Logo
Instagram Reels
lifestyle
5 Tips Membuat Instagram Reels Agar Menarik dan Kekinian
Photo: Arab News

ZIGI – Instagram Reels adalah fitur terbaru yang telah lama dinantikan para pengguna Indonesia akhirnya sudah bisa digunakan. Ini akan memudahkan kamu untuk merekam dan mengedit video semenarik mungkin dengan lagu dari Instagram Music.

Fitur ini memberikan keuntungan. Biasanya, Instagram Story yang juga menyediakan akses untuk membagikan video, akan menghilang setelah 24 jam. Instagram Reels sendiri mirip dengan IGTV, yang bisa disimpan di feeds dan memudahkan orang-orang untuk menontonnya berulang kali. 

Kehadiran dua fitur tersebut disambut antusias oleh warganet Indonesia. Untuk memperoleh fitur Reels, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu lewat Google Play Store untuk Android, dan App Store untuk iOS.

Berikut adalah beberapa tips menarik Instagram Reels agar hasil videomu bagus dan menarik. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Keuntungan Instagram Reels

Photo : Maxmanroe

Perlu diingat bahwa Instagram Reels hanya mampu merekam video hingga 30 detik. Proses perekaman dan pengeditan bisa langsung dilakukan dalam aplikasi Instagram. Saat ini, kamu mendapatkan fitur untuk dapat menambahkan musik, efek, teks, stiker (non-interaktif), dan gambar.

Pengguna bisa mengatur Reels secara publik atau private. Jika memilih opsi ‘publik’, video Reels bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di menu Explore. 

Seperti halnya Instagram Stories, konten yang ditayangkan di Reels bakal hilang setelah 24 jam. Namun, pengguna bisa menyimpan Reels yang mereka buat dengan fitur Highlights.

Keuntungan terbesar dari Instagram Reels ini sangat banyak. Salah satunya apabila pengguna dengan akun Instagram publik dapat membagikan Reels dan muncul di pencarian. Itu akan membangun peluang yang lebih baik bagi Instagram Reel milikmu untuk dilihat dan ditemukan oleh komunitas Instagram yang lebih luas. 

Selain itu, pengguna dapat merekam audio asli yang kemudian dapat digunakan oleh orang lain di Instagram untuk membuat Reels. Sama seperti fitur lipsync di TikTok.

Terakhir, pengguna dapat menyimpan Reels mereka sebagai draft, mengubah cover, menambahkan keterangan dan tagar, dan menautkan akun Instagram lain. Juga, bisa memilih untuk tidak menampilkan Instagram Reels di feeds Instagram jika itu tidak sesuai dengan konten kamu yang lain.

5 Tips Agar Instagram Reels Menarik

Photo : Tech Crunch

Semenjak Instagram Reels mulai tersedia di Indonesia, sudah mampu menyaingi eksistensi halaman antarmuka For Your Page (FYP) TikTok. Karena keduanya menyuguhkan fitur yang sama, dan memudahkan pengguna untuk mengeksplor video yang sesuai dengan ketertarikan mereka.

Dengan durasi 30 detik, kamu harus memaksimalkan konten agar bisa cukup dalam video. Berikut adalah lima tips untuk membuat Instagram Reels agar menarik dan kekinian.

1. Gunakan tripod untuk merekam video Instagram Reels. Selain akan terlihat profesional, dapat dipastikan kamera yang kamu gunakan tetap stabil. Sehingga mengurangi distraksi dalam video.

2. Selalu pilih latar belakang yang bagus. Terlebih lagi jika kamu tidak memakai gambar cover untuk Instagram Reels, pemilihan background pembuatan video bisa menjadi daya tarik utama agar pengguna lain mau menonton hasil karya milikmu sampai detik terakhir.

3. Pastikan akun Instagram milikmu publik sehingga pengguna lain dari berbagai kalangan dapat melihatnya.

4. Mencoba menggunakan berbagai filter dan efek yang telah disediakan oleh Instagram. Biasanya, pengguna Instagram lain juga menyediakan filter buatan mereka masing-masing. Tentu saja, ini dapat membuat Instagram Reels menjadi lebih eye catching.

5. Terakhir, buatlah audio milikmu sendiri untuk Instagram Reels agar berbeda dari orang lain. Jika mendapat sambutan baik, ada kemungkinan audio milikmu bisa digunakan oleh pengguna lain. 

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended
Instagram

Instagram Umumkan Berubah Jadi Aplikasi Berbagi Video dan Belanja

  • 05 Juli 2021, 11:44 WIB
Bos Instagram Adam Mosseri menjelaskan bahwa aplikasinya akan mulai beralih dari foto untuk fokus ke video.
Instagram

Fitur Terjemahan Instagram Story Akan Rilis, Gini Cara Pakainya

  • 30 Juni 2021, 11:37 WIB
Cara menggunakan fitur terjemahan di Instagram Story yang akan segera dirilis, memudahkan pengguna menerjemahkan bahasa Asing.
Instagram

Cara Ganti Password Instagram Lewat Desktop dan Handphone

  • 28 Juni 2021, 08:08 WIB
Langkah mudah ganti password Instagram agar akun tidak mudah untuk diretas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.
Instagram

Daftar 10 Akun Instagram Followers Terbanyak di Dunia 2021

  • 25 Juni 2021, 16:05 WIB
10 akun dengan followers Instagram terbanyak di dunia tahun 2021. Ada Cristiano Ronaldo, Ariana Grande hingga Justin Bieber.
Twitter

Fitur Baru, Berikut Cara Posting Cuitan Twitter ke Instagram Story

  • 25 Juni 2021, 12:30 WIB
Twitter menghadirkan fitur terbaru yang memberikan kemudahan pengguna membagikan cuitan ke Instagram Story.
Instagram Reels

Kegunaan Fitur Instagram Reels Mirip FYP TikTok

  • 23 Juni 2021, 14:29 WIB
Belum semua pengguna Instagram Indonesia bisa menikmati fitur Reels karena ditambahkan secara bertahap.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS