Logo
Ilustrasi
lifestyle
5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Bagi Pemula
Photo: Shutterstock

ZIGI – Selama pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan semakin meningkat. Asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki setiap individu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga. Selain itu, asuransi juga bertujuan untuk melindungi kamu dari risiko finansial yang merugikan.

Produk asuransi kesehatan memiliki banyak jenisnya, sehingga membuat masyarakat bingung untuk memilih yang terbaik. Kali ini, Zigi.id telah merangkum tips memilih asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan untuk para pemula. Penasaran seperti apa? Yuk simak!

1. Mengetahui Kondisi Tubuh 

Photo : Shutterstock

Sebelum menentukan jenis asuransi kesehatan, sebaiknya kamu harus mengetahui kondisi tubuh terlebih dahulu. Ketahui berapa banyak perawatan kesehatan yang kamu gunakan sekarang dan secara historis. Analisis jenis perawatan dan jumlah perawatan, yang kamu terima di masa lalu. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan pengeluaran ketika kamu sedang sakit.

Meskipun tidak memiliki riwayat penyakit, ketahuilah kebutuhan dan syarat perawatan di pelayanan kesehatan secara umum. Hal ini mempermudah kamu untuk menentukkan asuransi yang tepat, sesuai dengan kebutuhan kondisi tubuh. Rencana asuransi kesehatan terbaik akan tergantung pada kondisi kebutuhanmu. 

2. Terdaftar di OJK dan Asosiasi

Photo : Shutterstock

Pilihlah perusahaan asuransi yang baik, yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi. Kamu dapat melihat perusahaan asuransi pilihan dengan melalui website resmi OJK dan Asosiasi. Selain itu, perhatikan keuangan perusahaan asuransi melalui besaran Risk Base Capital.

Lihatlah laporan neraca keuangan melalui media yang dipublikasikan. Kamu juga harus mengetahui kualitas jasa dari perusahaan asuransi, dengan melihat proses penerbitan polis dan pelayanan yang diberikan kepada nasabahnya. 

3. Sesuai Kemampuan Anggaran

Photo : Shutterstock

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan banyak pilihan premi dengan berbagai paket yang disertai keuntungan yang menarik. Saat memilih asuransi kesehatan, pilihlah paket asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemampuan anggaran kamu.

Paket yang dipilih pun harus mencakup seluruh kebutuhan. Dengan mempertimbangkan paket asuransi yang sesuai dengan anggaran, pembayaran premi asuransi akan berjalan dengan lancar di setiap bulannya. 

4. Bandingkan Paket Asuransi

Photo : Shutterstock

Saat sudah menentukan jenis paket asuransi, bandingkanlah terlebih dahulu paket asuransi tersebut dengan paket asuransi lainnya. Kamu bisa melihat ringkasan dan biaya paket melalui situs resmi perusahaan. Lihatlah apakah paket asuransi yang ditawarkan sesuai dengan rencana kesehatan atau tidak.

Selain itu, lihat juga manfaat yang didapatkan pada masing-masing asuransi. Dengan begitu kamu dapat menentukan asuransi terbaik yang dibutuhkan. Dengan memilih asuransi terbaik, kamu pun dapat mengoptimalkan manfaat yang didapatkan. 

5. Memahami Polis

Photo : Shutterstock

Ketika membeli asuransi kesehatan, pastikan kamu sudah memahami polis secara cermat. Dalam polis asuransi, terdapat seluruh penjelasan terkait hak dan kewajiban antara pihak asuransi dan nasabah. Sebagai nasabah, kamu juga harus memastikan manfaat yang diterima dan melihat apakah produk asuransi yang dipilih sudah memenuhi semua kebutuhan atau belum.

Jadi sebelum menandatangani polis, kamu harus membaca dan memahami secara cermat agar terhindar dari kerugian yang dapat melibatkan klaim yang tidak dibayar dari perusahaan asuransi kesehatan.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
Ilustrasi

7 Cara Mudah Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021

  • 18 Juli 2021, 08:00 WIB
Berikut 7 cara mudah untuk mendapatkan passive income, sehingga kamu bisa menambah pundi-pundi kekayaan di tahun 2021.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS