Logo
Beasiswa Luar Negeri
lifestyle
6 Beasiswa Kuliah Luar Negeri dengan Jaminan Biaya Hidup
Photo: pexels.com

ZIGI – Beasiswa luar negeri menjadi salah satu jalan terbaik buat kamu para pelajar Indonesia yang memiliki cita-cita menimba ilmu di negeri orang. Meski tidak semuanya menanggung biaya hidup selama kuliah, namun beasiswa kuliah luar negeri menawarkan banyak benefit bagi setiap penerimanya.

Di bawah ini, Zigi.id telah merangkum sejumlah informasi menarik terkait beasiswa untuk kuliah di luar negeri yang tersebar di berbagai negara tapi juga bisa memberikan bantuan untuk biaya hidup kamu. So, buat kamu yang pengen melanjutkan studinya di negara lain, yuk simak informasi beberapa beasiswa luar negeri berikut ini sampai tuntas.

1. Beasiswa LPDP 2021

Photo : pexels.com

Beasiswa luar negeri pertama yang bisa kamu dapatkan adalah LPDP Scholarship. Melansir dari laman resminya pada Kamis, 22 Juli 2021, beasiswa ini merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN), dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Tujuan diadakannya program ini adalah untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan, berkualitas, memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia di masa depan.

Adapun beasiswa LPDP Scholarship ditujukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi syarat, berkeinginan untuk melanjutkan program Magister atau program Doktoral, serta memiliki rencana kontribusi pasca studi demi kemajuan Indonesia.

Pendaftaran beasiswa ini dilaksanakan melalui onlinelho. Caranya adalah dengan mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di sini. Untuk pendaftaran beasiswa LPDP 2021 gelombang 2 baru dibuka pada 1 Agustus 2021 mendatang. Jadi persiapkan dirimu mulai sekarang ya!

2. Beasiswa Riset dan S3 di KUT Jepang

Photo : pexels.com

Selanjutnya ada beasiswa kuliah S3 yang kembali diadakan oleh Kochi University of Technology (KUT) Jepang bagi mahasiswa asal Indonesia. Selain bebas biaya kuliah, keuntungan yang bisa kamu dapatkan lewat beasiswa ini adalah disediakannya tunjangan hidup hingga sebesar Rp19,8 juta per bulan. Wow, menarik sekali bukan?

Bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar beasiswa S3 di Jepang ini, pendaftaran akan dilakukan dua periode, yakni April dan Oktober. Untuk periode April 2021, pendaftaran dimulai pada 17 September 2021. Sementara untuk periode Oktober 2022, baru akan dibuka pada 17 September 2021 dan 18 Maret 2022. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa klik link beasiswa luar negeri KUT Jepang di sini.

3. Beasiswa S2 dan S3 di UNE Australia

Photo : pexels.com

Berikutnya, ada beasiswa dari Australian Government Research Training Program (RTP) International Stipend Scholarship yang menyediakan biaya kuliah sekaligus biaya hidup. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa S2 dan S3 dengan mutu riset yang baik. Syarat utamanya, calon penerima pernah memperoleh atau berpeluang meraih penghargaan akademik serta pengalaman riset.

Agar bisa memenuhi syarat untuk Beasiswa Stipend Internasional RTP, ini ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

  1. Calon penerima harus merupakan siswa domestik atau siswa luar negeri yang terdaftar dalam program studi HDR terakreditasi di HEP Australia.
  2. Calon penerima tidak boleh menerima penghasilan dari sumber lain untuk mendukung biaya hidup umum selama mengikuti program studi mereka, jika penghasilan tersebut lebih besar dari 75 persen dari tarif RTP Stipend siswa tersebut. Pendapatan yang tidak terkait dengan program studi siswa atau pendapatan yang diterima untuk program studi siswa tetapi tidak untuk tujuan mendukung biaya hidup umum tidak diperhitungkan.
  3. Calon penerima tidak boleh menerima penghargaan atau beasiswa yang setara dari Persemakmuran yang dirancang untuk mengimbangi biaya HDR.

Untuk informasi lebih detailnya, silakan klik tautan beasiswa dari Australian Government Research Training Program (RTP) International Stipend Scholarship di sini.

