6 Jenis Investasi Syariah yang Aman dan Menguntungkan - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi
lifestyle
Ilustrasi
Photo: shuttershock
Ilustrasi

ZIGI – Ingin berinvestasi tapi khawatir dengan riba atau bunga? Maka investasi syariah adalah salah satu pilihan untuk berinvestasi. Investasi Syariah  dapat diartikan sebagai investasi yang menerapkan prinsip sesuai dengan syariat Islam. Investasi ini tetap memberikan keuntungan dengan cara yang halal. 

Kamu tertarik untuk menanamkan modal pada investasi syariah, tapi bingung jenis investasinya? Zigi.id telah merangkum jenis investasi syariah yang menguntungkan berikut ini.

1. Reksa Dana Syariah

image
Photo : Situs resmi Obligasi

Reksa Dana Syariah dapat diartikan sebagai wadah untuk menghimpun dana masyarakat secara syariah. Melalui Reksa dana syariah, dana yang dihimpun masyarakat akan dikelola oleh Manajer Investasi, untuk dialokasikan ke dalam instrumen pasar uang syariah hingga surat berharga syariah. Secara umum, reksa dana syariah dengan reksa dana konvensional tidak ada perbedaan yang signifikan. 

Namun reksa dana dikatakan syariah bila dikelola secara syariah, terdapat akad syariah, diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah, dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah yang tertulis pada peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tentang Penerbitan dan Persyaratan Reksa Dana Syariah.

Selain itu, reksa dana syariah hanya dapat berinvestasi di aset-aset yang berprinsip syariah. Jika kamu tertarik berinvestasi pada reksa dana syariah, kamu dapat membeli reksa dana mulai dari Rp100.000, melalui berbagai aplikasi online. 

2. Saham Syariah

image
Photo : pexels.com

Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari oleh berbagai kalangan, karena dapat memberikan keuntungan lebih tinggi. Tak heran bila banyak investor menanamkan modal pada investasi saham, termasuk saham syariah. 

Saham syariah adalah jenis investasi yang menerapkan prinsip syariah di pasar modal. Suatu saham dikatakan syariah, jika kegiatan usaha dari perusahaan memenuhi prinsip syariah yang telah ditetapkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan). Selain itu, kamu dapat melihat aset-aset syariah melalui Daftar Efek Syariah (DES). 

Dilansir dari BEI (Bursa Efek Indonesia), terdapat dua jenis saham syariah yang diakui di pasar modal Indonesia. Pertama, saham yang dinyatakan memenuhi kriteria seleksi saham syariah berdasarkan peraturan OJK Nomor 35/POJK.04/2017 tentang Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah. Kedua adalah saham yang dicatatkan sebagai saham syariah oleh emiten atau perusahan publik syariah berdasarkan peraturan OJK no. 17/POJK.04/2015. 

3. Dana Investasi Real Estate (DIRE) Syariah

image
Photo : pixabay

Dana Investasi Real Estat Syariah adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang menanamkan modal, kemudian diinvestasikan pada aset real estate dengan prinsip syariah di pasar modal. DIRE dikatakan syariah apabila memenuhi prinsip syariah seperti akad, cara pengelolaan, aset atau dana pada real estate tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan OJK tentang Penerapan Prinsip Syariah di Pasar Modal.

4. Sukuk

image
Photo : Situs resmi obligasi

Dilansir dari  BEI, sukuk adalah instrumen investasi yang berbentuk sekuritasi aset yang memenuhi prinsip syariah di pasar modal. Sukuk atau obligasi syariah terdiri dari dua jenis yaitu sukuk negara dan sukuk korporasi.

Sukuk negara adalah sukuk yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia berdasarkan Undang-undang No. 19 tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sukuk negara dikenal dengan sukuk ritel adalah jenis investasi yang ditawarkan pemerintah kepada individu, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Sedangkan sukuk korporasi adalah sukuk yang diterbitkan oleh perusahaan, baik perusahaan swasta maupun Badan Umum Milik Negara (BUMN), berdasarkan peraturan OJK No. 18/POJK.04/2005 tentang penerbitan dan persyaratan sukuk.

5. Deposito Syariah

image
Photo : Pixabay

Deposito syariah adalah tabungan berjangka yang disediakan oleh bank yang menerapkan prinsip syariah. Secara umum, sistem pengelolaan deposito syariah dengan deposito konvensional tidak jauh berbeda. Yang membedakan deposito syariah dengan deposito konvensional terdapat pada prinsip bagi hasil.

Pada deposito syariah kamu akan mendapatkan keuntungan melalui return dengan jumlah yang telah kamu sepakati dengan pihak bank. Sedangkan pada deposito konvensional, kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang ditawarkan oleh pihak bank. 

6. Emas

image
Photo : Katadata

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang dapat menguntungkan. Bagi kamu pemula yang ingin berinvestasi, emas menjadi salah satu pilihannya. Emas yang dimaksud bukanlah dalam bentuk perhiasan melainkan emas antam. Emas dikatakan sebagai jenis investasi syariah bila tidak dianggap sebagai komoditas. Jika kamu ingin mulai investasi emas syariah, kamu dapat membeli emas di perbankan yang menerapkan syariah dan Pegadaian. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended

7 Tips Menabung Cepat dan Anti Ribet untuk Nonton Konser

  • 20 September 2022, 16:16 WIB
Tips menabung untuk membeli tiket konser, pastikan mengetahui semua yang dibutuhkan selama konser agar tidak keluar dari rencana.

5 Tips Mengatur Keuangan Saat Kembali Work From Office

  • 11 Agustus 2022, 07:00 WIB
Tips keuangan untuk karyawan yang mulai work from office (WFO) untuk menghindari pemborosan pengeluaran.

Mengenal Perbedaan Kredit dengan Agunan dan Tanpa Agunan

  • 06 Agustus 2022, 18:30 WIB
Dalam mengajukan pinjaman atau kredit memiliki beberapa syarat seperti adanya agunan (jaminan aset berharga) atau tanpa agunan.

Sejumlah Saham Media Sosial Anjlok Karena Twitter dan Snap

  • 23 Juli 2022, 18:54 WIB
Sejumlah saham pemilik perusahaan media sosial seperti Meta hingga Google Alphabet Inc merosot karena Twitter dan Snap.

Perusahaan Blockchain.com PHK 150 Karyawan Imbas Kasus 3AC

  • 22 Juli 2022, 14:37 WIB
Perusahaan start-up Blockchain akan PHK sekitar 25 persen karyawannya karena imbas perusahaan kripto Three Arrows Capital.

Tips untuk Gen Z Agar Dapat Membeli Rumah Pertama

  • 22 Juli 2022, 07:16 WIB
Membeli rumah bagi generasi muda cukup sulit dilakukan mengingat naiknya harga lahan tanah hingga kebutuhan pokok setiap tahunnya.
The Latest
Westlife konser di Sentul Internation Convention Centre

Viral Video Fans Gagal Dapat Selfie Westlife karena Memori HP Penuh

  • 26 September 2022, 16:14 WIB
Buku Nostradamus

5 Fakta Buku Nostradamus, Berisi Soal Ramalan yang Viral di TikTok

  • 24 September 2022, 12:00 WIB
ilustrasi pemakaian sunscreen

5 Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat dengan Tepat

  • 23 September 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi perjalanan wisata ke Segitiga Bermuda

Viral Wisata ke Segitiga Bermuda, Bisa Refund Jika Kapal Hilang

  • 22 September 2022, 19:54 WIB
Ilustrasi hidung mancung

3 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami, Tidak Butuh Alat

  • 22 September 2022, 07:00 WIB
INDEKS