Logo
Apple Watch
lifestyle
6 Fitur Menarik Update WatchOS 8 di Apple Watch
Photo: Situs resmi Apple

ZIGI – Apple memberikan preview pembaruan perangkat lunak untuk Apple Watch pada WatchOS 8. Pada update terbaru WatchOS 8, dikabarkan ada fitur yang menunjang kesehatan fisik dan mental untuk membuat penggunanya tetap sehat.

Selain itu, terdapat sejumlah fitur menarik lainnya yang akan hadir pada musim gugur ini. Penasaran apa saja fiturnya? Berikut deretan fitur menarik update WatchOS 8, yang dilansir dari situs resmi Apple. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

1. Aplikasi penunjang kesehatan 

Photo : Situs resmi Apple

Selain melatih kesehatan fisik, WatchOS 8 menghadirkan pendekatan holistik untuk kesehatan jiwa. Breath adalah aplikasi untuk penggunanya dapat bersantai dan memulihkan tenaga. Kemudian, Apple mengembangkan aplikasi tersebut yang bernama aplikasi Mindfulness.

Dalam update terbaru WatchOS 8, aplikasi ini menghadirkan dua jenis latihan populer baru yaitu Tai Chi dan Pilates. Mode latihan baru ini sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Pembaruan pada mode kedua latihan olahraga ini didukung oleh algoritma detak jantung dan gerakan yang dibuat secara khusus, untuk memberikan metrik yang akurat kepada pengguna.

Selain itu, terdapat fitur baru melalui aplikasi Mindfulness bernama Reflect, untuk menjaga kesehatan mental pengguna. Pada fitur ini, penggunanya dapat melakukan aktivitas meditasi yang befokus untuk menenangkan jiwa dengan durasi satu menit.

Pengguna akan disambut dengan gagasan unik dan bijaksana, yang mengundang kerangka berpikir positif pada setiap sesi Reflect. Melalui aplikasi Mindfullness, pengguna dapat melacak tingkat pernapasan tidur yang menggunakan akselerometer yang mengukur laju pernapasan saat tidur.

2. Apple Wallet

Photo : Situs resmi Apple

Pada pembaruan fitur WatchOS 8 di Apple Wallet yang berfokus sebagai tempat menyimpan segalanya, seperti untuk menyimpan kunci rumah, kunci mobil, kartu identitas, kartu kredit dan debit, dan boarding pass.

Melalui dukungan Ultra Wideband, pengguna dapat dengan aman membuka kunci mobil mereka dari jarak jauh dan menyalakannya dari kursi pengemudi. Kemudian pengguna dapat menambahkan kunci untuk rumah, kantor, dan hotel di Apple Wallet, jadi pengguna hanya melakukan tapping pada perangkat Apple Watch untuk membuka kunci.

Selain itu, Apple Wallet memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menunjukkan kartu identitas. Jadi jika terjadi pemeriksaan identitas, penggunanya hanya menunjukkan kartu identitas melalui Apple Wallet. 

3. Fitur olah pesan dan kontak

Photo : Situs resmi Apple

Pada aplikasi kontak, pengguna dapat menambah, menelusuri, mengedit kontak, dan berbagi kontak secara langsung melalui Apple Watch. Pada aplikasi olah pesan, pengguna dapat mengedit pesan sebelum dikirim melalui Voice Dictation. Selain itu, penggunanya dapat memilih kata atau frasa dan memilih GIF yang sedang tren ke dalam pesan yang akan dikirimkan. 

4. Tampilan jam portrait

Photo : Situs resmi Apple

Apple menambahkan opsi baru pada pembaruan watchOS 8, dengan memberikan tampilan jam potret yang menggunakan foto unik yang diambil dari Iphone. Tampilan jam akan mengenali wajah dan memotong untuk menyorot subjek karena latar belakang kabur.

Pengguna dapat menggunakan Digital Crown di Apple Watch, untuk memperbesar subjek dan membuat waktu bergeser dengan efek 3D. Selain itu, akan menampilkan memori dan foto unggulan yang akan berubah setiap hari dengan tampilan kenangan. Pengguna dapat berbagi foto tertentu langsung dari aplikasi menggunakan pesan atau email. 

5. Aplikasi Find My dan Find Items

Photo : Situs resmi Apple

Apple memberikan kemudahan untuk menemukan perangkat apple lainnya pada update terbaru watchOS 8 dengan dua aplikasi terbaru bernama Find My dan Find Items. Pada aplikasi Find Item, akan menunjukkan lokasi item apa pun di jaringan.

Penggunanya dapat melihat lokasi terakhir item yang diketahui, memutar suara, mengaktifkan mode hilang, dan masih banyak lagi. Sementara pada aplikasi Find My, akan menunjukkan lokasi perangkat Apple pengguna seperti iPhone, iPad, atau Mac. Pengguna dapat melihat lokasi yang tepat dan mengaktifkan mode hilang pada perangkat. 

6. Fitur Fokus

Photo : Situs resmi Apple

WatchOS 8 mendukung fitur fokus, dimana pengguna dapat mengurangi gangguan saat menikmati momen tertentu. Melalui fitur ini, Apple Watch bekerja secara otomatis untuk menyelaraskan dengan fokus apapun yang diatur di iOS 15. Jadi pengguna hanya menerima pemberitahuan dari orang  tertentu dan aplikasi yang telah dipilih sebelumnya, sehingga pengguna dapat menikmati momen tertentu tanpa gangguan.

7. Ketersediaan WatchOS 8

Photo : Situs resmi Apple

WatchOS 8 akan dirilis kepada publik pada musim gugur, sekitar bulan September hingga November 2021. WatchOS 8 dapat diinstal di perangkat Apple Watch seperti:
1. Appla Watch Series 3
2. Apple Watch Series 4
3. Apple Watch Series 5
4. Apple Watch SE
5. Apple Watch Series 6

Namun, beberapa fitur WatchOS 8 hanya akan hadir di beberapa wilayah tertentu. 

  • Editor: Anabel Yevina

How does this article make you feel?

Recommended
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
iPhone 13 saat ini masih dalam tahap penyempurnaan dan diprediksi bakal resmi dirilis pada September tahun 2021 ini.
iPhone

3 Cara Mematikan iPhone dari Generasi Lama Hingga Terbaru

  • 27 Juli 2021, 16:28 WIB
Cara mematikan iPhone sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun perlu dipahami karena setiap generasi ponsel Apple ada perbedaannya.
Facebook

Facebook Rilis Game Cloud ke Perangkat Apple

  • 26 Juli 2021, 16:32 WIB
Facebook resmi menghadirkan layanan game cloud terbarunya ke perangkat Apple termasuk iPhone dan iPad lewat aplikasi web.
Sausage Man

Download Sausage Man, Game Battle Royale iOS & Android Lagi Viral

  • 12 Juli 2021, 19:02 WIB
Sausage man merupakan game battle royale untuk ponsel, yang menggunakan karakter lucu dan menggemaskan. Sudah coba?
iPhone 13

Bocoran iPhone 13 Banjir Kritikan, Dikabarkan Rilis September 2021

  • 25 Juni 2021, 17:47 WIB
Desain iPhone 13 yang dikabarkan dirilis Apple beberapa bulan lagi, berbeda di fitur kamera belakang.
APple

5 Fitur Baru Apple untuk iOS 15, FaceTime Tandingi Zoom

  • 08 Juni 2021, 09:52 WIB
Apple akan luncurkan iOS 15 pada akhir 2021, fitur FaceTime disebut canggih dan bisa saingi Zoom dan Google Meet.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS