:00 WIB
Mark Zuckerberg

Meta Bantah Mark Zuckerberg Bakal Mengundurkan Diri dari CEO

  • 24 November 2022, 17:22 WIB
INDEKS