4. Beasiswa S3 di Heriot Watt University

Photo : pexels.com

Heriot Watt University di Malaysia memberi kesempatan buat kamu pencari beasiswa luar negeri jenjang S3. Melansir dari laman resminya, calon penerima yang berhasil akan menerima bantuan biaya pendidikan selama 36 bulan yang meliputi:

  1. Pendanaan penuh untuk biaya kuliah.
  2. Tunjangan sebesar RM36.000 atau sekitar Rp123,4 juta per tahun untuk membantu biaya hidup.
  3. Dana konsumsi/layanan profesional sebesar RM5.000 atau Rp17,1 juta per tahun.
  4. Program lokakarya dan acara yang disampaikan oleh Heriot-Watt’s Research Future Academy

Jika kamu tertarik untuk melakukan pendaftaran program ini, kamu harus mempersiapkan sejumlah berkas berikut ini:

  1. Transkrip gelar untuk studi sarjana dan Magister
  2. CV dengan dua pemberi rekomendasi dan kontak masing-masing (minimal satu pemberi rekomendasi bidang akademik)
  3. Pernyataan pribadi (maksimal 2 halaman), yang harus menguraikan pencapaian akademik dan penelitian hingga saat ini, menunjukkan proyek penelitian yang kamu lamar, dan menjelaskan mengapa tertarik dengan proyek ini, serta aspirasi karir pasca-PhD.

Kemudian, kamu harus mencantumkan ‘James Watt PhD Scholarship Scheme’ sebagai Nama Sponsor atau Sponsor di bawah bagian pendanaan dalam formulir aplikasi online. Pendaftaran akan berakhir pada 31 Agustus 2021 dan hasilnya akan diumumkan pada September 2021. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik di sini.

5. Studeren in Nederland (STUNED)

Photo : pexels.com

Studeren in Nederland alias STUNED adalah beasiswa dari pemerintah Belanda yang merupakan bagian dari kerja sama bilateral Belanda dan Indonesia di bidang pendidikan. Tujuan dari program beasiswa ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Keuntungan yang bisa kamu peroleh dari beasiswa STUNED meliputi uang kuliah (maksimal EUR 20.000 atau sekitar Rp341,3 juta per tahun), biaya hidup (uang bulanan), biaya perjalanan Internasional dan lokal, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi. Menarik sekali bukan?

Nah, agar kamu bisa memperoleh biasiswa STUNED, kamu harus diterima di salah satu kampus di Belanda terlebih dahulu. Jika sudah diterima dan memperoleh letter of acceptance dari kampus di Belanda, baru kemudian kamu bisa mendaftar STUNED. Sementara itu untuk informasi lebih detailnya, kamu bisa klik link di sini.

6. GREAT Scholarships

Photo : pexels.com

Terakhir, ada program GREAT Scholarships yang diberikan oleh universitas di Inggris, di berbagai jurusan bagi pelajar dari Indonesia. Masing-masing beasiswa bernilai minimum 10.000 poundsterling untuk biaya kuliah selama 1 tahun program pascasarjana.

Beasiswa ini didanai bersama oleh GREAT Britain Campaign dari pemerintah Inggris dan British Council dengan perguruan tinggi di Inggris. Buat kamu yang ingin meraih beasiswa untuk tahun akademik 2022-2023 pendaftarannya akan mulai dibuka pada Oktober 2021.

Universitas yang bekerjasama dalam pemberian beasiswa GREAT ini di antaranya Imperial College London, Newcastle University, University of Bristol, University of Edinburgh, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik memburu beasiswa ini, silakan klik tautannya di sini.

Itulah beberapa rekomendasi beassiswa luar negeri yang bisa kamu pilih agar cita-citamu menimba ilmu di negeri orang bisa tergapai. So, untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi dari tiap-tiap beasiswa di atas. Semoga beruntung guys.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Beasiswa Unggulan 2021

Cara Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021 Jenjang S1, S2, S3

  • 01 Juli 2021, 17:24 WIB
Syarat dan cara daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021. Pendaftaran mulai dibuka 1 Juli 2021 hingga 15 Agustus 2021.
JFLS 2021

Syarat dan Cara Daftar Jabar Future Leaders Scholarship 2021

  • 21 Juni 2021, 09:46 WIB
Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship telah dibuka mulai 17 Juni sampai 17 Juli 2021, berikut syarat dan cara pendaftaran
Beasiswa Keguruan RUBIC

Beasiswa Keguruan RUBIC 2021 Dibuka di 12 Kampus Ini

  • 17 Juni 2021, 18:10 WIB
Beasiswa Keguruan RUBIC 2021 adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Bina Cendikia (RUBIC).
Dara nasution

Kisah Dara Nasution, Raih Beasiswa di Oxford dan Cambridge

  • 17 Juni 2021, 13:17 WIB
Dara Nasution bercerita latar belakang keluarga hingga bisa diterima di 3 perguruan tinggi yakni Oxford, Cambridge dan LSE.
APERTI BUMN

Dibuka Beasiswa APERTI BUMN 2021, Ini Syarat dan Link Pendaftaran

  • 14 Juni 2021, 13:02 WIB
Beasiswa APERTI BUMN 2021 telah dibuka pada 12 Juni 2021, berikut syarat dan link pendaftaran pada masing-masing universitas.
Universitas Pertamina

Cara Daftar Beasiswa Milenial Juara di Universitas Pertamina

  • 08 Juni 2021, 14:55 WIB
Syarat dan cara daftar Beasiswa Milenial Juara yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina hingga 22 Juni 2021.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS